Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penjelasan Lengkap Aplikasi CRM dan Ragam Keunggulannya

Penjelasan Lengkap Aplikasi CRM dan Ragam Keunggulannya Aplikasi CRM

Dream - Aplikasi CRM atau sales customer relationship management adalah suatu jenis aplikasi mobile yang memudahkan perusahaan terutama divisi marketing untuk mengatur layanan serta hubungan dengan pelanggan, sekaligus melakukan pemasaran.

Mengenal Aplikasi CRM

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah ada banyak sekali ragam aplikasi bisnis yang memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya yaitu Aplikasi CRM. Banyak sekali perusahaan yang merasa terbantu dengan adanya aplikasi atau software CRM, karena aplikasi ini dianggap dapat meningkatkan efisiensi kerja secara keseluruhan.

Apa itu Aplikasi CRM?

Secara umum, Aplikasi CRM adalah sebuah aplikasi bisnis yang difokuskan pada Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relations). Oleh karena itu, penggunaan Aplikasi CRM merupakan cara bagi bisnis untuk melacak dengan lebih baik bagaimana mereka berinteraksi dan terlibat dengan pelanggan di seluruh kampanye pemasaran online dan offline.

Melacak data CRM adalah kunci untuk membangun basis pelanggan yang terlibat secara aktif dengan tidak hanya meluncurkan kampanye pemasaran tetapi dengan mengamati hubungan antara bisnis Anda dan pelanggan di seluruh fase siklus hidup pelanggan utama.

Dalam hal ini, Aplikasi CRM dapat melacak akuisisi pelanggan, produktivitas penjualan, dan manajemen proyek. Dengan memiliki database yang lebih baik, bisnis dapat menumbuhkan basis pelanggan tetap dengan menyesuaikan seluruh perkembangan pelanggan untuk mempersonalisasi dan meningkatkan harapan mereka.

Aplikasi CRM dapat digunakan di seluruh ruang digital, termasuk melalui pesan email dan di seluruh platform media sosial, sehingga bisnis memiliki gagasan yang lebih baik tentang konten apa yang menurut pelanggan menarik. Pengetahuan semacam ini adalah kunci untuk membangun loyalitas pelanggan yang lebih kuat.

Untuk siapa Aplikasi CRM itu?

Aplikasi CRM cocok untuk setiap bisnis yang ingin mengelola seluruh data perkembangan pelanggan secara efektif. Setelah pelanggan bergabung, Aplikasi CRM dapat membantu bisnis melacak bagaimana konsumen menggunakan merek dan produk atau layanan mereka, membantu menentukan cara meningkatkan keterlibatan dan dengan demikian membangun pendapatan yang lebih tinggi.

Namun, sebelum pelanggan melakukan pembelian pertama, otomatisasi pemasaran jenis ini dapat mulai membangun hubungan pelanggan melalui konten yang menarik, media sosial, dan pemahaman yang lebih baik tentang data pelanggan baru.

Aplikasi CRM

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi CRM?

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa bisnis harus menggunakan data Aplikasi CRM, di antaranya adalah:

● Pertama, Aplikasi CRM dapat menampung data interaksi pelanggan dalam satu ruang, yang dapat digunakan oleh siapa saja dalam tim. Dengan memiliki informasi pelanggan ini di satu lokasi, perwakilan penjualan dan tim pemasaran tahu ke mana harus mencari saat mereka membuat anggaran, mengembangkan perkiraan penjualan untuk tahun fiskal, dan mengembangkan strategi keterlibatan pelanggan baru.

● Kedua, fitur Aplikasi CRM dapat menyebabkan retensi pelanggan yang lebih tinggi. Sistem CRM mencatat informasi proses penjualan dan riwayat penjualan untuk membangun pengetahuan pelanggan tim Anda. Basis pengetahuan ini akan memandu kegiatan layanan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan dapat memberikan arahan penjualan, dan wawasan tentang penjualan secara keseluruhan. Retensi konsumen yang lebih tinggi kemungkinan akan menghasilkan peningkatan penjualan.

● Ketiga, CRM manajemen hubungan pelanggan akan menawarkan analitik terperinci kepada tim penjualan yang dapat dipisahkan dan dipecah untuk menentukan produk, elemen kampanye, dan pesan mana yang memiliki dampak terbesar pada pelanggan. Informasi semacam ini sangat berharga bagi tim, terutama mereka yang bekerja dengan otomatisasi pemasaran.

Dengan menggunakan Aplikasi CRM berbasis cloud, tim di kantor yang berbeda dapat berkolaborasi untuk mengembangkan materi pemasaran, memimpin manajemen karena semua data pelanggan Anda disimpan di satu lokasi. Infrastruktur semacam ini sangat penting untuk membangun perusahaan yang kuat yang dapat bersaing dengan perusahaan besar.

Apa yang Dilakukan Sistem Aplikasi CRM untuk Membantu Bisnis?

Aplikasi CRM memungkinkan tim untuk fokus pada pesan permintaan pelanggan, mengarahkan pelanggan baru, dan membantu mengidentifikasi pelanggan potensial. Kemampuan Aplikasi CRM lainnya termasuk entri data dan manajemen penjualan. Sistem CRM analitik akan menyediakan dasbor data di mana tim dapat menelusuri interaksi data tertentu untuk mengembangkan layanan pelanggan.

Saat ini, sudah banyak juga Aplikasi CRM yang membantu mengelola data dari iklan media sosial, pemasaran email, dan upaya periklanan yang lebih tradisional. Otomatisasi pemasaran dan otomatisasi tenaga penjualan adalah dua alat CRM yang memudahkan kemampuan tim untuk menganalisis data pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan.

Dengan pengetahuan semacam ini, bisnis memiliki pegangan yang lebih baik tentang apa yang dibutuhkan pelanggan, dan bagaimana memberikannya kepada pelanggan dengan cara yang akan membuat mereka tetap terlibat dengan bisnis.

Keunggulan Aplikasi CRM

1. Ketersediaan informasi yang lebih baik tentang pelanggan kamu

Salah satu tantangan terbesar untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan adalah mengumpulkan data yang tepat dan membangun pandangan menyeluruh tentang pelanggan. Dalam hal ini, maka Aplikasi CRM bisa sangat membantu karena CRM dapat memberi kamu informasi yang holistik tentang pelanggan.

Fakta bahwa kamu memiliki semua informasi yang tersimpan di setiap kontak di satu tempat membuat CRM menjadi alat komunikasi yang sangat powerful.

Biasanya, sistem CRM akan memungkinkan tim untuk mendata dan mengakses informasi pelanggan seperti:
● Nama lengkap
● Alamat email
● Nomor telepon
● Situs web
● Akun media sosial
● Hubungan dengan kontak lain di database Anda
● Preferensi bahasa
● Dan masih banyak lagi

Dengan semua informasi ini, personalisasi komunikasi perusahaan dengan kontak (pelanggan) menjadi mudah. Dengan bantuan CRM, perusahaan juga dapat menyimpan semua aktivitas, proyek, penjualan, pesan obrolan langsung, pertukaran email, faktur, pesanan, kontrak, atau permintaan layanan pelanggan yang pernah melibatkan kontak. Dengan kata lain, sistem CRM memungkinkan perusahaan untuk mengetahui lebih baik seperti apa karakteristik pelanggan dan apa yang mereka butuhkan.

2. Segmentasi yang lebih baik

Untuk bisa mendapatkan audiens yang sempurna, perusahaan dapat melakukannya dengan melakukan segmentasi kontak (pelanggan dan prospek) ke dalam target audiens. Apabila kita melihat jenis aplikasi bisnis lainnya, memang tidak ada aplikasi lain yang mampu melakukan segmentasi lebih baik daripada Aplikasi CRM. Hal ini terjadi karena CRM memungkinkan untuk memecah data berdasarkan kategori dan kriteria, sehingga memudahkan untuk membuat daftar fokus.

Ketika digunakan dalam penjualan dan pemasaran, daftar tersegmentasi tersebut memungkinkan untuk menjalankan kampanye pemasaran pelanggan tertentu dan kampanye pemasaran berbasis akun, sekaligus menganalisis proses penjualan dan kumpulan prospek kamu.

Ketika kamu tahu siapa target pelanggan, maka kamu dan staff lainnya dapat dengan mudah menyesuaikan penawaran, taktik, dan bahkan promosi penjualan. Singkatnya, sistem CRM yang baik membantu kamu mengetahui lebih baik siapa yang benar-benar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, siapa yang masih ragu, dan siapa yang pasif.

Aplikasi CRM

3. Komunikasi yang lebih baik dan lebih cepat

Untuk mewujudkan profesionalisme dalam bisnis, kamu harus memastikan setiap pihak yang terlibat dalam proyek bisnis ini dapat menerapkan komunikasi yang baik dan cepat sehingga tidak memakan waktu. Menghemat waktu kamu dan pelanggan kamu adalah keunggulan sistem CRM, yang menawarkan kepada kamu satu set template email, surat, dokumen, proposal, kutipan, undangan, dan buletin yang dapat disesuaikan dan siap digunakan.

4. Perlindungan privasi data yang lebih baik

Untuk mematuhi persyaratan privasi data pelanggan, sangat penting untuk menggunakan Aplikasi CRM yang sudah terverifikasi. Hal ini terjadi karena software CRM yang sudah terverifikasi biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang canggih. Dengan adanya fitur keamanan ini, maka perlindungan privasi data pelanggan dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Sistem CRM dapat membantu kamu:

● Dapatkan dan dokumentasikan izin kontak untuk menyimpan dan menggunakan detail pribadi mereka (persetujuan)
● Kirim pemberitahuan otomatis ke semua kontak baru yang menginformasikan bahwa kamu ingin menyimpan data mereka,
● Kelola langganan pelanggan Anda ke preferensi komunikasi email
● Siapkan aturan untuk memperbarui detail pribadi untuk grup kontak, semuanya sekaligus.

Menyiapkan sistem CRM untuk membantu meminimalisir beban kerja perusahaan adalah cara yang cepat, aman, dan andal untuk meningkatkan komunikasi Anda dengan pelanggan mematuhi kebijakan privasi, yang pada gilirannya membangun kepercayaan saat Anda menangani data pelanggan dengan hormat.

5. Kolaborasi yang lebih baik dalam organisasi bisnis

Sistem CRM yang baik tidak hanya menguntungkan cara kamu mengelola hubungan pelanggan, karena aplikasi ini juga meningkatkan kolaborasi dalam organisasi kamu. Cara untuk mewujudkan kolaborasi yang baik adalah dengan meningkatkan cara kamu dan tim kamu berkomunikasi satu sama lain.

CRM berbasis cloud memudahkan semua karyawan untuk melihat komunikasi dan interaksi antara perusahaan dan pelanggan. Ketika karyawan dapat saling mengirim pesan, berkomentar, atau mengirim proyek satu sama lain dan menjadwalkan rapat internal dalam satu sistem yang kohesif, maka kolaborasi internal akan terus meningkat.

6. Strategi Pemasaran yang Lebih Dioptimalkan

Bagaimana cara mengetahui strategi pemasaran yang lebih dioptimalkan Melalui CRM? Perusahaan terus melakukan riset pasar untuk menargetkan profil pelanggan yang ideal, dan CRM membantu mereka memahami perilaku pelanggan dan mengatasi kebutuhan spesifik mereka.

Tugas penting lainnya yang mereka lakukan adalah mengidentifikasi waktu terbaik untuk mempromosikan dan menyajikan layanan kepada pelanggan dan menggunakan hasil dari strategi tersebut untuk lebih memperluas daftar prospek.

Rekomendasi Aplikasi Aplikasi CRM Terbaik

Aplikasi CRM

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini aplikasi atau software CRM sudah dibekali dengan banyak fitur menarik sehingga dapat meningkatkan kinerja pemasaran atau marketing dalam suatu bisnis.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat berguna untuk menyederhanakan proses kerja bisnis terutama dalam hal hubungan pelanggan.

Dengan menggunakan software CRM, proses penyusunan data pelanggan juga menjadi lebih aman karena sudah didukung dengan fitur keamanan canggih. Oleh karena itu apabila tertarik untuk mendapatkan kemudahan dari fitur layanan pelanggan, kamu dapat memilih aplikasi yang terpercaya seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak adalah aplikasi Sales CRM terpercaya yang dapat dikustomisasi dengan mudah melalui panduan yang diberikan. Aplikasi CRM yang satu ini memiliki banyak keunggulan utama, seperti laporan penjualan komprehensif, informasi riwayat pelanggan rinci, dan dukungan purna jual sehingga kamu bisa mendapatkan banyak manfaat kemudahan hanya melalui satu aplikasi Sales CRM saja, yaitu Mekari Qontak.

Demikianlah rangkuman penjelasan lengkap mengenai aplikasi atau software CRM dan keunggulannya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan saat ini CRM sudah menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan untuk memudahkan operasional bisnis, terutama dalam hal pemasaran dan hubungan pelanggan.

Buat yang tertarik untuk mendapatkan ragam manfaat dari aplikasi ini, ada baiknya untuk memilih aplikasi atau software CRM yang terpercaya seperti Mekari Qontak untuk hasil yang maksimal.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Teknologi merupakan satu hal yang melekat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Yuk, simak 5 teknologi tertua yang masih digunakan sampai saat ini!

Baca Selengkapnya
Makin Digital, Teknologi Augmented Reality Kini Dipakai Buat Belanja Produk Kecantikan yang Lagi Tren

Makin Digital, Teknologi Augmented Reality Kini Dipakai Buat Belanja Produk Kecantikan yang Lagi Tren

Mengetahui informasi dan berbelanja produk kecantikan yang sedang tren kini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi augmented reality.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Sahabat Dream, kira-kira kalian kalau dikasih tebakan minuman ini bisa gak menjawabnya dengan tepat?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! THIS OR THAT

BUNGKUS! THIS OR THAT

Kalau Sahabat Dream berada di antara dua pilihan ini, kalian akan pilih tim yang mana?

Baca Selengkapnya