Scrapbook, Cara Menyimpan Foto Lebih Cantik dan Awet

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 25 Juli 2019 09:12
Scrapbook, Cara Menyimpan Foto Lebih Cantik dan Awet
Jangan biarkan cetakan foto rusak dan terbuang sia-sia.

Dream - Album foto bukan cuma untuk menyimpan kenangan. Kumpulan memori yang terkenang di dalamnya mampu menyegarkan kembali ingatan kita.

Meski sudah jarang dilakukan, aktivtias mencetak foto masih digeluti oleh beberapa orang. Salah satu cara menyenangkan untuk menyimpan foto adalah dengan memakai scrapbook.

Teknik ini mengombinasikan cetakan foto dengan berbagai gambar, coretan hingga dekorasi unik seperti sticker dan masking tape.

" Foto yang dicetak di atas kertas sticker bisa langsung ditempel di dalam scrapbook. Biasanya sangat digemari oleh anak muda," kata Angeline Ivone, Senior Marketing Manager Canon Image Communication Product Div. pt. Datascrip di peluncuran Canon iNSPiC, Jakarta, Rabu 24 Juli 2019.

Tujuan utama scrapbook adalah mengemas kenangan untuk generasi mendatang. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai alternatif hadiah bagi orang tersayang.

Scrapbooking sesungguhnya bukan merupakan sebuah hobi baru. Dipopulerkan sejak abad ke-15,  aktivitas ini mampu mengasah kreatifitas dan daya fokus otak.

 Scrapbook© Foto: Shutterstock

Kamu juga dapat menempelkan berbagai macam benda di dalam scrapbook seperti tiket bioskop, pita atau dedaunan kering. Namun untuk foto, pastikan kamu merawatnya dengan baik agar tidak cepat rusak.

" Foto biasanya akan mulai pudar jika terkena sinar matahari langsung. Tapi kalau untuk di simpan di dalam scrapbook bisa lebih awet," imbuhnya. (ism)

1 dari 4 halaman

Cetak Foto Langsung dari Kamera Kini Lebih Mudah

Dream - Foto bersama telah menjadi aktivitas wajib ketika bersantai bersama teman dan keluarga. Sayangnya, hasil jepretan foto yang bagus itu sering kali hanya menjadi file yang tersimpan di perangkat elektronik.

Aktivitas mencetak foto cenderung terlupakan. Terutama kalangan milenial yang lebih gemar mengandalkan smartphone canggih.

Harus diakui, urusan mencetak foto memang membuat kita malas. Apalagi kalau tempat mencetak sangat jauh. Sementara jika harus mencetak di rumah, khawatir tinta printer cepat habis. 

Sintra Wong, Senior Division Manager Canon Image Communication Product Division PT Datascrip di Jakarta, Rabu, 24 Juli 2019 mengatakan, mencetak foto sebetulnya memiliki daya tarik visual yang lebih kuat dibandingkan melihat hasil foto melalui Ponsel atau kamera. 

" Membangun keakraban ketika berkumpul bersama dan lebih mengikat secara personal ketimbang foto yang ada di perangkat digital," katanya.

  Peluncuran Canon iNSPiC (Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id)© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id

Peluncuran Canon iNSPiC (Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id)

Tergerak dari konsumen yang ingin kepraktisan, Canon Indonesia memperkenalkan dua seri kamera printer instan terbaru Canon iNSPiC [S] dan iNSPiC [C].

" Kedua kamera ini melengkapi seri Canon iNSPiC [P] atau Mini Photo Printer yang sebelumnya hanya mampu digunakan untuk mencetak foto melalui koneksi bluetooth handphone," kata Angelie Ivone, Senior Marketing Manager Canon Image Communication Product Div. pt. Datascrip.

Desain yang trendi dan menyenangkan sangat pas untuk melengkapi aktivitas milenial yang gemar mengabadikan foto.

Dibekali dengan teknologi ZINK Zero Ink, kamera mampu mencetak foto tanpa menggunakan catridge tinta ke dalam pilihan kertas foto glossy 2x2 inci atau 2x3 inci.

2 dari 4 halaman

Seri Canon iNSPiC


Canon iNSPiC [S] memiliki fitur lengkap dengan layar selfie mirror besar dan built-in ring light LED yang dapat dinyalakan secara manual untuk mempercantik keperluan swafoto.

  Peluncuran Canon iNSPiC Seri S (Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id)© Dream.co.id

Peluncuran Canon iNSPiC Seri [S] (Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id)

Kamera dengan resolusi 8 megapiksel ini dapat terhubung dengan gawai melalui aplikasi Mini Photo Print. Pengguna bisa mencetak foto dari ponsel dan mengeditnya terlebih dahulu dengan aneka sticker dan frame agar terlihat makin seru.

3 dari 4 halaman

Resolusi Kamera 5 Megapiksel


Sementara Canon iNSPiC [C] hadir dengan resolusi kamera 5 megapiksel. Bedanya, kamera hanya dilengkapi dengan basic flash yang akan menyala secara otomatis dalam keadaan gelap serta mirror selfie yang lebih kecil. Tipe ini tidak dapat terkoneksi dengan handphone.

  Peluncuran Canon iNSPiC Seri C (Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id)© Dream.co.id

Peluncuran Canon iNSPiC Seri [C] (Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id)

Kedua tipe kamera dapat menampung 10 lembar kertas foto sticker yang dapat ditempel di berbagai permukaan tanpa meninggalkan bekas lem.

4 dari 4 halaman

Ini Harganya

Canon iNSPiC [S] dibanderol seharga Rp2,5 juta dengan pilihan warna Pearl White, Matte Black dan Rose Gold.

Untuk versi lebih ekonomis, Canon iNSPiC [C] hadir dalam warna Bubble Gum Link, Bumble Bee Yellow dan Seaside Blue seharga Rp1,9 juta. Sementara kertas foto dibanderol seharga Rp160 ribu per 20 lembar.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup