Curhat Pilu Raditya Oloan Sebelum Meninggal: `Kesal, Menangis, dan Down`

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 6 Mei 2021 23:19
Curhat Pilu Raditya Oloan Sebelum Meninggal: `Kesal, Menangis, dan Down`
Raditya Oloan, suami Joanna Alexander meninggal dunia setelah menjalani perawatan di ruang ICU. Tubuhnya diserang efek dari paparan Covid-19 yang sebetulnya sudah hilang dari tubuhnya.

Dream - Raditya Oloan, suami pesinetron Joanna Alexandra sempat mengunggah kesedihannya sepekan jelang meninggal dunia. Raditya bahkan menyebut momen itu sebagai salah satu hari tersedih dalam hidupnya.

Mengutip dari unggahan enam hari yang lalu, Raditya sempat menuliskan perasaan sedihnya tak tak bisa pulang ke rumah setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit setelah sempat terpapar Covid-19.

" Gue udah menunggu hari jumat or at least sabtu bisa pulang ke rumah," tulis Raditya yang memenuhi caption unggahannya dengan emoticon menangis.

Menurut Raditya, keinginan untuk pulang terpaksa ditunda karena kondisi kesehatannya menurun di pagi harinya. Tim dokter yang menanganinya bahkan memutuskan Raditya menjalani perawatan di ruang ICU.

 

1 dari 9 halaman

Down dan Menangis Kaya Anak Kecil

Tak bisa pulang sesuai harapannya, pria pemilik nama lengkap Raditya Oloan Pangabean itu merasa kesal saat mendengar harus menjalani perawatan di ICU. Suami Joanna Alexandra yang telah memiliki empat anak itu bahkan down kala itu.

" Down banget bahkan nangis kaya anak kecil," tulis Raditya dengan emoticon kecewa dan sedih.

Namun Raditya akhirnya berusaha pasrah dengan keadaan tersebut. Dia akhirnya berusaha mengikuti petunjuk dokter dengan menjalani perawatan di ruang ICU.

 

© Dream
2 dari 9 halaman

Sempat Bertekad Ingin Sembuh

Tak itu saja, Raditya juga mengubah mindset dalam pikirannya. Dia tak lagi mengutamakan pulang dalam proses perawatannya. Raditya bertekad untuk sembuh dari penyakitnya.

Dalam kesadarannya itu, Raditya mengaku lebih bisa menerima kondisinya karena selalu ada Tuhan, istri, keluarga, serta rekan-rekan yang selalu mendoakan kesembuhannya.

" Tiap hari gue cuma facetime-an sm istri @joannaalexandra dan keluarga. Walaupun gue juga gak bisa ngomong banyak," tulisnya seraya mengatakan dia masih bisa semangat serta memohon kesabaran, ketabahan, dan suka cita menjalani perawatan.

Dalam kesempatan itu, Raditya menegaskan tubuhnya sudah dinyatakan negatif dari paparan Covid-19 setelah mendapat hasil tes swab. Namun, virus Covid yang pernah bersarang sempat melakukan serangan pada tubuhnya hingga terjadi peradangan.

" Dukung dalam doa ya guys." pinta Raditya Oloan Pangabean saat itu.

Unggahan tak kalah mengharukan ditulis Joanna Alexandra sebelum sang suami, Raditya Oloan, meninggal dunia 

 

3 dari 9 halaman

`Nanti Jalan Berdua Aja Yuk`

Sebelum meninggal, Joanna sempat mengunggah potret bersama sang suami Raditya di feed akun instagram. Dalam postingannya, Joana berjanji akan mengajak jalan-jalan suaminya usai sembuh dari Covid-19.

" Nanti kalau udah pulihhh 100% kita jalan-jalan berdua aja yuk daddyyyy,"  tulis Joanna Alexandra dikutip Dream dari akun instagramnya, Kamis 6 Mei 2021.

Pemain film Catatan Akhir Sekolah ini juga menuliskan ucapan terimakasih kepada orang-orang yang telah mendoakan kesembuhan untuk suaminya.

Joanna Alexandra© Joanna Alexandra

" To my dearest friends and family, near and far. Yang kukenal ataupun tidak, gak ada lagi yg bisa aku ucapin selain thank youuuuuu so muchhh!!! Untuk semua panjatan doa, semua harapan yg disampaikan, semua support yang dikirimkan... pleaseeee jangan berhenti yah. We need all the prayers, bahkan #PrayLikeNeverBefore,"  tuturnya.

© Dream
4 dari 9 halaman

Kondisi Terakhir Raditya Oloan

Joana juga sempat mengabarkan kondisi terakhir suaminya sebelum meninggal. Ia mengatakan Radit berada di ruangan ICU dan dibantu dengan alat pernapasan.

" Biasanya aku #updateZiona kalau sekarang #updateRadit yah ???? Jadi sekarang suamiku posisinya masih di ICU, dibuat tidur karena memakai ventilator. Kondisinya post-covid dengan komorbid asma, and he is going through a cytokine storm yang menyebabkan hyper-inflamation in his whole body..., kata Joana.

" Ditambah lagi ada infeksi bakteri yang lumayan kuat (but not as strong as my Father tentunya!!!!). Oia dan sementara ini Radit lagi CVVH karena ginjalnya lagi kurang berfungsi dengan baik... So if you would so kindly join me in prayer, please, here are some prayer points,"  imbuhnya.

Tak hanya Joanna yang mengungkapkan kesedihan lewat unggahan akun Instagram. Sang anak kedua Raditya Oloan juga membuat salam perpisahan yang membuat derai air mata.

5 dari 9 halaman

Kesedihan Anak Raditya Oloan Buat Nangis

Raditya diketahui meninggalkan seorang istri dan empat anak yang masih kecil. Putra kedua Joanna dan Radit, Zeraiah menuliskan ucapan haru terkait kepergian sang ayah. Lewat Instagramnya @zeraiahmoria, ia mengungkapkan isi hatinya.

" Dady has gone through enough pain, he is now in peace with God. Things to be mad about: my dad is not there to encourage me, I can't watch movies and anime with him, and I won't be able to stay up at night watching movies with him," tulis Zeraiah.

Raditya Oloan dan Zeraiah© Instagram @zeraiahmoria

 

© Dream
6 dari 9 halaman

`Damai dan Tak Ada Lagi Sakit`

Jika diterjemahkan bebas; " Ayah sudah cukup menderita, dia sekarang damai bersama Tuhan. Hal-hal yang membuat marah: Ayah tak ada lagi di sana untuk menyemangatiku, aku tidak bisa menonton film dan anime bersamanya, dan aku tidak bisa begadang di malam hari untuk menonton film bersamanya" .

Kata Zeraiah, banyak hal-hal yang membuatnya bahagia bersama sang ayah.

" My dad is in peace and no more pain, God is still in my side forever and ever. (Ayahku tenang dalam damai dan tidak sakit lagi, Tuhan tetap disampingku dan selamanya" .

Unggahan bocah 10 tahun itu membuat haru warganet. Banyak dari mereka berikan semangat, doa dan ucapan belasungkawa di kolom komentar.

7 dari 9 halaman

Kondisi Raditya Oloan Saat Kritis dan Pakai Ventilator

Dream - Joanna Alexandra tengah merima cobaan cukup berat setelah hampir seluruh keluarganya terpapar Covid-19. Setelah dirinya beserta salah satu anaknya dinyatakan negatif, sang suami, Raditya Oloan, yang juga sudah sembuh dari Covid-19 tak  bisa pulang ke rumah.

Kondisi Raditya Oloan malah semakin drop dan mendapat perawatan di ruang perawatan khusus (ICU).

Terlihat dari postingan di Instagramnya, Joanna membagikan foto tangkap layar suaminya saat sedang dihubungi melalui video call. Di video itu sang suami terbaring di atas tempat tidur rumah sakit dengan terpasang selang oksigen dihidung.

joana© instagram

" Ini foto semalem sebelum mau masuk ICU dan hp-nya mau diambil. Sekarang Radit di ICU, kondisi sangat kritis mau pake vent," ungkap Joanna dalam instagramnya.

Menurut Joanna, kondisi sang suami saat ini dalam keadaan drop. Maka dari itu, dia pun minta didoakan agar suaminya cepat sehat dan pulih.

" btw buat teman2 please jangan dulu tawarin atau saranin produk2 atau terapi buat penyembuhan covid yaa, ini udah bukan kasus covid lagi, udah negatif. We need your prayerssss," katanya.

Melihat postingan Joanna, netizen beramai-ramai memanjatkan doa untuk kesembuhan Raditya Oloan.

" Kirim doa untuk kalian," kata akun @aquilafirrina

" Semoga lekas pulih Radit," kata akun @fajarnugrs.

" Lekas Pulihhh ?? Stay strong Jo!!," kata @AndinAisyah.

© Dream
8 dari 9 halaman

Kronologi Raditya Oloan Meninggal Dunia

Dream - Suami Joanna Alexandra, Raditya Oloan, meninggal dunia. Kabar duka ini diungkapkan Revy Christanto Halim di akun Instagramnya, Kamis 6 Mei 2021. Lewat unggahan itu, Revy memberikan salam perpisahan dan penghormatan terakhirnya untuk Raditya Oloan.

"  RIP Pastor radityaoloan. You're one of my greatest inspiration in ministry. Selama ini banyak banget video sharing ka Radit yang udah menginspirasi gw. Ka Radit juga selalu supportif dan ramah sama gw. Bersyukur banget sebelum ka Radit pulang ke sisi Tuhan, ka Radit kasi kalimat buat buku terbaru gw. It's such a great honor for me," tulis Revy.

Buat Revy, suami Joanna Alexandra selama ini telah menjadi sosok yang baik dan menginspirasi kehidupannya. Ia pun merasa sangat kehilangan.

joan© instagram

 

9 dari 9 halaman

Raditya Oloan Meninggal Pukul 18.13 WIB

"  Jujur masih kepengen banget bisa ketemu ka Radit dan denger sharing-sharing ka Radit yang sangat memberkati.Tapi apapun yang terjadi, Tuhan pasti punya rancangan terbaik yang mungkin kita belom bisa lihat. Love you ka @radityaoloan," kata Revy.

Sedangkan menurut sahabat Joanna, Westny Dj, Raditya Oloan meninggal pada kamis malam ini. " Iya betul (meninggal) di jam 18.13 WIB," kata aktris Westny Dj saat dihubungi.

Sebelumnya Jonna memebrikan kabar kalau kondisi suaminya tengah kritis, bahkan dia meminta masyarakat untuk mendoakan suaminya agar cepat sembuh.

© Dream
Beri Komentar