Jatuh Miskin, Politisi Anti Masjid Australia Mundur dari Parlemen

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 27 September 2018 07:01
Jatuh Miskin, Politisi Anti Masjid Australia Mundur dari Parlemen
Tapi, dia merasa lega setelah mundur. Lho?

Dream Wanita politisi Australia yang terkenal karena kampanye antimasjid mundur dari jabatannya sebagai anggota dewan di Victoria, Australia. Politisi bernama Julie Hoskin itu diketahui mengalami kebangkrutan. 

Dilansir dari ABC, Selasa 19 September 2018, Hoskin menjadi tenar setelah melakukan kampanye untuk memblokir masjid pertama di Bendigo, Australia. Aksi ini menyedot perhatian dalam negeri dan internasional pada 2014 dan 2015, namun aksinya kalah.

Meski memicu kontroversi, Hoskin bisa memenangkan Pilkada anggota legislatif di Bendigo pada 2016 berkat profilnya yang terkenal.

Namun dua tahun kemudian, Hoskin memutuskan keluar karena masalah internal, finansial, serta pertikaiannya melawan penjualan rumahnya di Sheriff’s Office.

 Julie Hoskin.

Pengacara Hoskin, Robert Balzolam menuding pihak kreditur sebagai penyebab Hoskin bangkrut. Dia mengisi formulir petisi kepada Federal Circuit Court yang menegaskan tentang usahanya yang bangkrut. Formulir itu diisi pada Mei 2018.

Hakim Sandy Street memerintahkan Hoskin untuk memisahkan hartanya sebelum mengajukan pengunduran diri ke Bendigo. Regulasi pemerintah daerah Victoria melarang seseorang yang bangkrut untuk mengisi kursi dewan.

Keputusan ini membuat Hoskin mengajukan banding karena merasa diperlakukan tak adil. Hoskin menuding ada pihak dari Bendigo yang mendorongnya untuk mengambil cuti panjang. Tak hanya itu, dia mengaku selalu tunduk pada aturan salah satunya protokol yang mencegah dewan untuk berbicara, bahkan kepada rekan kerja sekalipun karena percakapannya direkam.

Walikota Bendigo, Margaret O’Rourke mengatakan ada juga keluhan serupa dari delapan anggota dewan tentang perilaku itu. Keluhan-keluhan ini merupakan subjek peninjauan internal.(Sah)

1 dari 2 halaman

Siapa Julie Hoskin?

Wanita ini menjadi tenar setelah terlibat dalam debat masjid. Dia ikut serta dalam kelompok yang bernama “ Rights for Bendigo Residents”. Selama kampanye, Hoskin bekerja di belakang layar serta berbicara dalam rapat umum dan rapat dewan.

Untuk satu pertemuan, wanita ini mengenakan helm sepeda motor untuk memprotes penggunaan cadar. Pada kesempatan lainnya, dia juga mengenakan kostum penyihir emas ketika dia dan teman-temannya menuduh kota Bendigo melakukan korupsi.

2 dari 2 halaman

Siapa Pengganti Hoskin?

O’Rourke mengatakan kepergian Hoskin tak akan semakin mengacaukan dewan. Komisi Pemilihan Victoria sekarang menentukan siapa yang menggantikan wanita ini.

Anggota dewan yang terpilih adalah mantan walikota, Peter Cox.

Pada kesempatan lain, Hoskin mengaku lega telah mundur. Dia tetap takkan mengesampingkan tugas lainnya di kantor publik.

“ Saya punya basisi dukungan yang kuat di sini. Saya sudah berdiri untuk hal-hal yang ingin didengar orang. Itu hanyalah situasi yang sangat mengejutkan,” kata Hoskin.(Sah, Sumber: ABC.net.au)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi