Teknologi, Pendidikan, dan Kebutuhan Baru Industri

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 26 September 2018 19:02
Teknologi, Pendidikan, dan Kebutuhan Baru Industri
Pendidikan sepatutnya menumbuhkan sumber daya yang kreatif.

Dream - Perkembangan dunia yang semakin maju menuntut adanya peningkatan kualitas di segala bidang, termasuk pendidikan. Standar kualitas pendidikan patut didorong demi menggapai persaingan global.

Era industrialisasi yang kini semakin canggih membutuhkan sumber daya yang kreatif. Hal itu bisa dihasilkan melalui pendidikan dengan kualitas yang bermutu.

" Pendidikan harus menjawab kebutuhan baru di industri dan pekerjaan," ujar Staf Ahli bidang Inovasi dan Daya Saing Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ananto Kusuma Seta, saat pembukaan Global Educational Supplies & Solutions (GESS) Indonesia 2018 di Jakarta, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Rabu 26 September 2018.

Ananto menegaskan pendidikan harus membentuk kreativitas, jiwa kepemimpinan dan kemampuan beradaptasi.

" Serta kemampuan pemecahan masalah dalam ruang lingkup guru dan murid kita," kata dia melanjutkan.

Konsultan Pendidikan Internasional, Matt Harris, mengatakan teknologi berperan penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar dapat memicu terbentuknya keahlian pada peserta didik.

" Penggunaan teknologi dapat berhasil jika hal tersebut menciptakan keahlian dan meningkatkan pengetahuan pada muridnya," kata Harris.

Hal senada disampaikan seorang guru dari Jakarta Utara, Sri Shartini. Tetapi, Sri menyayangkan teknologi belum dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan.

" Saya berharap bisa mendapatkan pengetahuan dari para para ahli pada acara GESS Indonesia ini dan bisa dipakai dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga dapat membantu murid-murid menjadi lebih baik," kata Sri.

GESS Indonesia berlangsung hingga 28 September 2018. Forum ini membahas segala hal seputar pendidikan, termasuk inovasi dalam praktik belajar-mengajar terkini. (ism)

Beri Komentar
Summer Style 2019