5 Karakter Pahlawan Super yang Tak Dibuat Stan Lee

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 13 November 2018 14:00
5 Karakter Pahlawan Super yang Tak Dibuat Stan Lee
Dikenal sebagai pembuat serial komik, beberapa penulis dan komikus melengkapi kisah yang dibuat Stanley.

Dream - Pembuat beberapa karakter pahlawan dari Marvel Universe, Stanley Lieber atau Stan Lee, meninggal dunia di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, Amerika Serikat Senin, 12 November 2018. Stan Lee meninggal karena pneumonia.

Kabar meninggalnya Stan Lee memunculkan duka bagi penggemar karakter-karakter pahlawan super Marvel Universe. Sosok Stan Lee dianggap telah membawa imajinasi anak-anak hingga orang dewasa ke tingkatan yang lain.

Menengok ke belakang, Stan Lee menciptakan beberapa karakter ikonik Marvel, di antaranya Fantastic Four, Spiderman, dan Hulk.

Tetapi, tak banyak yang tahu, Stan Lee bukanlah sosok tunggal di `pabrik` pahlawan super Marvel Universe. Ada beberapa tokoh pahlawan super yang tak diciptakan Stan Lee.

Dukutip dari Looper, Selasa 13 November 2018, berikut ini lima tokoh pahlawan super yang tak diciptakan Stan Lee.

1. Captain America

 Captain America

Captain America disebut juga sebagai Avenger pertama. Tokoh ini diciptakan oleh Joe Simon dan Jack Kirby. Sementara, Stan Lee saat itu masih menjadi asisten dua komikus itu.

" Saya berjalan turun dan membelikan mereka makan siang, saya mengoreksi, saya menghapus pensil dari halaman yang telah selesai mereka buat," kata Lee.

Simon dan Kirby membuat Captain Amerika karena menangkap kegairahan pada pahlawan super pasca munculnya Superman, yang dikenalkan oleh DC Comics.

" Kami berdua membaca koran. Kami tahu apa yang sedang terjadi di Eropa," kata Simon.

Sampul pertama pun muncul. Gambar depan memperlihatkan Captain America memukul wajah Hitler.

1 dari 2 halaman

Wolverine dan Venom

2. Wolverine

 Wolverine

Salah satu tokoh inti dalam komik X-Men yaitu Wolverine. Pada 1963, Jack Kirby dan Stan Lee meluncurkan komik manusia mutan X-Men.

Mereka memperkenalkan tokoh-tokoh di antaranya, Profesor Charles Xavier (Profesor X), Cyclops, Iceman, beast, angel, Marvel Girl, serta Magneto.

Serial komik ini ternyata tak laris. Setelah 66 terbitan, pada 1960 resmi dihentikan.

Datanglah Len Wein, John Romita, dan Herb Trimpe, yang mengenalkan tokoh Wolverine pada 1974. Tokoh ini muncul karena pemimpin redaksi Marvel kala itu, Roy Thomas, menantang peluncuran tokoh baru.

" Saya ingin menggambarkannya dengan akses Kanada. Saya punya nama. Namanya Wolverine," kata Wein.

3. Venom

 `Spiderman berkostum hitam`

Semua orang di redaksi Marvel punya hubungan dengan penciptaan sosok Venom, lawan Spiderman, kecuali Stan Lee. Ide awal kemunculan Venom yaitu ketika seorang penggemar komik Spiderman, Randi Schueller mengirimkan ide ke Marvel tentang Peter Parker berkostum siluman serba hitam.

Pemimpin editor Marvel, Jim Shooter, menyukai ide itu. Dia membayar Shueller US$220 untuk hak cipta. Konsep Spiderman berkostum hitam ini akhirnya sempat menjadi tarik ulur para seniman Marvel.

Konsep dan karakter Venom kemudian muncul pada edisi 300 Amazing Spiderman. Seri ini ditangani penulis skenario Michelinie dan kartunis Todd McFarlane.

2 dari 2 halaman

Antman dan Elektra Natchios

4. Antman

 Manusia Semut

Versi perdana Antman muncul dengan nama Hank Pym. Stan Lee, Larry Lieber, dan Jack Kirby memunculkan karakter ini pada serial Tales to Astonish edisi 27 dan muncul kembali sebagai sosok superhero pada Tales to Astonish edisi 35.

Karakter Pym dan the Wasp, kekasihnya, tak pernah menjadi pahlawan super tunggal. Mereka tergabung dalam Avenger.

Tetapi, dalam perjalanan cerita, Pym diceritakan memiliki sisi buruk karena menciptakan Ultron, robot pembunuh, dalam The Avengers edisi 50 dan 60, dan sempat terjerat kasus KDRT, sehingga dikeluarkan dari Avengers.

Karakter Antman kemudian dipulihkan Bob Layton dan David Michelinie. Di tangan mereka, muncul sosok mantan narapidana dan ayah tunggal bernama Scott Lang. Sosok ini kemudian mencuri setelan Antman untuk memerangi kejahatan.

5. Elektra Natchios

 Eletra

Stan Lee dan Bill Everett menciptakan Daredevil pada 1964. Tetapi, sosok Matt Murdock, nama asli Daredavil, tak dapat terlihat.

Awal kemunculan tokoh pahlawan super tunanetra ini sebagai pengacau Spiderman. Musuh utama Daredavil yaitu penjahat gaib semisal Matador dan Stiltman.

Konsep Daredevil yang belum baik kemudian jatuh di tangan seniman Frank Miller. Dia memunculkan kisah baru pada Daredevil pada komik Daredevil edisi 168. Di sanalah sosok mantan kekasih Murdock, Elektra Natchios muncul.

Sosok Elektra dibuat berdasarkan kisah di dunia nyata dan imajinatif, korban teroris dan seorang pembunuh bayaran yang terlatih. Karakter Elektra tewas setelah 13 terbitan Daredevil.

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting