Bocoran Rekaman Percakapan Pilot Lion Air JT610 Sebelum Jatuh

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 31 Oktober 2018 13:20
Bocoran Rekaman Percakapan Pilot Lion Air JT610 Sebelum Jatuh
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mendapatkan rekaman percakapan antara pilot Lion Air JT610 dengan petugas AirNav.

Dream - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mendapatkan rekaman percakapan antara pilot Lion Air JT610 dengan petugas AirNav, sebelum pesawat itu jatuh ke perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Salah satu isi percakapan adalah permintaan pilot Bhavye Suneja yang meminta izin untuk return to base atau kembali mendarat ke Bandara Soekarno-Hatta. Namun, detail percakapan itu belum bisa disampaikan ke publik.

“ Saat ini belum bisa kami sampaikan karena kami harus cocokkan apa yang terjadi di lapangan dengan apa yang terjadi di rekaman,” Wakil Ketua KNKT, Haryo Satmiko, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 31 Oktober 2018.

Haryo tak menyebut apa saja yang ditemukan dalam rekaman percakapan tersebut. Sebab, masih melakukan verifikasi. KNKT, kata dia, juga masih menunggu analisis black box atau kotak hitam yang merekam data penerbangan Lion Air JT610. Rekaman suara dan data black box harus dicocokkan.

Sementara, penyelidik KNKT, Ony Suryo Wibowo, mengatakan bahwa dalam percakapan tersebut, tidak ada alasan pilot Lion Air meminta kembali mendarat ke Soekarno-Hatta. Dia pun tak menjelaskan dengan detail percakapan sesaat sebelum JT610 hilang kontak.

“ Jadi untuk detail kami belum bisa menyampaikan ke masyarakat, kami akan mencocokkan data dengan yang lain,” kata Ony.(Sah)

2 dari 5 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim