China Akan Luncurkan Bulan Palsu, Lebih Terang dari Aslinya

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 22 Oktober 2018 18:01
China Akan Luncurkan Bulan Palsu, Lebih Terang dari Aslinya
Tak hanya merek produk yang mereka imitasi.

Dream - Satu kota di barat daya China, Chengdu, berencana membuat bulan purnama palsu pada 2020. Menurut Direktur Institut Penelitian Luar Angkasa dan Sistem Teknologi Mikroelektronik Chengdu, Wu Chunfeng, bulan purnama imitasi ini akan dibuat dengan bantuan satelit.

Dikutip dari People Daily Online, Senin 22 Oktober 2018, bulan imitasi ini akan dirancang untuk melengkapi cahaya bulan di malam hari. Wu menyebut, kecerahan bulan buatan itu delapan kali dari bulan asli dan akan cukup terang mengganti menggantikan lampu jalan.

Satelit penerangan ini diklaim dapat menerangi area berdiameter 10 hingga 30 kilometer. Sementara jangkauan pencahayaan yang tepat dapat dikontrol jarak jauh.

Ide bulan imitasi ini sebetulnya muncul dari seorang seniman Prancis. Instalasi seniman Prancis yang tak disebut namanya itu berupa menggantung kalung dari cermin di atas bumi, sehingga dapat memantulkan cahaya matahari ke jalanan Paris, sepanjang tahun.

Pengujian satelit penerangan ini telah dimulai sejak bertahun-tahun lalu. Sekarang, klaim Wu, teknologi itu hampir paripurna.

Meski demikian, proyek ini memancing kontroversi. Sebab, bebrapa orang menyatakan keprihatinan mengenai dampak bulan imitasi ke rutinitas hewan dan pengamatan astronomi.

Direktur Institute of Optic, School of Aerospace, Harbin Institute of Technology, Kang Weimin, membantah anggapan gangguan itu. Dia menjelaskan cahaya dari satelit mirip dengan cahaya senja yang tak mempengaruhi rutinitas hewan.

1 dari 3 halaman

Meski Tajir Melintir, Chow Yun Fat Hanya Habiskan Rp1,5 Juta Tiap Bulan

Dream - Chow Yun Fat. Kalian pasti enggak asing dong dengan nama aktor Hong Kong ini? Namanya melegenda dengan julukan sang 'Dewa Judi'

Yup, pria 63 tahun ini telah malang melintang di dunia perfilman. Tidak hanya di kampung halaman, tapi juga berbagai negeri Asia hingga merambah Hollywood.

 Chow Yun Fat

Tak heran, majalah Forbes 2000 kala itu menobatkannya sebagai aktor Asia yang memiliki bayaran tertinggi.

Akan tetapi, tajir melintir tidak membuat kehidupan Chow Yun Fat berfoya-foya. Dia justru hidup dengan merakyat.

2 dari 3 halaman

Tak Pernah Ganti Ponsel

Menurut laman thevocket.com, sehari-harinya ia lebih senang berjalan kaki, naik kereta bawah tanah, naik bus, bersama dengan istrinya.

Keduanya lebih sering berjalan-jalan di jalanan atau pasar daripada ke butik. Hingga kini Chow Yun Fat bahkan masih menggunakan ponsel yang sama sejak 17 tahun lalu, dan hanya akan menggantinya ketika ponselnya rusak nanti.

 Chow Yun Fat

Menurut sang istri, Jasmine Tan, meskipun berstatus bilionare dengan kekayaan lebih dari Rp9,8 Triliun, Chow Yun Fat hanya menghabiskan Rp1,5 juta setiap bulannya.

Pernah saat diwawancara Chow Yun Fat menyatakan ingin meniru Bill Gates dan Warren Buffet yang menyumbangkan kekayaan mereka bagi masyarakat.

3 dari 3 halaman

Uang Itu Bukan Miliknya

Menurut Chow, uang itu bukan miliknya, hanya saja dirinya yang mencarinya. 

Bersama sang Istri, ia memandang hambar akan nama dan kepentingan, dan menyatakan pada saat meninggal kelak bermaksud menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka kepada masyarakat.

" Jadi itu tidak berarti saya harus memilikinya selamanya" tutur Chow Yun fat.

Istrinya Jasmine Tan juga setuju dengan rencananya itu.

" Hidup manusia di dunia, ada tempat tinggal, ada makanan, apalagi yang perlu dicari?"

Sumber: thevocket.com

Beri Komentar
Detik-Detik Jokowi Umumkan Kabinet Indonesia Maju