20 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 30 Agustus 2019 09:48
20 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya
Daun sirih merah ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari masalah ringan hingga masalah kesehatan yang serius.

Dream - Daun sirih mungkin lebih banyak dikenal sebagai bahan menyirih oleh nenek-nenek zaman dahulu. Di beberapa daerah, daun ini juga dipakai sebagai perlengkapan untuk ritual adat tertentu.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan memang sudah sejak lama diakui. Daun sirih mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karotin yang tinggi. Selain itu, daun sirih juga merupakan sumber kalsium yang tinggi.

Kandungan nutrisinya yang kaya membuat manfaat daun sirih untuk kesehatan sangat banyak, terutama daun sirih merah.

Kaya kegunaan tak lantas membuat harga daun sirih dijual mahal. Selain membeli di pasar, kamu juga menanam daun sirih di rumah.

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh, cara pemakaiannya juga sangat mudah. Berikut manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang mudah untuk dicoba.

1 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mengatasi Luka Luar

1. Menghentikan Mimisan

Manfaat daun sirih merah yang pertama adalah menghentikan mimisan. Daun ini mengandung fenil popies dan terpene. Kamu cukup menggulung sirih merah dan memasukkannya ke lubang hidung yang mengalami mimisan.

2. Mengobati Luka Bakar Ringan

Daun sirih merah juga mampu mengobati luka bakar ringan karena mengandung alkaloid, antioksidan, dan vitamin C. Kandungan ini mampu meredakan peradangan di luka. Kamu hanya perlu menghancurkan beberapa lembar daun sirih dan menempelkannya di bagian tubuh yang terbakar.

Mimisan© Pixabay


3. Mengobati Gusi Berdarah

Daun sirih mengandung saponin, tanin, kalsium, dan fosfor yang mampu meredakan pendaraan akibat peradangan pada gusi. Cukup dengan merebus beberapa lembar daun sirih merah dan berkumur dengan air rebusannya 3 kali sehari.

4. Mengobati Gatal

Dengan merebus 20 sampai 30 lembar daun sirih merah dan menggunakan air rebusannya saat mandi, daun sirih sangat ampuh untuk mengobati gatal yang disebabkan oleh alergi atau gigitan serangga.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Penyakit Ringan

Tidak hanya mengatasi luka atau bagian gigi, manfaat daun sirih merah juga bisa kamu praktikkan untuk mengobati penyakit ringan seperti berikut ini:

5.    Mengobati Batuk

Batuk© Shutterstock

Masalah batuk ternyata bisa diatasi dengan merebus daun sirih merah dan mengonsumsinya 2 kali sehari. Cukup rebus 5 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dalam 300 ml air selama beberapa menit hingga mendidih.

6.    Mengobati Sakit Perut

Daun sirih merah mengandung terpenoid dan lavikula yang mampu mengobati sakit perut. Cara memanfaatkan daun sirih merah ini sangat mudah, cukup dengan merebus 7 lembar daun sirih dan meminum air rebusannya.

7.    Mengobati Tukak Lambung

Kandungan vitamin C dan antiseptik dalam daun sirih merah sangat ampuh melawan kuman penyebab tukak lambung. Dengan mengunyah 1-2 lembar daun sirih dan mengulumnya selama 10 menit, dan membuang daunnya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mengatasi Masalah Tubuh

8. Mengurangi Bau Badan

Bau Badan© Shutterstock

Daun sirih merah mampu mengurangi bau badan, karena daun sirih mengandungan estradiol dan klavikula. Dua kandungan ini mampu mengatur produksi hormon di kelenjar keringat. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih merah ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih secara rutin.

9. Mengatasi Bau Mulut

Tidak hanya masalah bau badan yang berkurang, daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengatasi bau mulut karena kandungan senyawa eugenol dan capitol-nya. Cukup dengan berkumur dengan air rebusan daun sirih, masalah bau mulut akan teratasi.

10. Memperlancar Buang Air Kecil

Dengan menghaluskan daun sirih merah dan mencampurnya dengan segelas susu-madu, lalu mengonsumsinya, dapat memperlancar Buang Air Kecil (BAK). Manfaat daun sirih merah ini bisa diperoleh apabila kita rutin mengonsumsinya.

11. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun sirih yang satu ini tidak hanya bisa didapatkan dari daun sirih merah saja. Daun sirih hijau juga mampu meningkatkan sistem metabolisme dan sekresi pencernaan dalam tubuh, yang sangat penting untuk menurunkan berat badan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mengobati Penyakit Dalam

Tidak hanya bermanfaat untuk mengobati penyakit ringan, daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengobati penyakit dalam seperti beberapa penyakit berikut ini.


12. Mengobati Bronkitis

Dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih yang direbus lama, diyakini mampu mengobati bronchitis. Konsumsi air ini 3 kali sehari, dan rasakan perbedaannya.

13. Mengobati Pneumonia

Tidak hanya bronchitis saja yang bisa diobati dengan rutin mengonsumsi daun sirih merah. Manfaat daun sirih merah yang lain ialah mampu menjadi obat alternatif untuk pneumonia. Cukup dengan merebus 5-7 lembar daun sirih dengan air dan meminumnya secara teratur.

14. Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung© Shutterstock

Penyakit coroner juga dapat diobati dengan memanfaatkan daun sirih merah. Caranya dengan menghaluskan daun sirih dengan cabai atau buah kemukus dan menambahkan bawang merah dan jintan. Endapkan campuran bumbu tersebut dengan air panas, dan kemudian meminum airnya secara rutin.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih untuk Mengobati Penyakit Kronis Lainnya

Masih banyak lagi manfaat daun sirih merah yang bisa diperoleh apabila kita memanfaatkannya dengan baik. Selain mampu mengobati beberapa penyakit ringan dan penyakit dalam, ada beberapa penyakit kronis lain yang bisa diobati dengan menggunakan daun sirih merah.

Konsultasi dokter© Shutterstock

15. Mengobati Tumor Ringan

Kandungan antioksidan, flavonoid dan terpenoid dalam daun sirih juga mampu mengatasi tumor ringan yang ada dalam tubuh dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat, sel darah putih akan mudah menghancurkan zat karsinogenik pemicu tumor.

16. Mengobati Asam Urat

Bagi penderita asam urat, mengonsumsi rebusan daun sirih secara teratur juga dapat meredakan rasa nyeri pada otot dan melepaskan kristal asam urat yang ada di dalam tubuh.

17. Mengobati Diabetes

Hampir sama dengan manfaat daun sirih merah untuk mengobati tumor, kandungan yang ada dalam daun sirih merah mempu membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang teratur, diabetes dapat teratasi.

18. Mengobati Peradangan Prostat

Dengan meminum air rebusan daun sirih merah, masalah peradangan pada prostat dapat diobati. Hal ini dikarenakan kandungan tanin, saponin dan hydroxychavico dalam daun sirih merah yang mampu mengenerasi sel-sel di kelenjar prostat.

19.    Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Dengan kandungan minyak alami yang ada di daun sirih merah, dan mencampurkannya dalam minuman diyakini mampu mengatasi masalah darah tinggi. Cukup dengan merebus daun sirih merah dan meminum air rebusannya dua kali sehari.

20.    Mengobati Pembengkakan Payudara

Bagi ibu yang menyusui masalah ini merupakan masalah yang wajar. Kandungan senyawa allylprokatecol dan carvacrol mampu merenggangkan otot-otot payudara yang meradang. Caranya cukup dengan membakar daun sirih merah dan menempelkannya pada payudara selama daun masih hangat.


Sumber: India Today dan Liputan6

Beri Komentar