Pengaruh Shopee 11.11 Big Sale, Para Pelaku Usaha Lokal Alami Peningkatan Transaksi hingga 7 Kali Lipat

Reporter : Editor Dream.co.id
Selasa, 14 November 2023 07:30
Pengaruh Shopee 11.11 Big Sale, Para Pelaku Usaha Lokal Alami Peningkatan Transaksi hingga 7 Kali Lipat
Dampak Shopee 11.11 Big Sale bagi para pelaku usaha lokal

1 dari 24 halaman

Pengaruh Shopee 11.11 Big Sale, Para Pelaku Usaha Lokal Alami Peningkatan Transaksi hingga 7 Kali Lipat

image" /> © Shopee 11.11 Big Sale bikin pelaku usaha alami peningkatan hingga 7 kali lipat Shutterstock

2 dari 24 halaman

Kampanye 11.11 Big Sale yang diadakan hingga 11 November lalu memang membawakan sejumlah pengaruh baik buat banyak pihak, termasuk pula para brand lokal dan UMKM. Pasalnya, kampanye tanggal kembar tersebut sukses memberikan keuntungan yang besar buat para pelaku usaha lokal.

Tak main-main, transaksi mereka mengalami peningkatan hingga 7 kali lipat pada puncak 11.11 Big Sale dibanding hari biasa. Hal ini tentu jadi bukti bahwa Shopee sungguh-sungguh dalam komitmennya untuk membuat pertumbuhan bisnis meningkat, lebih kokoh, dan mampu bersaing dalam ekosistem perdagangan yang kian dinamis.

3 dari 24 halaman

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, “Sebagai kampanye yang menawarkan promo terbesar akhir tahun, 11.11 Big Sale tidak hanya tentang berbelanja, tetapi juga menjadi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal.”

4 dari 24 halaman

“Tujuannya, mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, seiring membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas. Menariknya, di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini pun kami merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal dan UMKM dari ragam kategori yang dihadirkan. Hal ini menjadi aspek penyemangat kami untuk selalu memberikan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen,” lanjutnya

5 dari 24 halaman

Dorong Transformasi dan Buka Peluang Inklusif Bagi Brand Lokal & UMKM

image" /> © Promo puncak Shopee 11.11 Big Sale Istimewa

Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi brand lokal dan UMKM untuk terus berinovasi, memanfaatkan peluang yang ada, dan terus bertransformasi sehingga memperkuat eksistensi mereka.

6 dari 24 halaman

Apalagi di periode belanja menuju akhir tahun menjadi momen penting bagi konsumen untuk mengejar promo menarik, penawaran spesial, dan berbagai kelengkapan produk untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Brand lokal dan UMKM yang bisa merangkul tren belanja konsumen ini akan memiliki peluang besar untuk pertumbuhan bisnis yang signifikan.

7 dari 24 halaman

Antusiasme partisipasi penjual lokal turut mendukung kampanye 11.11 Big Sale dalam menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori.

Sehingga secara tidak langsung menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu berbagai produk incaran lokal dan UMKM.

Khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang ternyata mendapat perhatian spesial di hati konsumen sepanjang kampanye berlangsung.

8 dari 24 halaman

Menguntungkan Penjual dan Mitranya

image" /> © Kampanye 11.11 Big Sale memberikan keuntungan buat para pelaku usaha lokal dan mitranya Shutterstock

Di sisi lain, keunggulan dan keuntungan yang dihadirkan selama 11.11 Big Sale berlangsung, menjadi kekuatan yang saling menguntungkan antara Shopee dan penjual. Salah satunya, dampak positif yang dirasakan bagi mitra brand lokal Benang Jarum, dan NAMA Beauty. 

9 dari 24 halaman

Bukan hanya produknya yang mumpuni, namun para mitra brand lokal ini merasakan antusiasme yang luar biasa dari pengguna saat memanfaatkan promo spesial khususnya pada puncak kampanye 11.11 Big Sale pada Sabtu kemarin.

Dapat dilihat bagaimana brand fesyen lokal, Benang Jarum berhasil mencatatkan peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat dibandingkan hari biasa.

10 dari 24 halaman

Telah bergabung bersama Shopee sejak tahun 2020, sang pemilik brand Allyssa Hawadi, Co-Founder Benang Jarum mengungkapkan “Menjadi bagian dari kemeriahan 11.11 Big Sale tentunya merupakan salah satu strategi efektif yang memang kami manfaatkan. Kami senang bisa tumbuh bersama dan merasakan atmosfer positif dari para pengguna Shopee untuk brand kami sejak awal bergabung."

" Sebagai pelaku usaha di bidang fesyen, kolaborasi ini bukan hanya membuka kesempatan bagi pertumbuhan bisnis kami hingga saat ini, tetapi juga menciptakan peluang berkelanjutan sehingga brand lokal semakin diakui dan dikenal masyarakat luas. Kami harap kedepannya Shopee akan selalu menghadirkan inovasi untuk mendukung kami mencapai kesuksesan bersama,” lanjutnya.

11 dari 24 halaman

Termasuk dalam kategori yang mendapatkan antusias tinggi, brand kecantikan NAMA Beauty juga merasakan pencapaian yang luar biasa.

Berpartisipasi dalam Shopee 11.11 Big Sale dan memanfaatkan fitur yang dihadirkan sepanjang kampanye berlangsung, NAMA juga berhasil mencatatkan peningkatan lebih dari 64 kali lipat produk terjual dibandingkan hari biasa.

Bahkan produk Nama Beauty x Mami Louisee yaitu bundle toner menjadi salah satu best-selling produk lokal di 11.11 kali ini.

12 dari 24 halaman

Dampak Pemanfaatan Program dan Fitur Shopee

Dampak Pemanfaatan Program dan Fitur Shopee © Dampak dari pemanfaatan Shopee Shutterstock

Memperkuat potensi merupakan langkah lanjutan guna menciptakan bisnis yang berkesinambungan.

13 dari 24 halaman

Selain kampanye yang tengah berlangsung, dukungan berbagai program inisiatif, seperti Program Ekspor Shopee dapat menjadi salah satu strategi untuk memperluas bisnis ke pasar luar negeri.

Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh brand lokal dan UMKM di Shopee dimana tercatat peningkatan pesanan ekspor yang mencapai lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale.

14 dari 24 halaman

Monica mengatakan bahwa, “Program Ekspor Shopee bukan hanya pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, namun juga alat untuk memperkuat strategi bisnis. Tentunya para brand lokal dan UMKM akan kami bimbing melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.”

“Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mengenai tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, sambil mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi kedepannya. Kami harap melalui program inovatif yang Shopee hadirkan dapat dengan senantiasa membantu para brand lokal dan UMKM semakin maju,” lanjut Monica.

15 dari 24 halaman

Berkomitmen untuk menghubungkan pembeli dan penjual lebih dekat, ragam fitur seperti Shopee Live menawarkan solusi melalui interaksi dan komunikasi langsung secara real-time. Memungkinkan pembeli untuk bertanya tentang produk, dan bahkan melihat demonstrasi produk secara lebih jelas demi meningkatkan kepercayaan menjadi daya tarik tersendiri.

Antusiasme ini terlihat dari peningkatan jumlah sesi Shopee Live yang dihadirkan oleh brand lokal dan UMKM pada puncak kampanye hingga 6 kali lipat. Aspek ini semakin menunjukan lewat live streaming kini telah menjadi wadah untuk penjual dalam membangun komunitas dengan para pelanggan.

16 dari 24 halaman

Lebih dari itu, program lain yang semakin digemari oleh masyarakat yaitu Shopee Affiliate Program yang kini turut membantu penjual lebih efektif dalam memperluas jangkauan melalui kolaborasi bersama para kreator. Mendorong peningkatan eksistensi brand lokal sekaligus memberikan kemudahan untuk pengguna dalam berbagi inspirasi produk ternyata menjadi ladang baru untuk penghasilan tambahan.

Di puncak kampanye 11.11 ini, semakin banyak penjual yang merasakan manfaat dan keuntungan dari program ini, di mana tercatat peningkatan jumlah produk dari brand lokal dan UMKM yang telah dipromosikan melalui Shopee Affiliate sebanyak lebih dari 9x lipat.

17 dari 24 halaman

Tren Belanja Konsumen dari Berbagai Pulau di Indonesia

image" /> © Berbagai tren belanja konsumen Shutterstock

Semangat konsumen yang mendukung pertumbuhan bisnis lokal dan menghargai kreativitas serta kualitas produk-produk dari pelaku usaha lokal begitu terasa di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale.

18 dari 24 halaman

Tidak hanya sebagai momen untuk mencari promo terbesar akhir tahun yang memberi banyak keuntungan, namun juga menggambarkan bagaimana para penjual di berbagai pulau Indonesia bersaing menghadirkan produk terbaiknya di platform Shopee.

Maka dari itu, tak heran jika beberapa pulau Indonesia memiliki tren produk paling larisnya masing-masing:

19 dari 24 halaman

  • Sebut saja pulau yang berada di paling barat Indonesia, yakni Pulau Sumatera. Ternyata Minyak Telon, Popok Bayi, dan Kaos Anak menjadi produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli di puncak kampanye. Hal ini memperlihatkan kebutuhan produk dari kategori Ibu dan Anak menjadi tren yang sangat dicari saat ini bagi para ibu baru di Sumatera.
20 dari 24 halaman

  • Berlanjut ke Pulau Jawa, sebagai pulau yang penduduknya paling besar, sepertinya tren belanja dipengaruhi oleh brand lokal yang semakin menjamur dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan. Terlihat pengguna banyak membeli Hand & Body Lotion dan Pelembab Wajah dari brand lokal menjadi incaran untuk tampil maksimal. Namun, pencarian produk Smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini.
21 dari 24 halaman

  • Berbeda dengan Pulau Bali yang sering disebut sebagai surganya destinasi wisata. Justru menuju akhir tahun sepertinya pulau ini akan menjadi tempat berlibur yang akan ramai dikunjungi. Sejalan dengan hal tersebut, produk Kebaya Bali, Kacamata Hitam, dan Sunscreen, dan menjadi produk paling ramai dicari untuk mempersiapkan dalam menyambut para turis lokal maupun luar negeri.
22 dari 24 halaman

  • Pulau Kalimantan Ternyata kondisi musim yang sedang pancaroba dari panas menuju musim hujan, produk kebutuhan seperti Jas Hujan, Jaket Pria & Wanita, serta Hoodie, menjadi produk lokal dan UMKM paling laris di puncak kampanye 11.11. Terlihat pengguna sudah mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut musim hujan akhir tahun.

  • Selain itu, Pulau Sulawesi juga memiliki banyak keberagaman dalam kebutuhan masyarakatnya. Temuan menarik dari perilaku belanja masyarakatnya, produk produk seperti Kipas Angin, Lampu Neon, serta Panci dan Wajan menjadi yang banyak dibeli di pulau Sulawesi. Sepertinya produk-produk dari kategori Rumah Tangga menjadi kebutuhan utama di pulau ini.
23 dari 24 halaman

  • Pulau Papua tak kalah mengejutkan dengan produk fashion seperti Celana Cargo, Jam Tangan Pria, Gelang Couple, dan Baju Couple menjadi produk favorit masyarakat. Walau memang jauh dari Ibukota, masyarakat khususnya di pulau ini ternyata tetap up-to-date mengikuti tren yang ada, sehingga produk fesyen dan aksesoris tersebut menjadi incaran warga di sana.
24 dari 24 halaman

Shopee selalu menjadikan berbagai tren yang terlihat di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini sebagai landasan untuk terus berinovasi. Tak lupa, Shopee juga terus memberikan penawaran terbaik dan pengalaman belanja tak biasa buat para pengguna setia.

Maka dari itu, untuk bisa menikmati ragam kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan, jangan lupa buat download aplikasi Shopee sekarang juga secara gratis di App Store atau Google Play Store. Lalu, aktifkan pula ShopeePay biar proses transaksi bisa lebih mudah dan untung. 

Beri Komentar