3 Destinasi Wisata Makassar `Menanti` Pelancong

Reporter : Irma Indriani
Jumat, 16 Januari 2015 09:42
3 Destinasi Wisata Makassar `Menanti` Pelancong
Makassar, kota pantai yang namanya sudah tersohor ke mancanegara menyimpan banyak destinasi wisata yang unik dan menarik.

Dream - Makassar, kota pantai yang namanya sudah tersohor ke mancanegara menyimpan banyak destinasi wisata yang unik dan menarik. Tak hanya Pantai Losari dan Benteng Rotterdam yang menjadi daya tarik utama kota ini. Selusin lokasi tujuan wisata menanti para pelancong. 

Harga tiket pesawat sudah tak bisa dijadikan alasan untuk tak mengunjungi kota yang dahulu bernama Ujung Pandang ini. Banyak Travel agent lokal yang menawarkan harga spesial Citilink dan promo Lion Air.

Semakin kompetitifnya industri e-commerce Indonesia membuat harga menjadi sangat bersaing.

Selain ke Pantai Losari dan Benteng Rotterdam, berikut daftar 3 tempat wisata menarik di Makassar:

1. Chinatown
Ada Chinatown di Makassar? Mungkin tak banyak yang mengetahui bahwa di Makassar juga terdapat daerah pecinan atau Chinatown yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata. Kawasan seluas 44 hektar ini sangat mudah ditemukan. Lokasinya berada tak jauh dari Pantai Losari dan ditandai dengan gerbang masuk khas arsitektur Tionghoa berwarna merah.

Apa yang menarik dari Chinatown di Makassar ini? Chinatown ini merupakan sebuah perkampungan kuno dan penduduknya merupakan keturunan dari para pedagang Tionghoa pada abad ke-16 yang bermigrasi ke Makassar.

Kawasan ini cocok untuk Anda yang menyukai fotografi karena terdapat banyak bangunan tua dengan arsitektur khas Tionghoa, salah satunya adalah Klenteng Ibu Agung Bahari. Di sini, Anda juga bisa menikmati kuliner khas Negeri Tirai Bambu.

Salah satu yang menarik adalah berkunjung ke pasar pecinan. Pasar tradisional yang terletak di Jalan Bacan ini buka setiap hari mulai pukul 05:00 sampai 12:00. Di luar jam tersebut, Jalan Bacan berfungsi sebagai jalan biasa.

2. Pelabuhan Rakyat Paotere
Lupakan dulu Pantai Losari. Makassar punya Pelabuhan Rakyat Paotere yang tak kalah menarik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik dengan latar barisan kapal nelayan. Tak hanya pemandangan matahari terbenam, Anda juga bisa menyaksikan kegiatan nelayan setempat.

Di kawasan pelabuhan ini terdapat pasar nelayan atau yang biasa disebut dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pada pagi hari, pasar ini sangat ramai dengan pembeli yang berdatangan untuk memilih ikan segar dan ikan yang telah diasinkan. Jika Anda tak tertarik membeli ikan mentah, coba mampir ke tempat makan di sekitar pelabuhan yang menyajikan berbagai macam olahan ikan lezat.

Pelabuhan Rakyat Paotere yang berjarak sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota ini merupakan bagian dari sejarah Makassar. Pelabuhan ini dulunya merupakan pelabuhan besar di bawah kepemimpinan Raja Gowa-Talo. Pada abad ke-14, pelabuhan ini menjadi lokasi diberangkatkannya 200 Kapal Pinisi ke Malaka untuk membantu mengusir penjajah.

3. Jalan Somba Opu
Berlibur tak lengkap jika belum berburu oleh-oleh khas kota tujuan. Jika Yogyakarta populer dengan kawasan Jalan Malioboro, maka Makassar memiliki pusat oleh-oleh yang tak kalah lengkap dan menarik, namanya Jalan Somba Opu.

Jalan Somba Opu merupakan pusat oleh-oleh terbesar di Makassar. Beragam kerajinan yang khas dapat Anda temukan di sini seperti kain tenun sutra khas Makassar dan perahu pinisi dalam botol berbagai ukuran.

Oleh-oleh yang paling banyak diburu wisatawan yang datang ke sini adalah minyak tawon dalam botol. Terdapat dua jenis minyak tawon dengan kualitas berbeda yang ditandai dengan tutup botol berwarna putih dan merah. Minyak dengan tutup botol putih harganya lebih mahal karena kualitasnya lebih bagus, Anda bisa membuktikannya dengan mengoleskannya sedikit ke kulit. Minyak tawon yang berkualitas bagus akan menimbulkan sensasi lebih panas di kulit.

Selain minyak tawon, kopi Toraja juga bisa dijadikan oleh-oleh. Kopi bubuk ini dikemas dalam berbagai ukuran. Jika ingin membeli yang masih berbentuk biji, datang saja ke Toko Kopi Setia yang terletak di Jalan Wahidin Sudirohusodo 181, sekitar 2 km dari Jalan Somba Opu. Toko ini juga menyediakan jasa pengiriman kopi ke berbagai kota. Jalan-jalan ke Makassar, yuk!  (Ism, Sumber: Kapanlagi.com)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan