Sering Makan Berlebihan Saat Sedang Stres? Begini Cara Mencegahnya

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 29 November 2022 15:23
Sering Makan Berlebihan Saat Sedang Stres? Begini Cara Mencegahnya
Biar nggak terjebak oleh drama stress eating, ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Lagi banyak kerjaan dan deadline super padat, bawaannya kok jadi laper dan ingin ngemil terus ya? Pernah mengalami hal seperti ini, Sahabat Dream? Kalau saat mengalami kondisi stres kamu cenderung melampiaskannya pada makanan, bisa jadi tanda mengalami stress eating nih.

Sebagian orang memang ada yang menjadikan makanan sebagai stress relieve atau pelampiasannya saat stres menyerang. Namun, kalau jadinya overeating jelas bisa mempengaruhi kesehatan karena rentan menyebabkan obesitas. Biar nggak terjebak oleh drama stress eating, ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

1 dari 4 halaman

Cek Kondisi Tubuhmu yang Sebenarnya

Sering Makan Berlebihan Saat Sedang Stres? Begini Cara Mencegahnya© Shutterstock

Sebelum mengambil makanan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah cek kondisi tubuhmu terlebih dulu. Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu benar-benar lapar atau hanya sekadar pengalihan perhatian?

Ambil napas panjang dan fokus pada kondisi mentalmu sendiri untuk menemukan jawabannya. Jika benar-benar lapar, tubuh akan menentukan berapa jumlah makanan yang dibutuhkan. Tapi jika memang tidak lapar, tahan diri untuk nggak mengonsumsi apapun.

2 dari 4 halaman

Saat Ingin Makan tapi Nggak Merasa Lapar, Ini yang Bisa Dilakukan

Sering Makan Berlebihan Saat Sedang Stres? Begini Cara Mencegahnya© Shutterstock

Kalau masih merasa ingin makan padahal tidak merasa lapar, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan nih. Pertama, kamu bisa menahan diri selama 10 menit sebelum memutuskan untuk makan sesuatu. Dalam durasi ini, biasanya keinginan makan akan hilang dalam sendirinya. Jika ingin lebih membantu, alihkan perhatian dengan melakukan hal lain yang memerlukan fokus dan konsentrasi, misalnya saja main game.

3 dari 4 halaman

Atasi Stres Tanpa Makanan

Sering Makan Berlebihan Saat Sedang Stres? Begini Cara Mencegahnya© Shutterstock

Jika sudah memahami kalau memiliki masalah dengan nafsu makan yang meningkat saat sedang stres, cobalah untuk mencari metode stress relieving yang lain selain lewat makanan. Makan nggak menyelesaikan masalah, jadi cobalah temukan hal lain yang bisa membantu mengurangi beban pikiran tersebut.

Berbagi cerita dengan teman atau jalan kaki sore saat sedang penat bisa jadi alternatif yang bisa dicoba. Kalau perlu buatlah daftar hal apa saja yang disukai untuk mengurangi stres tanpa makanan dan cobalah lakukan untuk mengurangi stres yang dirasakan.

4 dari 4 halaman

Pilih Cemilan yang Menyehatkan

Sering Makan Berlebihan Saat Sedang Stres? Begini Cara Mencegahnya© Shutterstock

Menghentikan kebiasaan stress eating memang harus dilakukan secara bertahap, nggak bisa berhenti total sekaligus. Untuk mendukung hal ini, sebaiknya coba untuk mulai lebih selektif lagi memilih cemilan saat stres.

Kalau biasanya cake cokelat, pizza, atau menu junk food lainnya selalu jadi pilihan saat stress eating, kali ini ganti dengan cemilan yang lebih sehat. Misalnya saja buah potong, salad, atau kacang-kacangan. Buat aturan juga seberapa banyak kamu bisa mengonsumsinya, supaya tidak berlebihan.

Beberapa poin di atas bisa jadi panduan untuk mengatasi stress eating yang sering muncul saat sedang dikejar deadline pekerjaan dan berbagai masalah lainnya. Dengan mengontrol pola makan sehari-hari, tandanya kamu juga berperan untuk menjaga tubuh tetap sehat, Sahabat Dream!

Beri Komentar