Terobos Banjir, Pemotor Tewas Hantam Lubang di Jakarta Pusat

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 25 Februari 2020 18:01
Terobos Banjir, Pemotor Tewas Hantam Lubang di Jakarta Pusat
Rahmat tak mengetahui ada lubang di jalan yang dia terobos.

Dream - Niat Rahmat Hidayat menerjang banjir berujung tragis. Jauh dari kata sukses, dia justru meregang nyawa saat mencoba melintas di Jalan Majapahit, Jakarta Pusat yang sedang tergenang air cukup tinggi.

Insiden ini terjadi pada Selasa, 25 Februari 2020 pukul 08.15 WIB. Penyebabnya, Rahmat tidak mengetahui ada lubang di jalan yang coba dia terobos.

" Persisnya (lubang) di Jalan Majapahit arah ke Harmoni," ujar Kepala Subdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya, Komisaris Fahri Siregar, dikutip dari

Menurut Fahri, Rahmat sempat tidak dapat mengendalikan motornya ketika melintasi jalanan tergenang. Akibatnya, Rahmat menghantam lubang yang tidak kelihatan akibat tertutup air.

Motor tersebut terguling. Rahmat pun terjatuh dengan kepala membentur trotoar dan meninggal seketika.

Jenazah Rahmat sempat dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, seperti dilaporkan Antara.

Sumber: /Henny Rachma Sari.

1 dari 4 halaman

Jalan Tol Jasa Marga yang Masih Ditutup Karena Banjir

Dream - PT Jasa Marga Tbk melaporkan sejumlah ruas tol dari pantauan hingga pukul 14.40 WIB masih mengalami genangan air yang cukup tinggi. Kondisi ini membuat perushaan memutuskan menutup ruas-ruas tersebut.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 25 Februari 2020, rest area KM 19 di Tol Jakarta-Cikampek ditutup sementara karena tercatat masih mengalami genangan air setinggi 30 cm.

Penutupan sementara jug dilakukan pada terowongan yang berada di rusa Gerbang Tol Cikunir 4 arah Jatiasih karena adanya genangan air. Jasa Marga memutuskan mengalihkan arus Lalu lintas ke GT Kalimalang 2.

Selain dua rus tol tersebut, Jasa marga juga emenutup sementara akses jalan tol karena banjir di GT Pondok Gede Timur 2 (KM8/Jatibening), GT Cikunir 3, GT Cibatu arah Jakarta, GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, dan GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta.

 

2 dari 4 halaman

Ruas yang Bisa Dilalui

Namun tak semua ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga mengalami penutupan. Beberapa ruas masih bisa dilalui meski ditemukan genangan air.

Berikut ini adalah daftar ruas tol yang masih bisa dilalui kendaraan.

1. Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Arah Cikampek:

-KM 08+800 (Jatibening), ada genangan 5-10 cm di lajur 1 dan 2, masih bisa dilintasi seluruh jenis kendaraan.

Arah Jakarta:

- Km 19, terdapat genangan 10-20cm di lajur 1, 2 dan 3. Pengguna jalan dapat melintas dengan menggunakan lajur 3 dan lajur 4.

- Km 08+800 (Jatibening), saat ini berangsur surut. Genangan saat ini 10-30 cm di Lajur 1 dan 2, untuk Lajur 3 dan 4 sudah dapat dilintasi oleh seluruh jenis kendaraan.

2. Jalan Tol Jagorawi

Arah Jakarta:

-Genangan air di Kali Cipinang Km 3+800 juga sudah mulai surut, saat ini genangan ada di bahu jalan dan lajur 1 setinggi 5-10 cm. Lajur 1 dapat dilalui semua jenis kendaraan.

3. Jalan Tol JORR Non S

Arah Rorotan: Nihil Genangan

3 dari 4 halaman

Kantor Kebanjiran, Sri Mulyani Terapkan e-Office

Dream - Banjir yang menerjang Ibukota menyedot perhatian banyak pihak, terutama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dia berharap masyarakat Jakarta segera terbebas dari banjir.

" Semoga seluruh warga Jakarta dan sekitarnya yang terkena musibah banjir dapat diberikan keselamatan dan segera terbebas dari genangan banjir," tulis Sri Mulyani di akun Instagramnya, @smindrawati, diakses pada Selasa 25 Februari 2020.

Sri Mulyani mengatakan beberapa kantor Kementerian Keuangan juga dilanda banjir. Kondisi ini mengganggu kelancaran pekerjaan di kementerian.

" Jajaran Kementerian Keuangan bahu membahu untuk menangani musibah ini," kata dia.

      View this post on Instagram

Saya menyampaikan rasa prihatin yang mendalam terhadap musibah banjir yang melanda Jakarta pagi hari ini. Beberapa kantor Kementerian Keuangan di Jakarta dan sekitarnya juga dilanda banjir dan sedikit mengganggu kelancaran dalam bertugas. Jajaran Kementerian Keuangan bahu membahu memberikan bantuan untuk menangani musibah ini. Kami di Kementerian Keuangan juga memberikan dispensasi atas absensi bagi pegawai yang tempat tinggalnya terkena banjir atau daerah sekitar tempat tinggalnya terdampak banjir sehingga mengalami kesulitan menuju ke kantor masing-masing. Dengan penerapan e-office, beberapa pekerjaan tertentu dapat diselesaikan meskipun tidak datang ke kantor. Semoga seluruh warga Jakarta dan sekitarnya yang terkena musibah banjir dapat diberikan keselamatan dan segera terbebas dari genangan banjir. Jakarta, 25 Februari 2020

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on

Akibat banjir, mantan direktur perencanaan Bank Dunia ini memberikan keringanan bagi karyawannya yang terdampak dan kesulitan mengakses kantor. Sri Mulyani membolehkan mereka bekerja di rumah melalui skema e-office.

" Dengan penerapan e-office, beberapa pekerjaan tertentu dapat diselesaikan meskipun tidak datang ke kantor," kata dia.

4 dari 4 halaman

Pemadaman Karena Banjir Meluas, Ini Lokasi 1.612 Gardu Listrik yang Padam

Dream - Pemadaman akibat banjir yang melanda kawasan di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat semakin meluas. PT PLN (Persero) memutuskan aliran listrik ke 1.612 gardu listrik di tiga wilayah tersebut.

PLN menyatakan pemadaman listrik terpaksa dilakukan agar menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik.

" Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan demi keselamatan masyarakat," kata Executive Vice President Corporate Communication CSR PLN, I Made Suprateka, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 25 Februari 2020.

Sampai pukul 09.00 WIB, PLN telah memadamkan aliran listrik di 868 gardu di DKI Jakarta. Sementara di Jawa Barat tercatat pemadaman terjad di 711 gardu, dan 33 gardu di Banten yang aliran listriknya diputus sementara.

Total pemadaman listrik yang dilakukan PLN imbas banjir yang menerjang tiga willayah mencapai 1.612 gardu.

Selain pemadaman listrik, PLN juga telah mengalirkan kembali arus listrik ke 43 gardu di kawasan banjir yang sudah surut dan dinyatakan aman.

Untuk DKI Jakarta Daerah yang aliran listriknya dipadamkan sementara di antaranya meliputi sebagian Pondok Kopi, Cempaka Putih, Menteng, Pondok Gede, Bandengan, Cengkareng, Lenteng Agung, Kramatjati, Jatinegara, Ciracas, Kebun Jeruk, Bintaro, Bulungan, dan Marunda.

Untuk Wilayah Jawa Barat yang mati listrik meliputi sebagian Bekasi, Karawang, Purwakarta, Cikarang, dan Gunung Putri. Sementara, untuk Wilayah Banten meliputi sebagian Cikupa, Teluk Naga, dan Serpong.

 

Beri Komentar