Tidak Pakai Bra Bikin Payudara Kendur, Mitos Atau Fakta?

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Rabu, 16 Oktober 2019 13:13
Tidak Pakai Bra Bikin Payudara Kendur, Mitos Atau Fakta?
Seperti Sulli f(X) yang gemar tidak pakai bra, bagaimana efek sampingnya?

Dream - Bra merupakan kunci dalam menjaga payudara. Bra menjadi penutup yang baik serta melawan gravitasi di sekitar payudara sehingga buah dada dapat lebih terangkat.

Namun beberapa orang memilih tidak mengenakan bra saat tidur. Ada juga yang tidak memakainya ketika beraktivitas.

Bahkan setiap 13 Oktober diperingati sebagai Hari Tanpa Bra Sedunia. Para wanita diimbau agar tidak memakai bra selama satu hari sebagai simbol penyemangat bagi para penderita kanker payudara.

Tapi apakah payudara berisiko mengendur jika wanita tidak memakai bra?

" Itu enggak benar sih. Yang penting siangnya di-support pakai bra yang benar. Kalau misal mau olahraga pakai sport bra, jangan wired bra. Tapi sehari-hari tidak harus pakai bra kawat, yang penting bra bisa menopang dengan baik," ujar Fafa, Beauty Therapist Eva Beaute Center di Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 15 Oktober 2019.

1 dari 4 halaman

Cara Pakai Bra

 Bra

Menurut Fafa, payudara kendur disebabkan oleh usia dan perubahan bentuk tubuh yang ekstrem. Seperti kondisi pasca melahirkan dan menyusui serta diet ekstrem.

Pemakaian bra yang salah juga dapat menyebabkan pertumbuhan payudara tidak optimal. Pilih bra ukuran tepat dan pakai dengan cara yang dianjurkan.

" Ukuran huruf itu untuk cup, tapi kalau angka hanya menentukan lingkar badan. Saat memakai bra, angkat sedikit payudara dan lemak di sekitarnya. Pakai bra jangan terlalu ke bawah agar lebih menopang," jelasnya.

2 dari 4 halaman

Tanpa Suntik dan Operasi, Perawatan Ini Bantu Atasi Payudara Kendur

Dream - Payudara merupakan aset berharga seorang wanita. Meski merupakan bagian tertutup, banyak wanita berupaya menjaga kecantikan payudara mereka. Terutama agar tetap kencang dan tidak mengendur.

Payudara kendur banyak disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu yang paling berpengaruh adalah pertambahan usia, di mana kadar elastin dan kolagen pada kulit semakin menipis. Ligamen dinding dada juga semakin lemah seiring wanita menua.

" Perubahan tubuh yang drastis juga bisa membuat payudara kendur, seperti kondisi pasca melahirkan dan diet ketat," ujar Fafa, Beauty Therapist Eva Beaute Center di Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 15 Oktober 2019.

  Eva Beaute Center

Fafa, Beauty Therapist Eva Beaute Center 

Berbagai metode dilakukan demi mengencangkan payudara. Bahkan, tak sedikit wanita yang rela menempuh proses ekstrem seperti botox dan pasang implan demi memperbesar ukuran.

Metode itu cukup berisiko karena dilakukan dengan memasukkan benda asing ke dalam tubuh. Di lain sisi, pemakaian krim dan minyak payudara juga tidak memberi hasil nyata meski lebih aman.

  Eva Beaute Center

" Krim dan minyak bulus tidak benar-benar mengencangkan payudara, melainkan hanya memberi efek kulit lebih halus dan kecang," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Tanpa Operasi

Teknologi kini mampu memberikan harapan bagi wanita yang mengidamkan payudara indah tanpa operasi.

Treatment IPL (Intense Pulse Laser) merupakan metode breast lifting dengan cara memanfaatkan lemak payudara.

IPL membantu meregenerasi lemak-lemak untuk mengangkat payudara, sehingga terlihat lebih kencang, padat dan meningkatkan elastisitas kulit buah dada.

  Eva Beaute Center

" IPL merupakan cahaya hangat yang ditembakkan ke payudara. Suhu cahaya dapat diatur sesuai suhu tubuh, sehingga tidak memberi rasa sakit dan efek berbahaya setelah treatment," tutur Fafa.

  Eva Beaute Center

Metode ini terbilang jauh lebih aman dibandingkan prosedur bedah namun tetap memberi efek nyata.

Lingkar dada rata-rata meningkat 0,5 cm - 4 cm di pemakaian pertama. Hasilnya permanen, asalkan berat badan tetap dijaga.

" Efeknya berbeda pada setiap orang, tergantung pada jumlah payudara. Jika dilakukan 5-10 kali, lingkar dada semakin meningkat jadi 1,5 cm - 8 cm (1 cup)," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Bisa Dihindari

Seperti prosedur estetika pada umumnya, treatment IPL bisa memberi efek samping pada sebagain orang.

Payudara wanita yang berkulit putih biasanya akan terlihat kemerahan usai treatment. Beberapa orang juga bisa mengalami gatal.

" Kalau merah biasanya akan hilang sendiri. Jangan pakai produk body care dulu. Kalau gatal cukup dikompres dengan air dingin," imbuhnya.

  Eva Beaute Center

Efek itu bisa dihindari asalkan melakukan treatment di tempat yang tepat. Di Eva Beaute Center, Sahabat Dream wajib membaca form untuk memastikan kondisi tubuh layak melakukan IPL.

Wanita dengan kondisi khusus seperti sedang haid, hamil, menyusui, mengonsumsi pil kontrasepsi dan memiliki alergi tidak disarankan melakukan IPL.

Penderita kista serta wanita yang pernah melakukan operasi di bagian dada, pengangkatan ovarium, suntik dan implan juga dilarang mengikuti treatment ini.

" Tujuannya untuk menghindari masalah hormon," kata Fafa.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan