PPnBM Dihapus, Harga Xpander Turun Berapa?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 16 Februari 2021 16:55
PPnBM Dihapus, Harga Xpander Turun Berapa?
Ada dua mobil Mitsubishi yang akan mendapatkan insentif PPnBM pada Maret 2021, yakni Xpander dan Xpander Cross.

Drema - Insentif penghapusan PPnBM yang akan dilaksanakan Maret 2021 dipastikan akan menurunkan harga jual mobil baru. Salah satu mobil yang akan terdampak kebijakan relaksasi PPnBM adalah mobil-mobil keluaran Mitsubishi.

" Sejauh ini yang kita dari press rilis dari kemenko perekonomian peraturan ini berlaku untuk 1.500 cc ke bawah dan local content 70 persen, model kami Xpander dan Xpander Cross yang bisa masuk," kata Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI (Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia), Irwan Kuncoro di sela peluncuran virtual All New Pajero Sport, Selasa 16 Februari 2021.

Xpander Cross© shutterstock.com

Dengan adanya penghapusan PPnBM, maka harga Xpander dan Xpander Cross bakal terpangkas. Namun Irwan belum menyebutkan berapa besarnya pemangkasan harga yang akan berlaku.

" Saat ini kami masih mempelajari lebih lanjut sambil menunggu ketentuan peraturan dan detail teknisnya, sehingga kami bisa menerapkannya dengan tepat," tuturnya.

1 dari 2 halaman

Mitsubishi mendukung kebijakan pemerintah yang akan melakukan relaksasi PPnBM. Kebijakan ini digulirkan untuk mendongkrak kembali geliat industri otomotif Tanah Air yang lesu sepanjang pandemi.

Sebagai informasi, Xpander dan Xpander Cross adalah varian multi purpose vehicle atau bisa dibilang mobil keluarga. Keduanya merupakan salah satu mobil paling diminati pasar.

Xpander© shutterstock.com

Saat ini Xpander dibanderol Rp221-Rp278 juta. Sementara Xpander Cross dibanderol mulai Rp276 jutaan.

2 dari 2 halaman

Tidak semua mobil baru mendapatkan insentif PPnBM. Pemerintah telah menetapkan kriteria khusus mobil apa saja yang masuk dalam program ini.

Kriteria tersebut yaitu mesin mobil harus di bawah 1.500 cc, berpenggerak roda 4x2, dan mengandung konten lokal sebesar 70 persen.

Insentif PPnBM ini akan diberlakukan dalam tiga tahap. Yakni Maret-Mei berlaku PPnBM sebesar 0 persen.

Lalu Juni-Agustus berlaku PPnBM sebesar 50 persen. Sementara pada akhir tahun atau September-November berlaku PPnBM sebesar 25 persen.

Beri Komentar