27 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Perlu Diketahui

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Jumat, 30 Oktober 2020 09:05
27 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Perlu Diketahui
Sudah sejak lama daun sirih digunakan sebagai obat mujarab dalam dunia kesehatan.

Dream – Banyak tanaman mujarab untuk kesehatan bisa ditemukan di sekitar kamu. Mulai dari tanaman yang bermanfaat untuk kecantikan sampai kesehatan. Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan banyak dikenal masyarakat adalah daun sirih.

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal paling berkhasiat. Tidak hanya untuk kesehatan, daun sirih juga memiliki khasiat dalam merawat kulit dan wajah. Banyak manfaat daun sirih yang dapat kamu peroleh.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan memang sudah sejak lama diakui. Daun sirih ternyata mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karotin yang tinggi. Selain itu, daun sirih juga merupakan sumber kalsium yang tinggi.

Kaya kegunaan tak lantas membuat harga daun sirih dijual mahal. Selain membeli di pasar, kamu juga menanam daun sirih di rumah.

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh, cara pemakaiannya juga sangat mudah. Berikut manfaat daun sirih merah dan hijau untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu diketahui.

20 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Tubuh© MEN

1 dari 8 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

© MEN

Daun sirih juga ada yang berwarna merah. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih merah.

1. Mengobati sakit perut

Manfaat daun sirih merah pertama yaitu dapat mengobati sakit perut. Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

2. Dapat mengobati luka bakar ringan

Manfaat daun sirih merah juga bisa mengobati luka bakar ringan. Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

3. Obat gusi berdarah

Jika gusi kamu berdarah, maka manfaat dau sirih merah dapat mengatasinya. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

4. Menghentikan mimisan

Manfaat daun sirih merah juga dapat menghentikan mimisan yang keluar dari hidung. Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.

5. Pengobatan tukak lambung

Manfaat daun sirih merah selanjutnya juga bisa digunakan dalam pengobatan tukak lambung. Daun sirih merah dan kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.

6. Mengobati tumor

Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

2 dari 8 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Selanjutnya

© Dream

7. Mengobati nyeri

Manfaat daun sirih pertama yaitu dapat mengobati nyeri. Daun sirih tinggi akan chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Meminum air rebusannya akan membantu meringankan nyeri di dalam tubuh.

8. Mengobati gangguan pencernaan

Manfaat daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Minum air rebusan daun sirih akan membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Sementara mengurapi perut dengan minyak daun sirih bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

9. Mengurangi bau badan

Manfaat daun sirih juga bisa mengurangi bau badan. Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

10. Obat asam urat

Salah satu manfaat daun sirih yaitu dapat menjadi obat asam urat. Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari.

11. Mengatasi bau mulut

Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.

3 dari 8 halaman

Manfaat Daun Sirih untuk Mata

© Dream

12. Manfaat daun sirih untuk mata

Daun sirih juga memiliki manfaat untuk mata. Manfaat daun sirih merah dan hijau bisa digunakan untuk mengobati mata yang merah karena iritasi berkat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi di dalamnya.

Rebus 20 lembar daun sirih merah atau sirih hijau dan gunakan airnya yang sudah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit.

4 dari 8 halaman

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Lainnya

Ilustrasi© Dream.co.id

13. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun sirih yang satu ini tidak hanya bisa didapatkan dari daun sirih merah saja. Daun sirih hijau juga mampu meningkatkan sistem metabolisme dan sekresi pencernaan dalam tubuh, yang sangat penting untuk menurunkan berat badan.

14. Mengatasi gatal

Manfaat daun sirih hijau lainnya adalah mengatasi alergi atau masalah kulit. Caranya dengan mandi air rendaman sirih hijau. Rendam sirih hijau dalam seember air panas, kemudian tunggu sampai airnya menghangat dan pakailah untuk mandi.

15. Mengobati sakit kepala

Daun sirih juga mampu mengobati sakit kepala. Sebab daun sirih memiliki sifat pendinginan yang berguna untuk memberikan pengobatan instan sakit kepala.

16. Meredakan asma

Daun sirih merupakan tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mencegah berbagai penyakit. Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat mengobati dan mencegah asma kambuh. Asma merupakan salah di antara penyakit yang ditimbulkan akibat peradangan.

 17. Demam berdarah

Daun sirih juga dipercaya dapat mengobati demam berdarah. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya butuh 30 helai daun sirih dicuci, direbus dengan 4 liter air. Setiap akan mandi, ambil seliter ramuan, beri air hangat secukupnya, lalu dipakai mandi. Lakukan beberapa hari.

5 dari 8 halaman

Manfaat Daun Sirih untuk Mengobati Penyakit Dalam

Ilustrasi© Pexels.com

 

Tidak hanya bermanfaat untuk mengobati penyakit ringan, daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengobati penyakit dalam seperti beberapa penyakit berikut ini.

18. Mengobati bronkitis

Dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih yang direbus lama, diyakini mampu mengobati bronchitis. Konsumsi air ini 3 kali sehari, dan rasakan perbedaannya.

19. Mengobati pneumonia

Tidak hanya bronchitis saja yang bisa diobati dengan rutin mengonsumsi daun sirih merah. Manfaat daun sirih merah yang lain ialah mampu menjadi obat alternatif untuk pneumonia. Cukup dengan merebus 5-7 lembar daun sirih dengan air dan meminumnya secara teratur. Mengobati Penyakit Jantung Koroner

20. Mengobati penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner juga dapat diobati dengan memanfaatkan daun sirih merah. Caranya dengan menghaluskan daun sirih dengan cabai atau buah kemukus dan menambahkan bawang merah dan jintan. Endapkan campuran bumbu tersebut dengan air panas, dan kemudian meminum airnya secara rutin.

21. Mengobati diabetes

Hampir sama dengan manfaat daun sirih merah untuk mengobati tumor, kandungan yang ada dalam daun sirih merah mempu membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang teratur, diabetes dapat teratasi.

22. Mengobati peradangan prostat

Dengan meminum air rebusan daun sirih merah, masalah peradangan pada prostat dapat diobati. Hal ini dikarenakan kandungan tanin, saponin dan hydroxychavico dalam daun sirih merah yang mampu mengenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

23. Mangatasi masalah darah tinggi

Dengan kandungan minyak alami yang ada di daun sirih merah, dan mencampurkannya dalam minuman diyakini mampu mengatasi masalah darah tinggi. Cukup dengan merebus daun sirih merah dan meminum air rebusannya dua kali sehari.

24. Mengobati pembengkakan payudara

Bagi ibu yang menyusui masalah ini merupakan masalah yang wajar. Kandungan senyawa allylprokatecol dan carvacrol mampu merenggangkan otot-otot payudara yang meradang. Caranya cukup dengan membakar daun sirih merah dan menempelkannya pada payudara selama daun masih hangat.

6 dari 8 halaman

Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan

© MEN

25. Manfaat daun sirih untuk wajah

Manfaat daun sirih yang paling dikenal adalah khasiatnya dalam melawan penyakit dan masalah seputar kulit, terutama jerawat. Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih merah dan sirih hijau efektif untuk mengatasi jerawat di wajah, dada, atau punggung.

Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air hangat yang sudah dicampur sirih tumbuk. Gunakan untuk mengusap wajah yang sudah dibersihkan dari makeup.

Lakukan proses pencucian wajah seperti ini minimal 2 kali sehari, sesudah mandi dan sebelum tidur.

 

 

7 dari 8 halaman

Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Lainnya

Ilustrasi© Shutterstock

26. Menyembuhkan jerawat

Manfaat daun sirih yang terakhir adalah bisa membantu mengatasi masalah kulit. Salah satunya membantu menyembuhkan jerawat. Karena daun sirih memiliki sifat antiseptik dan anti bakteri, yang sangat efektif membantu membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan jerawat.

Daun sirih yang sudah ditumbuk halus, bisa direbus dengan air hingga mendidih. Lalu menggunakan handuk untuk mengompres bagian yang berjerawat, baik di wajah, punggung atau area lain yang muncul jerawat.

8 dari 8 halaman

Manfaat Daun Sirih Untuk Miss V

 

27. Manfaat daun sirih untuk Miss V

Kesehatan organ kewanitaan alias Miss V tentunya sangat penting bagi setiap perempuan. Kamu bisa menggunakan manfaat daun sirih untuk merawat organ intim ini.

Manfaat daun sirih hijau adalah sebagai antiseptik yang bisa membunuh bakteri Candida penyebab leukorrhea atau keputihan.

Caranya merawat Miss V dengan daun sirih cukup mudah. Rebus 5-10 lembar daun sirih ke dalam 250 ml air. Setelah direbus, saring airnya dan gunakan untuk mencuci area kewanitaan yang bermasalah.

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

 

Beri Komentar