100 Beasiswa S2 dan S3 Khusus Santri

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 13 November 2018 13:00
100 Beasiswa S2 dan S3 Khusus Santri
Sejarah baru untuk dunia pesantren.

Dream - Kabar gembira untuk para santri yang baru lulus kuliah strata satu. Sebab, ada seratus beasiswa khusus santri untuk program S2 dan S3 untuk kalian dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Beasiswa ini merupakan kerja sama LPDP dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dan Kementerian Agama.

" Ini sejarah baru untuk mendapat peluang mengembangkan pesantren khususnya terkait sumber daya manusia," kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, di kantornya, Jakarta, Senin 12 November 2018.

Menurut Lukman, upaya memberikan beasiswa itu merupakan bentuk perhatian negara kepada para santri.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan, anggaran LPDP untuk masyarakat berjumlah puluhan triliun.

" Melaporkan LPDP jumlahnya lebih dari Rp35 triliun, dana abadi untuk rakyat Indonesia di bidang pendidikan," ucap Sri.

Persyaratan untuk mendapat beasiswa ini yakni calon penerima beasiswa harus aktif sebagai peserta didik, pendidik atau tenaga kependidikan di pesantren minimal tiga tahun terakhir, serta pondok pesantren yang diikuti terdaftar dalam daftar Kemenag.

Selain itu, calon pendaftar juga menyertakan surat mengabdi di pondok pesantren setelah menyelesaikan studi selama 2n+1. Untuk jenjang S2, IPK minimal 2,75 dan S3, IPK 3,00.

Periode pendaftaran beasiswa santri ini bisa dilakukan secara online melalui www.lpdp.kemenkeu.go.id, dimulai sejak 15 November 2018 hingga 31 Desember 2018. Peserta nantinya akan menjalani seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer dan seleksi substansi.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal