Sering Dianggap Liar, Ini 10 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 20 April 2021 12:42
Sering Dianggap Liar, Ini 10 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan
Sirih cina yang biasanya tumbuh secara liar, ternyata memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Dream – Manfaat sirih cina mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Sirih cina ini berbeda dengan sirih biasanya.

Sirih cina juga sering disebut dengan nama sirih mini, Tanaman ini sering dianggap sebagai pengganggu karena pertumbuhannya bisa dimana-mana. Misalnya di antara tanaman yang sedang kamu budidayakan.

Kamu bisa menemukan sirih cina dengan mudah. Baik di halaman, di tepi parit, tanggul sawah, bahkan ada juga di gang-gang kecil bagian pojokan. Karena tanaman ini suka berada di tempat yang lembab.

Tanaman yang memiliki nama lain Peperomia pellucida ini memang tidak dipedulikan oleh sebagian besar orang.

Padahal manfaatnya cukup besar dan beragam bagi kesehatan manusia. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara disayur, dijadikan lalapan, atau dibuat jus.

Untuk mengobati keraguanmu, berikut adalah beberapa manfaat sirih cina bagi kesehatan yang perlu kamu tahu sebagaiman dihimpun melalui Merdeka.com.

1 dari 5 halaman

Mengatasi Arthritis Rheumatoid dan Mengobati Fraktur

Ilustrasi Fraktur© Foto. freepik

Mengatasi Arthritis Rheumatoid

Manfaat sirih cina yang pertama untuk kesehatan adalah bisa mengatasi arthritis rheumatoid. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa membuatnya menjadi jus batang dan daun sirih cina. Lalu konsumsi secara rutin setiap pagi dan malam hari.

Namun, kamu tetap harus berhati-hati. Karena obat herbal ini bisa memberikan efek secara langsung dalam waktu yang cepat setelah kamu mengonsumsinya.

 

Mengobati Fraktur

Melalui penelitian yang pernah dilakukan, daun sirih cina mengandung mineral yang berfungsi untuk menyembuhkan tulang secara lebih cepat.

Bagi kamu yang memiliki masalah pada tulang, maka bisa mengonsumsi ekstrak daun sirih cina yang akan mempercepat proses penyembuhan patah tulang dengan lebih efektif.

 

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Memiliki Sifat Antiinflamasi dan Mengobati Penyakit Kanker

Ilustrasi Menderita Kanker© Foto. freepik

Memiliki Sifat Antiinflamasi

Di dalam sirih cina juga memiliki sifat antiinflamasi. Di mana dengan mengonsumsi ekstrak daun sirih cina dipercaya mampu untuk meringankan gejala peradangan. Misalnya saja kulit yang mengalami kemerahan, terasa panas, dan bengkak. Tidak hanya itu saja, aktivitas antiinflamasi di dalam daun sirih cina mampu untuk bekerja secara efektif dan signifikan.

 

Mengobati Penyakit Kanker

Manfaat sirih cina lainnya adalah bisa mengobati penyakit kanker. Tanaman yang dianggap gulma ini ampuh untuk mencegah dan melawan sel kanker melalui daunnya yang kamu konsumsi. Daun ini bisa diandalkan untuk menghambat pertumbuhan berbagai patogen, bakteri, serta senyawa radikal bebas yang merusak sel tubuh.

3 dari 5 halaman

Mengatasi Depresi dan Memiliki Sifat Anti Jamur

Ilustrasi Menderita Depresi© Foto. freepik

Mengatasi Depresi

Setiap orang memiliki potensi untuk terkena depresi. Depresi bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya seperti pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memanfaatkan sirih cina.

Hal ini karena ada sebuah studi yang menemukan bahwa daun sirih cina memiliki aktivitas depresan. Jika kamu mengonsumsi ekstrak daun sirih dengan menggunakan dosis yang tepat, maka akan sangat membantu untuk mengobati gangguan rangsangan mental yang berlebih, tidak terkecuali depresi.

 

Memiliki Sifat Anti Jamur

Manfaat sirih cina juga tidak terlepas dari kandungannya yang memiliki sifat anti jamur. Sifat anti jamur inilah yang mampu untuk melawan pertumbuhan jamur yang menyebabkan berbagai penyakit. Untuk menghindarkan kamu dari berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh jamur, kamu bisa mengonsumsi ramuan dari sirih cina ini.

4 dari 5 halaman

Mengobati Gangguan Sistem Kemih dan Meredakan Asam Urat

Ilustrasi Mengalami Asam Urat© Foto. freepik

Mengobati Gangguan Sistem Kemih

Di Filipina serta beberapa negara Asia, mereka memanfaatkan daun sirih cina untuk mengobati ginjal atau pun penyakit kencing yang dibuat dalam bentuk teh. Bagi kamu yang mengalami kondisi berupa penyakit kencing, maka bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih cina sebagai obat herbal yang bisa diandalkan.

 

Meredakan Asam Urat

Manfaat sirih cina juga bisa untuk meredakan asam urat. Kondisi ini memang menimbulkan rasa nyeri dan bisa menghambat aktivitasmu. Terkait hal ini pernah dilakukan sebuah penelitian pada tikus yang diberikan ekstrak daun sirih cina dan membuktikan mampu untuk menurunkan kadar asam urat sebanyak 44 persen di dalam darah.

Dari penelitian tersebut, maka senyawa yang ada di dalam sirih cina bisa digunakan untuk mengontrol kadar asam urat secara efektif.

5 dari 5 halaman

Menurunkan Kolesterol dan Menyehatkan Sistem Pencernaan

Ilustrasi Pencernaan Terganggu© Foto. freepik

Menurunkan Kolesterol

Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, kamu bisa menurunkannya dengan menggunakan sirih cina Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan sirih cina dengan dosis yang tepat.

Dengan begitu, kamu pun akan terhindar dari risiko penyakit stroke, jantung, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kardiovaskular.

 

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat sirih cina berikutnya bagi kesehatan adalah bisa menyehatkan sistem pencernaan. Hal ini pun telah dilakukan penelitian dan ditemukan bahwa ekstrak daun sirih cina ampuh untuk menghambat kerusakan mukosa lambung, atau pun lapisan selaput lendir yang isinya kelenjar dan lubang lambung.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu merebus daun sirih cina dan meminum air rebusannya. Hal ini bisa mengatasi penyakit maag dan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Itulah 10 manfaat sirih cina untuk kesehatan. Bagi sahabat Dream yang tertarik untuk merasakan kesemua manfaat tersebut, maka kamu bisa mengonsumsinya secara teratur dengan dosis yang tepat.

Beri Komentar