AS Kembali Memanas, Polisi Tembak Warga Kulit Hitam 7 Kali

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 25 Agustus 2020 10:30
AS Kembali Memanas, Polisi Tembak Warga Kulit Hitam 7 Kali
Jacob Blake mengalami luka tembak di punggungnya.

Dream - Amerika Serikat kembali memanas akibat meletupnya demonstrasi protes atas penembakan seorang warga kulit hitam yang teridentifikasi sebagai Jacob Blake, 29 tahun. Blake dilaporkan kritis usai ditembak sebanyak tujuh kali oleh polisi.

Insiden tersebut terjadi saat Blake membuka pintu mobil yang terparkir di Kenosha, Wisconsin, pada Minggu waktu setempat. Dia ditembak dari belakang dan mengalami luka cukup parah.

Insiden itu sempat terekam video lalu tersebar di media sosial. Video tersebut memicu protes besar-besaran, menyebabkan Kenosha ditetapkan dalam kondisi darurat.

Bentrokan antara massa dengan aparat tak terelakkan. Petugas berusaha membubarkan demonstran dengan menembakkan gas air mata namun massa tetap bertahan.

1 dari 2 halaman

Bukan Insiden Pertama

Gubernur Wisconsin, Antony Steven Evers, menyatakan Blake tertembak dari belakang beberapa kali. " Di hari yang cerah," kata Evers.

" Meskipun kami belum punya informasi detail, yang kami tahu secara pasti adalah ini bukan pertama kali orang kulit hitam tertembak atau terluka atau terbunuh tanpa belas kasihan oleh tangan individu dalam penegakan hukum di negara bagian atau negara kita," terang Evers.

Kasus penembakan yang saat ini diinvestigasi oleh Departemen Kehakiman Wisconsin, terjadi sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Pemicunya masalah sepele, hanya karena Blake berada di tempat yang dinilai tidak seharusnya.

 

2 dari 2 halaman

Kronologi

Petugas penerima laporan 911 mengatakan ada seorang warga mengeluh seharusnya Blake tidak berada di tempat tersebut. Juga melaporkan Blake telah mengambil kunci dan tak mau mengembalikannya.

Dalam rekaman video, terlihat Blake berjalan menjauhi polisi yang menodongkan senjata ke arahnya. Dia mendekati SUV dan membuka pintu samping bagian pengemudi.

Tiba-tiba seorang petugas menarik kemejanya lalu menembaknya sebanyak tujuh kali di punggung Blake.

Blake segera mendapat pertolongan pertama dan dilarikan ke rumah sakit di Milwaukee, menurut Departemen Kehakiman setempat. Dua polisi yang terlibat dikenai skorsing.

Sumber: CBS News

Beri Komentar