Lebih Tinggi 'Kasta'-nya, Ini Beda Decacorn dari Unicorn

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 28 Februari 2019 16:35
Lebih Tinggi 'Kasta'-nya, Ini Beda Decacorn dari Unicorn
Ada yang sudah tahu?

Dream - Perkembangan dunia startup yang pesat membuat banyak orang kini mulai dengan keberadaannya, lengkap dengan istilah-istilah unik yang mulai sering terdengar. Salah satunya mengenai tingkatan valuasi perusahaan rintisan, mulai dari Cockroach, Ponies, Centaurs, Unicorn, Decacorn, hingga Hectocorn.

Mungkin selama ini kebanyakan orang lebih akrab pada istilah unicorn yang ditujukan pada startup yang berhasil memiliki valuasi di atas US$1 miliar. Namun kini, standar emas keberhasilan perusahaan rintisan telah ditingkatkan menjadi 10 kali lipat atau yang lebih dikenal sebagai decacorn.

Gelar ini diberikan bagi startup dengan valuasi di atas US$10 miliar atau setara dengan Rp140 triliun. Selain nilai investasi yang jauh lebih besar, startup yang masuk ke level decacorn ini juga dianggap mendapat pengakuan dunia, apalagi kini baru segelintir perusahaan saja yang meraih status elite ini.

Dari 300 lebih unicorn di seluruh dunia, baru ada 20 startup yang berhasil menjadi decacorn, salah satunya Grab. Hebatnya lagi, status yang diraih pada akhir 2018  ini menjadikan Grab sebagai decacorn pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara.

Sejak empat tahun terakhir, sembilan unicorn di Asia Tenggara telah berhasil mengumpulkan investasi sebesar US$24 miliar dan Grab membukukan bagian terbesar yang menjadikan valuasinya mencapai US$11 miliar.

Pencapaian ini tidak main-main. Kerja keras Grab sejak dirintis pada tahun 2012 dan kini telah beroperasi di 8 negara di Asia Tenggara ini didukung oleh kualitas layanan baik, terjangkau, dan efisiensi waktu.

Mampu mendapat tempat di hati masyarakat Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Grab terus mengembangkan diri sebagai Everyday SuperApp yang mampu memberikan solusi bagi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital.

Untuk memberikan layanan terbaik dengan harga yang terjangkau dan efisien waktu, Grab terus membawa filosofi platform terbuka yang dapat menyatukan para mitra dan bergerak bersama bagi kehidupan yang lebih baik di Asia Tenggara.

Beri Komentar