Sepuluh pada Kata Decacorn, Apa Maknanya?

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 28 Februari 2019 18:20
Sepuluh pada Kata Decacorn, Apa Maknanya?
Grab berhasil mengibarkan namanya sebagai startup pertama dan satu-satunya dari Asia Tenggara.

Dream - Dunia startup memang tengah banyak dibahas, bukan hanya di kalangan warganet tapi juga masyarakat pada umumnya. Kebanyakan merasa takjub bagaimana perusahaan rintisan dengan modal, tenaga, dan sumber daya yang terbatas bisa berkembang pesat dan cepat.

Istilah unicorn yang ditujukan bagi startup yang memiliki valuasi di atas US$1 miliar pun mulai sering terdengar.

Awalnya, sebutan ini muncul pertama kali di artikel berjudul Welcome to The Unicorn Club yang ditulis Ailen Lee, investor merangkap founder Cowboy Ventures. Ia menyoroti sedikitnya perusahaan teknologi yang mampu menembus nilai US$ 1 miliar, mirip seperti unicorn, spesies kuda mitologibertanduk emas yang keberadaannya dianggap sama langkanya.

Kini ada decacorn yang 10 kali lipat lebih tinggi levelnya dibandingkan dengan unicorn. Bloomberg menyebutnya sebagai decacorn atau gabungan antara ‘deca’ yang artinya sepuluh dan unicorn.

Istilah ini muncul pada tahun 2015 untuk menyebutkan startup yang berhasil mencapai valuasi di atas US$10 miliar.

Dijadikan standar emas bagi kesuksesan perusahaan rintisan, baru ada 20 startup yang meraih gelar decacorn dari 300 lebih unicorn di seluruh dunia. Tapi di akhir 2018, Grab berhasil mengibarkan namanya sebagai startup pertama dan satu-satunya dari Asia Tenggara.

Startup yang dirintis sejak tahun 2012 ini berhasil membukukan valuasi sebesar US$11 miliar. Sebagai decacorn, Grab telah terbukti memberikan layanan paling berkualitas, terjangkau, dan efisien waktu.

Hal ini sejalan dengan tujuannya sebagai Everyday SuperApp terkemuka di Asia Tenggara yang menawarkan solusi sehari-hari untuk layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital.

Awalnya hanya fokus pada layanan ride-hailing, Grab yang kini telah beroperasi di delapan negara di Asia Tenggara ini telah menyediakan berbagai layanan yang memudahkan pada pengguna setianya.

Mengusung platform filosofi yang terbuka, pencapaian luar biasa sebagai decacorn ini akan terus mendorong Grab dalam menyatukan para mitra untuk bergerak bersama demi kehidupan yang lebih baik di Asia Tenggara.

Beri Komentar