Biasa Dibikin Daster dan Piyama, Rayon Ramah Lingkungan Bisa Dijadikan Denim

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 30 Juni 2022 17:12
Biasa Dibikin Daster dan Piyama, Rayon Ramah Lingkungan Bisa Dijadikan Denim
Nyaman dipakai dan terbuat dari bahan alami yang mudah didaur ulang.

Dream - Sejak pandemi Covid-19 kenyamanan menjadi prioritas utama saat memilih pakaian. Sudah menjadi hal yang umum ketika banyak wanita lebih sering mengenakan daster dan piyama saat berkegiatan di rumah.

Selain ringkas, jenis pakaian tersebut berbahan lembut, ringan, sejuk, dan menyerap keringat sehingga tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Daster juga pilihan yang paling tepat karena sebagian besar aktivitas yang dilakukan adalah pekerjaan rumah tangga.

Kini rayon viscose yang menjadi bahan dasar pembuatan daster dan piyama mulai sering diolah menjadi berbagai macam pakaian. Mulai dari dress, tunik, hingga denim.

" Viscose rayon di Indonesia marketnya besar. Di Indonesia, aware-nya hanya untuk piyama dan daster. Padahal, bisa untuk material lain, misalnya, untuk modest fashion, denim, dan home textile. Aplikasinya berbagai jenis bisa dipakai utk berbagai macam," ungkap Evelyn Santoso, Head of Business Development Asia Pacific Rayon (APR) dalam peluncuran koleksi kolaborasi Ria Miranda dan Masalinen 'Takameru' di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Selain nyaman, lembut, dan ringan, rayon viscose juga memiliki daya serap lebih tinggi daripada katun. Termasuk ketika menyerap warna pakaian untuk diproduksi secara massal. " Daya serap warnanya lebih bagus daripada material lain. Warnanya jauh lebih bright" .

1 dari 1 halaman

Proses Pembuatan Rayon Viscose

Koleksi Menggunakan Rayon Viscose© Instagram @asiapacificrayon

Foto: Instagram @asiapacificrayon

Rayon viscose sendiri terbuat dari kayu pohon akasia dan eucalyptus di perkebunan yang telah tersertifikasi. Sehingga, bahan dasarnya terjamin bukan berasal dari hutan yang tidak diberdayakan untuk produksi kain.

Serat kayu tersebut akan dijual ke pabrik benang dan dipintal sebelum menjadi kain serta dijadikan bahan dasar produsen fashion maupun tekstil. Proses tersebut menjadikan bahan rayon viscose lebih ramah lingkungan. Harganya pun terjangkau.

Kini, desainer dan pelaku industri tekstil bisa mendapatkan bahan tersebut di Jakarta Fashion Hub untuk mulai membuat koleksi yang lebih ramah lingkungan serta nyaman dipakai.

Beri Komentar