Tips Memandikan Kucing bagi Pemula: Dibutuhkan Kesabaran dan Ketelatenan

Reporter : Zaki
Minggu, 1 November 2020 07:00
Tips Memandikan Kucing bagi Pemula: Dibutuhkan Kesabaran dan Ketelatenan
Simak tipsnya yuk!

Bukan sekadar hewan peliharaan, lebih dari itu ternyata kucing pintar banget buat bikin suasana rumah lebih ceria. Tentunya itu semua berkat tingkah laku yang lucu dan menggemaskan. Selain perawatan harian seperti memberi makanan bergizi, menyisir, menjemur, kucing kesayangan perlu juga buat diberi treatment mingguan lain yaitu mandi. Susah-susah  gampang memang buat memandikan kucing, tapi kalau berhasil si kucing akan terlihat bersih dan kesehatannya juga terus terjaga. Buat yang baru punya kucing peliharaan dan ingin memandikannya, perhatikan tips-tips berikut yuk!

1 dari 3 halaman

Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

© instagram.com / muezza feed

Sebelum memandikan kucing kesayangan, pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan peralatan. Beberapa yang diperlukan seperti sekaleng air hangat, sampo khusus kucing, dan handuk. Perlu diketahui, memandikan kucing wajib pakai shampoo khusus kucing ya karena kandungannya dibuat untuk membersihkan tubuh dan bulu kucing secara keseluruhan.

2 dari 3 halaman

Proses Memandikan Kucing Kesayangan

© shutterstock

Setelah itu baru menginjak ke proses memandikan. Pertama-tama basahi tubuh kucing secara keseluruhan. Guyur secara perlahan tapi hindari mengguyur bagian wajah ya, cukup dibilas saja. Setelah merata, usapkan sampo dan gosok perlahan pada tubuh kucing. Biar lebih mudah, akan lebih baik kalau kamu meletakkan si kucing di dalam kaleng yang berukuran lebih besar dari ukuran tubuhnya supaya ada ruang untuk dia bergerak. Saat menggosok tubuh kucing, pastikan menjangkau bagian tersusah ya, seperti belakang telinga contohnya.

© instagram.com / muezza.feed

Jika proses ini sudah selesai, selanjutnya adalah membilas sampai benar benar bersih. Jangan sampai ada sisa sabun karena bisa menyebabkan bulu kucing jadi jusut. Setelah itu keringkan dengan handuk kering hingga tubuh kucing setengah kering. Setelah itu baru hair dryer perlahan dan merata. Perlu diketahui, biasanya kucing belum terbiasa dengan suara denging hair dryer, jadi bersiap melawan pemberontakannya dengan memegang kencang-kencang. Pastikan hair dryer menjangkau bagian sulit ya, seperti belakang telinga dan telapak kaki-tangan. Kalau sudah betul-betul kering baru semprotkan parfum.

3 dari 3 halaman

Jangan Lupa Kasih ‘Apresiasi’ buat Si Kucing Kesayangan

© shutterstock

Harus diketahui kalau mandi merupakan salah satu fase yang sering bikin kucing stres. Coba perhatikan, kalau setelah mandi dia menjilat-jilat bagian depan, itu tandanya dia sedang melawan stres setelah dimandikan. Untuk membantunya melawan stres, kasih apresiasi berupa makanan favoritnya yuk! Jangan sembarangan ya, pilihan makanan yang tepat bakal membantunya mengusir stres sekaligus kembali menguatkan imun.

© instagram.com / muezza.feed

Kucing kesayangan membutuhkan asupan nutrisi dari makanan yang mengandung gizi seimbang seperti Muezza. Cat food berkualitas ini memang dibuat dengan beragam nutrisi, seperti protein, asam lemak omega 3, vitamin hingga mineral. Bila dikonsumsi setiap hari, dry food ini bisa bantu melembutkan bulu kucing, menguatkan gigi dan tulangnya, sekaligus meningkatkan imun.

Muezza juga tersedia dalam berbagai variasi rasa, di antaranya Mackarel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Menariknya lagi, Cat Food yang satu ini juga sudah bersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Jadi pemiliknya bisa lebih tenang saat menyentuh kucing kesayangan.

Yuk segera berikan asupan nutrisi terbaik bagi kucing kesayangan dengan membelikannya Muezza.

Beli Muezza di Shopee 

Beli Muezza di Tokopedia 

Beri Komentar