Kenapa Belum Ada Korban Lion Air JT610 yang Teridentifikasi?

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 31 Oktober 2018 13:02
Kenapa Belum Ada Korban Lion Air JT610 yang Teridentifikasi?
Padahal, ada kesamaan ciri yang disampaikan keluarga dengan bagian organ tubuh yang ditemukan.

Dream - Rekonsiliasi yang dilakukan tim Disaster Victim Identification (DVI) Selasa sore, 30 Oktober 2018 sempat berdiskusi panas.
 
Kondisi itu lantaran adanya kesamaan ciri yang disampaikan keluarga dengan bagian organ tubuh yang ditemukan. 
 
Kepala RS Polri, Kombes Pol Musyafak mengatakan, hasil rontgen yang dilakukan menunjukkan organ tubuh itu diperkirakan bagian dari anak berusia 3-4 tahun dan dua bayi. 
 
“ Rekonsiliasi juga sudah, tapi belum ada satu pun yang teridentifikasi. Meskipun sudah ada masukan dan kurang lebih ada tiga korban dalam pembicaraan yang ketat dari aspek pemeriksaan tanda medis ada tato, kemudian didapatkan korban yang berumur 3-4 tahun dan dua bayi,” ujar Musyafak di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Rabu, 31 Oktober 2018.
 
Untuk memastikan organ tubuh itu, tim DVI akan melakukan pencocokan DNA yang telah diberikan pihak keluarga. Alasan itu yang juga menjadi salah satu alasan sampai saat ini pihak RS Polri belum berhasil mengidentifikasikan satu jenazah pun.
 
Sampai dengan pagi ini sudah 191 data antemortem yang diberikan keluarga ke RS Polri. Sementara itu, dari jumlah tersebut, 147 keluarga telah diambel sampel DNA-nya.
 
Musyafak meminta agar orang tua atau anak korban segera menyerahkan sampel DNA agar proses identifikasi dapat berjalan lebih cepat. 
 
Hingga berita ini dibuat, sebanyak 48 kantong jenazah sudah dikirimkan ke RS Polri. Di luar jumlah itu, terdapat empat kantong berisi material korban juga telah berada di ruang post mortem RS. Polri.
 
“ Tadi malem 24 kantong jenazah, jadi ada 48 di post mortem kita,” ucapnya.
 
Musyafak mengatakan, 24 kantong jenazah yang datang di hari kedua ini,  akan diidentifikasi hari ini.
 
“ Yang baru dikirim tadi malem sampai saat ini masih di kamar pendingin, pagi ini akan dilaksanakan pemeriksaan,”  ujar dia. (ism)
 
 

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Ayu Tingting, Kisah Masa Kecil dan Resiko Jadi Populer