Warna-warni Busana Syar'i Ramaikan Trunk Show 'Optimistic'

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 26 November 2020 17:33
Warna-warni Busana Syar'i Ramaikan Trunk Show 'Optimistic'
Tren busana syar'i yang semakin modis dan kekinian membuatnya digemari banyak muslimah.

Dream - Fashion syar'i berkembang pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran muslimah dalam berpakaian sesuai syariat Islam. Busana syar'i juga dikemas semakin menarik tanpa menghilangkan sisi kesantunan.

Dua brand fashion syar'i, Kursein Karzai dan Wwiek Muslimah memperkenalkan koleksi terbaru mereka di acara Trunk Show 'Optimistic' belum lama ini.

Kursein Karzai dan Wwiek Muslimah© Foto: Trunk Show 'Optimistic'

Sesuai tema yang diangkat, seluruh koleksi ditampilkan untuk membangkitkan optimisme menutup akhir tahun dan menyambut tahun baru di masa pandemi bagi para muslimah Indonesia.

Wwiek Muslimah mempersembahkan koleksi bertajuk 'Beauty Splash' yang terdiri dari 10 set busana syar'i nan anggun. Kombinasi bahan ringan dan warna lembut seperti baby pink, hijau olive dan baby blue menjadikan koleksi ini terlihat elegan namun terkesan fresh.

1 dari 5 halaman

Permainan Warna dan Motif

Tak kalah menarik, Kursien Karzai turut memberikan koleksi busana syar'i yang kaya motif. Desainer kelahiran Cilacap itu melakukan eksplorasi motif cetak dan signature logo yang eksklusif serta ornamen seperti permainan layer dan detail lipit.

Kursien Karzai© Foto: Kursien Karzai

Motifnya dicetak di atas kain sifon ringan dan bertekstur lembut yang menciptakan kesan elegan sekaligus simpel. Koleksi yang terdiri dari 7 set outfit syar'i deluxe ini memadukan warna yang lebih kontras seperti merah, hijau emerald, navy blue dan teracotta.

Kursien Karzai© Foto: Kursien Karzai

Kursien Karzai turut menampilkan koleksi Vendre Hijab yang terdiri dari 6 busana syar'i berwarna lembut dengan gaya lebih kasual.

" Dengan berkiprah dan terus berkarya di industri busana syar'i, saya berharap dapat memperkaya style busana syar'i di Indonesia sehingga dapat berkembang lebih pesat. Tentu dengan tidak melupakan budaya bangsa yang menjadi identitas kita sebagai inspirasi dalam berkreasi," tutur Kursien dalam rilisnya, Kamis 26 November 2020.

2 dari 5 halaman

Disiarkan Lewat TikTok, JFW 2021 Hadirkan 'Tribute to Barli Asmara'

Dream - Jakarta Fashion Week (JFW) kembali dihelat pada 26 hingga 29 November 2020. Gelaran tahun ini menghadirkan pertunjukan spesial bertajuk 'Tribute to Barli Asmara' untuk mengenang desainer kenamaan yang wafat pada pada 27 Agustus 2020.

Di tahun-tahun sebelumnya, desainer kelahiran 3 Maret 1978 itu kerap meramaikan panggung mode JFW dengan karya-karya bernuansa klasik.

" Semasa hidupnya, Barli adalah desainer yang banyak menghasilkan karya-karya indah sehingga beliau patut diberikan penghargaan," ucap Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week, di Jakarta, Kamis 19 November 2020.

Beradaptasi dengan gaya hidup baru di tengah pandemi, JFW tahun ini hadir dengan konsep berbeda. Proses produksi JFW 2021 dilakukan di Senayan City, Jakarta Pusat, dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Seluruh rangkaian acara disiarkan secara virtual melalui platform digital, seperti live stream melalui microsite JFW.TV, kanal media sosial resmi dan platform digital para partner.

3 dari 5 halaman

Disiarkan Lewat TikTok

Jakarta Fashion Week 2021 juga menjadi perhelatan mode pertama di Indonesia yang disiarkan secara live melalui TikTok. Acara kali ini mengusung kampanye 'Inspiring Creativism', sebagai cerminan bahwa situasi pandemi tak menjadi halangan para pelaku mode dalam berkarya.

" Kita dapat mengubah pandemi menjadi momen penuh harapan. Di dalamnya ada tantangan untuk menciptakan berbagai inovasi baru, rasa semangat, kebersamaan dan kepedulian yang lebih kuat dibandingkan masa-masa sebelumnya," tutur Svida Alisjahbana, CEO GCM Group.

Barli Asmara di JFW 2019© (http://www.dream.co.id/Daniel Kampua)

Sebanyak 61 desainer dan label fashion akan memamerkan koleksi terbaru mereka di panggung runway. Mereka di antaranya Rinaldy Yunardi (Refounders), Wilsen Willim, Tities Saputra, KAMI, Jenahara, Rani Hatta (Hattaco), Restu Anggraeni (ETU), dan masih banyak lagi.

Gelaran ini turut dimeriahkan dengan kehadiran ratu-ratu kecantikan, yaitu Rr. Ayu Maulida Putri (Puteri Indonesia 2020), Putu Ayu Saraswati (Puteri Indonesia Lingkungan 2020), Jihane Almira Chedid (Puteri Indonesia Pariwisata 2020) dan para JFW 2021 Icons.

4 dari 5 halaman

Angkat Tema Anak, Jember Fashion Carnaval Digelar Daring

Dream - Perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC) akan digelar 22 November 2020. Mengusung tema 'World Kids Carnaval', acara dihadirkan secara virtual.

Sebanyak 12 negara dari lima benua dipastikan akan mengikuti gelaran ini, di antaranya Hungaria, Kanada, Bosnia, Serbia, Australia, dan sejumlah negara di Afrika.

Tema anak-anak diharapkan dapat menjadi penyemangat untuk tetap berkarya di masa pandemi dengan mengedepankan protokol kesehatan dan persaudaraan dari seluruh bangsa di dunia.

" Ini akan menjadi sebuah lompatan baru, di mana anak tidak hanya menjadi generasi penerus bangsa melainkan juga pemersatu perdamaian dunia," tutur Arik Hariyono, Chairman of Jember Fashion Carnaval, dalam jumpa pers virtual, Kamis 19 November 2020.

5 dari 5 halaman

Antusias Menyambut Parade Kostum

Menurut Arik, pandemi Covid-19 saat ini tak menyurutkan semangat para peserta Jember Fashion Carnival. Banyak negara berlomba-lomba menghadirkan peserta.

Benua Afrika yang semula tak memiliki perwakilan kini sudah menghadirkan tiga sekaligus, yaitu Pretoria, Senegal dan Nigeria.

Jember Fashion Carnaval© Foto: Instagram @jemberfashioncarnaval

JFC 2020 nantinya akan melibatkan ratusan anak-anak yang melakukan parade dengan kostum unik. Antusiasme masyarakat terhadap parade kostum juga disaksikan oleh Puteri Indonesia dan Miss Universe 2019, Frederika Alexis Cull.

Dara 21 tahun itu mengenang momen ketika melenggang di runway JFC 2019. Kala itu, Frederika tampil memakai kostum Cenderawasih (Birds of Paradise) yang sangat megah.

" Sangat memorable karena itu pertama kalinya aku memakai kostum nasional yang pernah dipajang di Miss Universe. Kostumnya sangat detail, menggunakan feathers dan aksesori burung yang bisa bergerak," kata Frederika.

Frederika Alexis Cull© Foto: Instagram @frederikacull

JFC 2020 akan ditayangkan secara virtual dan dimeriahkan oleh penampilan dari para selebriti. Mereka di antaranya Cinta Laura, Angel Pieters, Naura, Arsy Hermansyah dan Andien, yang akan di pandu oleh MC Okky Lukman.

Beri Komentar