Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sempat Banjir, Kini Tol Dalam Kota Kuningan Arah Cawang Mulai Normal

Sempat Banjir, Kini Tol Dalam Kota Kuningan Arah Cawang Mulai Normal Tol Dalam Kota Sempat Tergenang Air Sampai 15 Cm. (Foto: Jasa Marga)

Dream - Hujan lebat yang mengguyur Jakarta membuat sejumlah titik kebanjiran, Selasa 17 Desember 2019. Salah satunya adalah ruas Tol Dalam Kota (Kuningan arah Cawang).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, petugas Jasa Marga mengoperasikan dua unit pompa air dan menyedot genangan. Jasa Marga juga bekerja sama dengan Polri untuk mengatur lalu lintas di jalan tol.

Sekadar informasi, hujan deras mengguyur Jakarta sejak pukul 14.00 WIB. Di Ruas Tol Dalam Kota, tepatnya KM 05+400 arah Cawang, terdapat genangan setinggi sepuluh hingga 15 sentimeter.

Setelah dua pompa dioperasikan, kini air genangan telah surut. Lalu lintas di tol kembali normal.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Dream - Jokowi meresmikan tol terpanjang di Indonesia yang ada di Jalan Tol Trans Sumatera. Ruas yang diresmikan adalah Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung (Terpeka).

Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu mengatakan, ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia. Panjangnya mencapai 189 kilometer.

 

 

“Tol sepanjang 189 kilometer adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Kami harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan nantinya akan lanjut sampai Betung, Banyuasin,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 15 November 2019.

Menurut Jokowi, jalan tol ini punya arti yang besar, misalnya menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, memfasilitasi produksi perkebunan, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Sabet Rekor Muri

Kontraktor Jalan Tol Trans Sumatera, PT Hutama Karya (Persero) juga menyabet penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Perusahaan pelat merah ini memecahkan rekor pembangunan tol terpanjang yang memakan waktu kurang dari 2,5 tahun. Tak hanya terpanjang, Tol Terpeka menjadi jalan tol yang tercepat di Indonesia.

“Setelah diresmikan, jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah beroperasi secara penuh serta dapat dilalui oleh masyarakat,” kata Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo.


Bisa Tampung Lebih dari 6.400 Kendaraan

Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung akan melengkapi jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah terbangun lebih dahulu dan beroperasi sejak bulan lalu. Ruas tol ini secara keseluruhan berjarak 189 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Sumatera Selatan. Tiga ruas tol ini sendiri terbagi terbagi atas 2 seksi dimana, Seksi I ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang terhampar sejauh 112km kemudian Seksi II ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77km.

Tol Terpeka memiliki 17 jembatan, 6 simpang susun dan 23 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Palembang, Sumatera Selatan. Tol dengan lebar jalur utama sebesar 3.6 M untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan 6 Gerbang Tol (GT) yaitu GT Gunung Batin di KM 26, GT Menggala yang ada di KM 43, GT Lambu Kibang di KM 61, GT Way Kenanga di KM 77, GT Simpang Pematang di KM 99, dan GT Kayu Agung di KM 188.

Tol Terpeka dapat menampung volume kendaraan sebanyak lebih dari 6.400 kendaraan setiap harinya. Para pengguna jalan nantinya bisa beristirahat di 9 tempat istirahat yang tersebar di sepanjang tol Terpeka, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan. Terdapat 5 tempat istirahat di jalur yang mengarah ke Kayu Agung, dan 4 sisanya untuk arah ke Bakauheni.

Fakta Sebenarnya Pembatas Jalan Tol Bergerak Sendiri Terungkap

Dream - Misteri pembatas jalan water barier yang bergerak sendiri di jalan tol akhirnya terungkap. Pengelola jalan tol, PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) memastikan pembatas berwarna orange itu bergerak karena hembusan angin. 

Lokasi kejadian dipastikan terjadi di kawasan proyek pembangunan rest area Km 65-66 Jalan Tol Pandaan-Malang pada Senin,  28 Oktober 2019 sekitar pukul 6 petang. 

Sebelumnya informasi yang beredar di media sosial menyebutkan lokasi kejadian berlangsung di Tol Cipularang.

Dalam video rekaman CCTV itu terlihat dua pembatas jalan atau barrier di ruas jalan tol bergerak sendiri. Satu barier bahkan bergerak sampai ke tengah ruas jalan tol tersebut. 

 

 

PT JPM memastikan tak ada unsur mistis dari kejadian itu. Perusahaan  mengungkapkan pembatas jalan itu bergerak karena tekanan angin kencang.

"Faktor penyebab kejadian tersebut adalah bocornya water barrier yang sebelumnya telah diisi air sesuai aturan," dikutip dari pernyataan tertulis JPM.

Dari hasil penyelidikan di lapangan, kedua barrier yang bergerak tersebut dikabarkan bocor mengakibatkan water barrier tersebut kosong. Alhasil, saat terjadi hembusan angin yang cukup kuat, water barrier kosong tersebut terdorong mengikuti arah tengah.

Terjadi di Jalan Tol Pandaan-Malang

Kejadian tersebut dipastikan terjadi di proyek pembangunan rest area Km 65-66 Jalan Tol Pandaan-Malang pada hari Senin 28 Oktober 2019 pukul 18.00 WIB.

lokasi Rest Area tersebut merupakan daerah bukit yang digali serta di sisi selatan terdapat lembah yang terbuka yang kerap terjadi hembusan angin kencang.

Water Barrier

PT JPM memastikan water barrier yang bocor tersebut saat ini telah diganti dengan yang baru serta memastikan seluruh water barrier yang ada di sepanjang Jalan Tol Pandaan-Malang juga terisi air.

Diganti Pembatas Jalan Baru

Langkah ini dilakukan agar water barrier tidak bergerak sehingga dapat menghalangi kendaraan yang melintas dan menimbulkan bahaya untuk pengguna jalan.

Water Barrier

Selain di lajur, water barrier yang terpasang di lokasi Proyek Pembangunan Rest Area juga dimaksudkan untuk mengamankan pengguna jalan dan pekerja proyek agar tidak terjadi kecelakaan.

PT JPM juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat berkendara dengan mematuhi aturan lalu lintas, memperhatikan rambu dan arahan petugas di lapangan untuk agar keselamatan pengguna jalan.

"Kami imbau agar masyarakat dapat melakukan verifikasi terhadap informasi sebelum mempercayai hal-hal yang sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah dan bahkan menghubungkan kejadian tersebut dengan ruas jalan tol lainnya di luar Jalan Tol Pandaan-Malang," ujar perusahaan.

(Sah)

Banyak yang Sudah Menduga Karena Angin

Sebelumnya akun instagram @_infocegatansolo sempat mengunggah sebuah rekaman CCTV yang menunjukkan sejumlah pembatas jalan (water barier) bergerak sendiri.

Ya, Barier yang diketahui memiliki berat sepuluh kilogram itu terlihat bergeser sendiri hingga berada di tengah lajur pertama.

"Penampakan pembatas jalan bergerak sendiri di tol km 69 cipularang," tulis akun @_infocegatansolo.

Tak ayal peristiwa ini banyak mendapat atensi warganet. Sebagian besar masih berpikir positif dengan mengatakan pergerakan pembatas jalan itu disebabkan oleh angin.

"Angin gaksi? Km 69-71 kan emang anginya kenceng biangeeet," tulis akun @realabon.

"Mungkin angin min,kadang bisa penyebab kecelakaan. So hati² dan selalu fokus klo lewat jalan tol," tulis akun @indigo.story.

Seperti apa videonya? Yuk intip dibawah ini:

Ini Videonya

      View this post on Instagram

Penampakan pembatas jalan bergerak sendiri di tol km 69 cipularang

A post shared by infocegatansolo (@_infocegatansolo) on

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kawasan Puncak Bogor Bebas Kendaraan di Malam Tahun Baru, Simak Rute Alternatifnya

Kawasan Puncak Bogor Bebas Kendaraan di Malam Tahun Baru, Simak Rute Alternatifnya

Jalur alternatif ke Cianjur saat kawasan puncak di tutup malam tahun baru.

Baca Selengkapnya
Temuan Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta Bingungkan Ilmuwan, Ukurannya 6 Juta Kali Matahari

Temuan Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta Bingungkan Ilmuwan, Ukurannya 6 Juta Kali Matahari

Lubang hitam ini berada di galaksi kuno GN-z11, yang berjarak 13,4 miliar tahun cahaya. Ukurannya sekitar 6 juta kali lebih besar dari matahari.

Baca Selengkapnya
Sukses di Ibukota! 8 Potret Kondisi Dapur Pedangdut Yeni Inka di Kampung ini Memprihatinkan

Sukses di Ibukota! 8 Potret Kondisi Dapur Pedangdut Yeni Inka di Kampung ini Memprihatinkan

Penampakan dapur Yeni Inka yang sederhana di kampung halaman

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Penyebab Keringat Dingin yang Kerap Dianggap Sepele

5 Penyebab Keringat Dingin yang Kerap Dianggap Sepele

Gejala umum yang menyertai keringat dingin meliputi pusing, mual, dan detak jantung yang terasa cepat.

Baca Selengkapnya
Ganjar Sebut Ada Tekanan ke Kepala Daerah: Dilarang Kencang-Kencang Dukung 03

Ganjar Sebut Ada Tekanan ke Kepala Daerah: Dilarang Kencang-Kencang Dukung 03

Ganjar Sebut Ada Tekanan ke Kepala Daerah, Jangan Kencang-Kencang Dukung 03

Baca Selengkapnya