Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Fakta Unik Google yang Tak Semua Orang Tahu

10 Fakta Unik Google yang Tak Semua Orang Tahu Kantor Google

Dream - Semua pengguna Internet pasti sudah mengenal Google. Perusahaan yang awalnya hanya sebuah proyek riset Ph.D. di Standford University pada tahun 1995 ini kini telah berkembang menjadi raksasa digital dengan pendapatan US$ 367 miliar.

Tidak puas dengan hanya memberikan apa yang dicari orang di Internet, perusahaan berkantor pusat di Mountain View, California ini menggurita dengan melakukan banyak inovasi, termasuk membangun jaringan Internet tercepat di muka Bumi, menciptakan mobil tanpa pengemudi, dan sebagainya.

Namun perjalanan Google ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Untuk memperoleh pencapaian seperti sekarang ini, Google telah melalui banyak trial dan error serta sejarah yang panjang.

Berikut ini 11 fakta mengejutkan tentang Google, seperti dikutip dari Enterpreneur, Rabu, 27 Mei 2015:

Pendiri Google Bertemu Secara Kebetulan

Sergey Brin dan Lawrence 'Larry' Page, keduanya adalah pendiri Google. Page yang waktu itu masih berusia 22 tahun baru saja lulus dari jurusan Teknik Komputer University of Michigan dan berniat mengambil S3 di Standford University. Sementara Brin, yang lebih muda satu tahun dari Page, telah terdaftar sebagai calon Doktor di kampus tersebut dan ditugaskan mengenalkan kampus Standford kepada Page. Perkenalan tersebut terjadi pada tahun 1995 dan di tahun itulah momen bersejarah terjadi.

Google Awalnya Bernama BackRub

Di tahun 1996, Page dan Brin berkolaborasi menciptakan teknologi yang akhirnya dikenal sebagai 'web crawler'. Konsep aneh itu mereka namakan BackRub. Mesin pencari tersebut terhubung ke laman muka dari website Brin dan Page yang berada di server Stanford selama lebih dari satu tahun. Sayangnya, BackRub ini menggunakan terlalu banyak bandwidth.

Google Plesetan dari Googol

Pada tanggal 15 September 1997, Page dan Brin mendaftarkan nama domain proyek mereka itu sebagai Google. Nama ini adalah plesetan dari Googol, sebuah perhitungan matematika angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Namun banyak yang bertanya-tanya apakah nama Google itu hanya salah ketik dari Googol atau memang sengaja dibuat seperti itu. Nama Googol seakan memberikan gambaran bahwa mesin pencari ciptaan keduanya mampu menyediakan data pencarian tak terbatas.

Doodle Pertama Google Tokoh Burning Man Stick

Salah satu hasil inovatif yang dibuat Page dan Brin adalah  desain doodle yang mereka ciptakan pertama kali pada Agustus 1998. Logo unik ini biasa diciptakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Nah, logo Doodle Google pertama diambil dari sebuah festival bernama Burning Man.

Kantor Pertama Google di Garasi

Mulai September 1998, kantor pertama Google adalah garasi di rumah Susan Wojcicki di Santa Margarita Ave., Menlo Park, California. Selain menjadi pegawai nomor 16, Wojcicki juga menjadi manajer pemasaran pertama untuk Google. Kini, Wojcicki menjabat sebagai CEO YouTube.

Mantan Katering Grateful Dead Adalah Koki Pertama Google

Di tahun 1999, koki Charlie Ayers memenangkan lomba memasak yang jurinya adalah pegawai Google yang saat ini masih 40 orang. Ayers awalnya memasak untuk grup band Grateful Dead dengan harapan bisa menonton konser mereka secara gratis. Namun Ayers kemudian menawarkan diri ke Jam Band. Di Google, Ayers memasak 4.000 makan siang dan makan malam di 10 kafe yang tersedia di Mountain View, California.

Google New York Diresmikan di Starbuck

Di tahun 2000, Google secara tidak resmi meluncurkan tim New York di sebuah Starbuck yang terletak di 86th Street, New York City. Saat itu tim New York hanya punya satu orang sales. Kini, ribuan 'NYooglers' memenuhi gedung kantor New York 111 Eighth Avenue seluas 270,000 m2 setiap paginya.

Gmail Diluncurkan Saat April Mop

Ini bukan lelucon. Gmail benar-benar diluncurkan pada 1 April 2004, di saat sebagian besar warga dunia biasa membuat informasi palsu untuk mengerjai orang lain. Namun Google tetap ikut merayakan April Mop dengan meluncurkan Google Gulp. Seiring waktu Anda pasti sudah tahu, mana yang berita asli dan yang palsu.

Pegawai Google Bebas Memakai Sepeda Warna-warni di Googleplex

Kompleks Google atau Googleplex yang dilengkapi dengan sepeda warna-warni diluncurkan pada tahun 2007. Dengan program tersebut, para pegawai Google bebas menggunakan sepeda yang disediakan sebagai sarana transportasi di internal kompleks. Menariknya, sepeda-sepeda tersebut tidak dikunci dan pegawai Google dapat dengan mudah menggunakan sepeda mana pun yang paling dekat dengannya. Kini sudah ada lebih dari 1,000 Googlers yang bersepeda di lingkungan kompleks Google.

Negosiasi Akuisisi YouTube Dilakukan di Resto Mozzarella Stick

Steven Chen, salah satu pendiri YouTube, menolak pertemuan di kantor saat Google akan melakukan penawaran akuisisi. "Jadi kami berpikir tempat pertemuan yang tidak terlalu formal?," kata Chen. Dan ternyata pilihan jatuh ke Denny's, sebuah resto mozzarella stick di Palo Alto, California. Akhirnya, akuisisi resmi dilakukan pada 2006. Google rela menggelontorkan US$ 1,65 miliar demi sebuah platform yang belakangan menjadi tempat sharing video terbesar di jagat maya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Fakta Menarik Capung, Hewan yang Lebih Tua dari Dinosaurus dan Pemburu Andal

10 Fakta Menarik Capung, Hewan yang Lebih Tua dari Dinosaurus dan Pemburu Andal

Jelajahi beberapa informasi menarik mengenai serangga terbang ini, yang rupanya telah muncul sebelum zaman dinosaurus!

Baca Selengkapnya
7 Tanaman dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia

7 Tanaman dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia

Fakta unik dari tanaman adalah ketika beberapa dari mereka memiliki kemampuan tumbuh yang sangat cepat. Yuk, simak daftar tanaman dengan pertumbuhan tercepat!

Baca Selengkapnya
Fakta Menarik Jepang, Ternyata Punya 72 Musim Setiap Tahun

Fakta Menarik Jepang, Ternyata Punya 72 Musim Setiap Tahun

Jepang ternyata memiliki 72 musim setiap tahunnya. Yuk, simak fakta tentang 72 musim di Jepang ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Fakta Menarik Kadal Basilisk, Hewan yang Mampu Berenang dan Berlari di Atas Air

Fakta Menarik Kadal Basilisk, Hewan yang Mampu Berenang dan Berlari di Atas Air

Inilah fakta-fakta menarik kadal basilik, hewan yang dapat berenang dan berlari di air.

Baca Selengkapnya
10 Nama Unik Orang Indonesia yang Sudah Terungkap Sampai Saat Ini, Penasaran Idenya Darimana?

10 Nama Unik Orang Indonesia yang Sudah Terungkap Sampai Saat Ini, Penasaran Idenya Darimana?

Saat mendengar namanya, kamu bisa geleng-geleng kepala karena heran ada orang dengan nama seperti itu.

Baca Selengkapnya
Dapatkah Ayam Melihat dalam Gelap? Ini Kata Penelitian

Dapatkah Ayam Melihat dalam Gelap? Ini Kata Penelitian

Apakah ayam memiliki kemampuan melihat pada malam hari? Berikut beberapa fakta menarik terkait daya penglihatan ayam!

Baca Selengkapnya
Fakta Terbaru, Burung Kolibri Ternyata Adalah Golongan Dinosaurus!

Fakta Terbaru, Burung Kolibri Ternyata Adalah Golongan Dinosaurus!

Burung Kolibri merupakan salah satu jenis dinosaurus terkecil.

Baca Selengkapnya