4 Wilayah Terbang Paling Ditakuti Para Pilot

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 31 Oktober 2018 15:01
4 Wilayah Terbang Paling Ditakuti Para Pilot
Selain risiko kecelakaan, ada wilayah di beberapa negara-negara lain yang tak boleh dilintasi oleh pesawat, dimana saja?

Dream - Meski pesawat dapat terbang melintasi apapun, namun pada kenyataannya tidak semua wilayah boleh dilewati pesawat loh.

Setiap penerbangan memiliki rutenya masing-masing. Jadi enggak bisa asal terbang terus sampai begitu saja.

Hal itu dikarenakan adanya larangan tertentu, seperti wilayah konflik misalnya.

Demi keselamatan penerbangan, pesawat tak di izinkan melewati daerah konflik karena ditakutkan menjadi sasaran tembak.

Atau juga daerah rawan badai atau hujan deras. Seperti Asia Tengah, yang juga dihindari karena dapat menyebabkan turbulensi yang parah.

Tak cuma itu saja, ada wilayah di beberapa negara-negara lain yang tak boleh dilintasi oleh pesawat. Inilah negara-negara tersebut:

1 dari 2 halaman

Afrika dan Rusia

1. Afrika

 Afrika

Dilihat dari data Asosiasi Penerbangan Udara Internasional (IATA), ternyata daerah Afrika merupakan daerah yang paling rawan dilintasi pesawat.

Hal itu disebabkan karena tingginya akngka kecelakaan di wilayah itu, yakni sebanyak 6,83 per 1 juta penerbangan pada 2009 hingga 2013. Ini merupakan angka tertinggi di dunia.

2. Rusia

 Rusia

Penerbangan pesawat dilarang melintasi negara Rusia. Kebijakan pemerintah Rusia memang bukan tanpa alasan, menurut data IATA, angka kecelakaan di Eropa sebanyak 0,24 per 1 juta penerbangan.

Korban pesawat yang melintasi negara ini adalah Malaysia Airlines MH17. Maskapai tersebut jatuh saat memasuki wilayah udara Ukraina.

2 dari 2 halaman

Inggris dan Amerika

3. Inggris

 Inggris

Ada beberapa wilayah di Inggris yang dilarang keras dilewati pesawat, salah satunya yakni wilayah Buckingham Palace di London. Alasannya, karena bangunan itu sangat penting bagi warga London.

Selain Buckingham Palace, Kastil Windsor, Downing Street dan Gedung Parlemen juga dilarang dilintasi karena alasan keamanan.

4. Amerika

 Amerika

Wilayah di AS yang dilarang dilintasi pesawat adalah Merrit Island. Pesawat dilarang melintasi wilayah ini sejauh 5000 kaki di atasnya.

Merrit Island merupakan markas Kennedy Space Center milik Nasa. Jadi, jika saat peluncuran roket, tak ada pemberitahuan sebelumnya. Dan itu mengancam penerbangan biasa.

(Merdeka.com)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone