Ilustrasi Gir Motor. (Foto: Shutterstock)
Dream - Para pemilik sepeda motor bertransmisi otomatis jangan hanya sibuk merawatnya skutik pada bagian mesin. Perawatan perlu dilakukan di bagian gir agar motor tetap enak dan nyaman saat dikendarai.
Komponen yang juga disebut gigi rasio biasanya akan menghasilkan suara mendengar dari gardan saat tengah mengalami kerusakan. Ini baru gejala awalnya.
Dikutip dari Suzuki, Sabtu 14 Desember 2019, suara yang mendengung ini tak hanya mengganggu pemilik skutik tapi juga pengendara lainnya.
Salah satu penyebab rusaknya gigi rasio adalah kondisi oli garda yang sudah buruk. Umumnya, pengguna motor matic tidak sadar olinya tiba-tiba tercampur dengan air dan kotoran.
Alhasil oli garda tidak bisa melumasi gigi rasio dengan baik. Tingginya friksi atau gesekan bukan tak mungkin membuat gigi rasio rusak.
Hal ini bisa dicegah jika kamu menjaga dengan selalu rutin mengecek dan mengganti oli gardan secara berkala. Jika sudah berwarna cokelat dan keruh, bisa dipastikan olinya sudah kotor dan minta diganti.
Dream - Motor MAXI Yamaha merupakan kategori produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu fitur yang menjadi pertimbangan konsumen adalah power weight ratio.
Menurut Deputy General Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yordan Satriadi, berbagai unsur penting yang dicari konsumen bisa dipenuhi dengan menggunakan salah satu line up MAXI Yamaha, yaitu Aerox 155 VVA. Skutik berkapasitas mesin 155 cc itu diciptakan dengan karakter sporty. Sejak diluncurkan di tahun 2016 hingga sekarang menjadi salah satu motor idaman konsumen.
“ Salah satu kualitas Aerox 155 VVA yaitu fungsi praktisnya dari berbagai fitur yang disematkan seperti colokan charger, keyless, bagasi luas, digital speedometer dan lainnya membantu konsumen dalam kehidupan berkendaranya serta menyesuaikan dengan perkembangan terkini,” kata Yordan dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 14 Oktober 2019.
Dia mengatakan akselerasi cepat Aerox 155 VVA juga memuaskan para penggunanya saat mengendarainya sehari-hari maupun menggebernya buat hobi touring atau balapan. Akselerasi mumpuni itu diperoleh karena Power Weight Ratio (PWR) Aerox 155 VVA yang tertinggi di kelasnya 150 cc & 155 cc. Hal itu menjadikannya sebagai High Performance Sports Scooter 155 cc. Semakin tinggi Power Weight Ratio, semakin tinggi pula performa motornya.
Power Weight Ratio merupakan pengukuran kinerja mesin secara keseluruhan pada kendaraan. Rasio ini dihitung dengan cara membagi tenaga maksimal yang dikeluarkan dengan bobot kendaraan tersebut (kW/kg). Yang turut menunjang Power Weight Ratio Aerox 155 VVA karena menggunakan mesin Blue Core 155cc LC4V.
Mesin 155cc yang dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) membuat performa tarikan mesin lebih bertenaga di setiap putaran mesin. Dilengkapi dengan Forged Piston dan DiAsil Cylinder yang kuat dan ringan sehingga performa mesin lebih maksimal.
Akselerasi cepat merupakan hasil dari performa Aerox 155 VVA. Manfaat Power Weight Ratio pun terasa saat mendahului, melewati jalan menanjak dan berpengaruh pada top speed. Penggunaan bahan bakar juga lebih efisien.
" Dengan Power Weight Ratio yang tertinggi di kelasnya, membuat konsumen merasakan performa terbaik Aerox 155 VVA. Performa seperti inilah yang dibutuhkan saat menggunakannya dalam beraktivitas dan memuaskan konsumen," kata dia.
Dream - Yahama menggelar acara unik bertajuk “ Blue Core 5 Year Celebration”. Acara itu diusung Yamaha Motor Vietnam dengan tema berkeliling melintasi lima negara di Asia Tenggara.
Selebrasi level internasional itu diadakan guna merayakan lima tahun kehadiran teknologi Blue Core. Varian berteknologi Blue Core dengan mudahnya dijumpai, termasuk kategori MAXI Yamaha yang tengah naik daun di Indonesia bahkan mendunia.
Lima negara yang akan disambangi yaitu, Kamboja, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Filipina. Kegiatan berkendara itu akan digelar selama dua pekan, 27 September hingga 9 Oktober 2019.
Perjalanan akan dimulai di lima titik di Ho Chi Minh, Vietnam. Dari ibu kota Vietnam itu, lima orang pengemudi profesional yang dipilih Yamaha Motor Vietnam menjalani perjalanan.
Kelima bikers itu adalah Ngo Thiet Dai Nhan, Nguyen Phuc Vien, Pham Viet Anh, Dang Kim Ho, Nguyen Quang Thinh.
Rombongan “ Blue Core 5 Year Celebration” akan tiba di Jakarta, 6 hingga 7 Oktober 2019. Selain singgah, para pengemudi akan menjalani berkumpul dan menjelajah kota Jakarta dengan komunitas Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).
”Kami sangat senang bisa menjalani Blue Core 5 Year Celebration ke 5 negara. Riding dengan motor-motor berteknologi Blue Core irit bahan bakar dan bertenaga. Sekarang kami ada di Indonesia melakukan city touring di Jakarta. Kami sangat senang berada di sini, bisa bertemu komunitas Yamaha Indonesia saling bertukar cerita tentang touring,” kata salah seorang pengendara, Ngo Thiet Dai Nhan.
Setelah Indonesia, para pengemudi motor Yamaha itu akan bertolak ke Filipina yang menjadi negara terakhir dalam rute touring. Dari situ lalu akan kembali ke negara asalnya, Vietnam.
Dream – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis versi terbaru MT-25. Motor sport ini memiliki tampilan yang lebih gahar.
Peluncuran motor seri terbaru MT-25 itu berbarengan dilakukan di Thailand dan Eropa.
“ Kami yakin dengan desain baru yang semakin sporty dan update fitur menjadi lebih modern, akan membuat MT-25 menjadi primadona yang menambah gairah pasar naked sport 250 cc,” kata Deputy General Manager Marketing YIMM, Yordan Satriadi, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 3 Oktober 2019.
Motor MT-25 ini hadir dengan suspensi up side down (USD) yang mempermudah handling. Motor itu menggunakan ban tubeless bertapak lebar 110/70/17 di bagian depan dan 140/70-17 di bagian belakang.
Yamaha mendesain cover MT-25 m3enjadi lebih besar dengan lekukan garis tegas yang kekar. Penutup udara (air scoop) menjadi ciri khas serial MT dan memberikan kesan sangar pada motor.
MT-25 kini menggunakan lampu LED yang bisa menghasilkan pencahayaan yang terang dan fokus. Ada juga speedometr digital dengan shift timing light. Fitur ini memberi tahu pengguna harus berpindah gigi.
Untuk handle bar, MT-25 tetap menggunakan setang lebar untuk membuat posisi berkendara jadi lebih tegap.
Beralih ke dapur pacu, MT-25 baru ini menggendong mesin 250 cc DOHC 6 percepatan dengan 2 silinder dan 8 katup. Motor ini sudah dilengkapi dengan radiator berpendingin cairan.
Dengan mesin 250 cc, MT-25 bisa menyemburkan tenaga 26,5 KW dan torsi 23,6 Nm.
Kuda besi ini terdiri atas tiga warna, yaitu matte grey, metallic blue, dan metallic blac. Motor itu dijual seharga Rp53,9 juta OTR Jakarta.
Advertisement
Momen Haru Sopir Ojol Nangis dapat Orderan dari Singapura untuk Dibagikan
Siswa Belajar Online karena Demo, Saat Diminta Live Location Ada yang Sudah di Semeru
Cetak Sejarah Baru! 'Dynamite' BTS Jadi Lagu Asia Pertama Tembus 2 Miliar di Spotify dan YouTube
Komunitas Warga Indonesia di Amerika Tunjukkan Kepedulian Lewat `Amerika Bergerak`
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas