Dampak Corona, Sholat Jumat di Saudi Hanya Boleh 15 Menit

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 10 Maret 2020 14:01
Dampak Corona, Sholat Jumat di Saudi Hanya Boleh 15 Menit
Seluruh masjid juga diminta membuat langkah antisipatif. Salah satunya keputusan lama waktu sholat jumat berjamaah di masjid.

Dream - Kasus infeksi virus corona di Arab Saudi mengalami peningkatan. Hingga saat ini, ada 20 kasus infeksi terkonfirmasi di Saudi.

Mengantisipasi penyebaran wabah itu, Menteri Urusan Islam, Abdullatif Al Sheikh mengeluarkan beberapa instruksi untuk seluruh masjid di Saudi. Salah satunya, pembatasan waktu ibadah Jumat dan aturan buka puasa serta itikaf.

Keputusan itu diunggah di akun resmi Kementerian pada Senin, 9 Maret 2020. Waktu ibadah Jumat ditetapkan tidak boleh lebih dari 15 menit, sudah termasuk khotbah dan sholat.

Selain itu, jeda antara azan pertama dengan kedua dibatasi tidak boleh lebih dari 10 menit, dikutip dari Saudi Gazette.

Tak hanya itu, aktivitas berbuka puasa dan iktikaf ditiadakan. Baik ketika maupun di luar Ramadan.

Abdullatif juga menginstruksikan seluruh masjid menyediakan hand sanitizer dan membersihkan karpet secara rutin, untuk melindungi para jemaah. Sedangkan kajian rutin Alquran dan Dakwah ditiadakan hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Pengelola Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga mengunggah pengumuman sebagaimana instruksi Abdullatif. Pengumuman tersebut dipajang di akun Facebook dan Twitter milik Haramain.

 

1 dari 5 halaman

Pesan Menyejukkan Imam Masjidil Haram Soal Virus Corona

Dream - Virus corona menyebar ke sejumlah negara, menjadi hantu yang menakuti masyarakatnya. Kekhawatiran muncul di mana-mana, termasuk di tanah Suci Mekah dan Madinah, Arab Saudi.

Imam dan Khatib Masjidil Haram, Syeikh Abdur Rahman Sudais, menyampaikan pesan kepada seluruh umat Islam untuk tidak panik menghadapi virus corona. Dia mengingatkan, virus ini semata bentuk ujian dari Allah.

" Anda tahu penyakit seperti virus corona telah menimpa dunia, dan tidak ada keraguan ini datangnya dari Allah, sebagai ujian bagi hamba agar kembali kepada-Nya," ujar Syeikh Sudais dalam ceramahnya usai sholat Isya di Masjidil Haram.

Syeikh Sudais menjelaskan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang dipimpin Pelayan Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdul Aziz bersama Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman telah mengambil sejumlah tindakan pencegahan.

" Pemerintah telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan, jadi tidak perlu panik dan jangan mudah percaya pada desas-desus, tudingan, kebohongan, dan tindakan berlebihan," ucap Syeikh Sudais.

2 dari 5 halaman

Ikuti Instruksi Otoritas yang Relevan

Dia juga menekankan pentingnya mengambil tindakan pencegahan sesuai prinsip. Terutama untuk diri sendiri.

" Dengan kehendak Allah, semuanya akan kembali seperti semula dalam beberapa hari, dan kita haru mengikuti instruksi dari otoritas yang relevan," ucap Syeikh Sudais.

Arab Saudi saat ini mencatatkan ada 15 kasus positif infeksi corona dengan angka kematian masih nol. Sayangnya, juga belum terdapat data pasien sembuh.

Untuk mencegah menyebarnya virus corona, Saudi menutup sementara area Mataf di sekitar Kabah. Masjidil Haram hanya boleh digunakan untuk sholat tapi tidak untuk umrah.

3 dari 5 halaman

Masya Allah, Penjaga Kabah Berdoa Khusyuk di Multazam

Dream - Multazam, salah satu tempat terbaik untuk berdoa. Bagian di antara pintu Kabah dengan Hajar Aswad ini dipercaya sebagai tempat mustajab.

Beredar sebuah foto di media sosial memperlihatkan petugas keamanan Masjidil Haram tengah menempelkan diri di dinding Multazam. Dia tampak khusyuk berdoa.

Foto tersebut diunggah akun Twitter Haramain, @HaramainInfo.

" Penjaga Masjidil Haram menempel pada Multazam. Semoga Allah SWT mengabulkan semua doa kita," demikian tulis admin.

Multazam memiliki lebar yang tidak sama dengan dinding Kabah yang lain. Mungkin hanya sekitar rentangan tangan dua orang dewasa.

Kemustajaban berdoa di tempat ini tercantum dalam sejumlah riwayat dengan derajat shahih. Salah satunya, riwayat Imam Abu Daud.

Diriwayatkan dari Amr bin Suaib, dari ayahandanya, ia mengatakan, 'Aku sedang berthawaf bersama Abdullah (Abdullah bin Umar). Ketika kami berada di belakang Baitullah, aku bertanya, 'tidakkah kamu memohon perlindungan?' Abdullah pun mengucapkan, 'Kami berlindung kepada Allah dari panasnya siksaan api neraka.' Setelah selesai, Abdullah menyalami Hajar Aswad dan berdiri antara Hajar Aswad dan pintu Kabah, lalu merapatkan dada, muka, kedua siku, dan kedua telapak tangannya, 'seperti inilah aku melihat Rasulullah SAW melakukannya.'

Otoritas Arab Saudi menutup Kabah dan Mataf atau area thawaf dari aktivitas umrah untuk sementara waktu. Para jemaah hanya dibolehkan sholat namun tidak diizinkan untuk menjalankan thawaf umrah.

Keputusan ini diambil untuk mencegah adanya kasus penularan wabah virus corona di sekitar Kabah. Belum ada informasi hingga kapan penutupan tersebut dilakukan.

4 dari 5 halaman

Doa Agar Dijauhkan dari Sifat Tamak

Dream - Ketamakan, salah satu penyakit hati yang berbahaya. Sifat ini membuat manusia cenderung melampaui batas.

Orang tamak tidak akan pernah puas dengan apa yang didapatnya. Dia akan berusaha mendapatkan lebih.

Bahayanya, orang tersebut tidak segan menggunakan segala macam cara. Bahkan cara jahat sekalipun.

Orang yang sudah dikuasai ketamakan kerap mengabaikan hukum dan norma. Selama keinginan bisa terpenuhi, dia terus menerus memakan rezeki yang tidak halal.

Mengingat bahaya ketamakan yang begitu besar, sudah seharusnya sifat ini dihindari. Selain itu, dianjurkan pula membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Agar Jauh dari Sifat Tamak

 Doa jauh dari Tamak© Dream.co.id

Allahummaj'al ghinai fi qolbi wa raghghibni fima 'indaka wa barik li fima razaqtani waghnini mimma harramta 'alayya.

Artinya,

" Ya Allah, jadikan kekayaanku di dalam hatiku, senangkan aku terhadap sesuatu yang ada di sisi-Mu, berkahi rezeki yang telah Engkau berikan padaku, dan cukupkan aku dari sesuatu Engkau halangi dariku."

Beri Komentar