Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Detik-Detik Jenazah BJ Habibie Diangkat Kedua Anaknya

Detik-Detik Jenazah BJ Habibie Diangkat Kedua Anaknya Foto: Liputan6.com

Dream - BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019, pukul 18.05 WIB. Presiden ke-3 Indonesia bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie itu wafat dalam usia 83 tahun.

Pada Rabu malam, sekitar pukul 20.07 WIB, jenazah BJ Habibie dibawa pulang dari Rumah Sakit Pusat ANgkatan Darat Gatot Soebroto. Kedua anak Habibie sempat mengangkat jenazah almarhum untuk dimasukan ke dalam peti.

Sejumlah tokoh dan politikus tampak hadir di RSPAD. Terpantau ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua MPR Zulkifli Hasan, hingga Ali Mochtar Ngabalin.

Peti jenazah BJ Habibie tampak diselimuti bendera Merah-Putih dan ditandu hingga masuk ke mobil jenazah. Tahlil mengiringi momen tersebut.

Habibie akan dikebumikan pada hari ini, Kamis 12 September 2019. Berikut detik-detik jenazah BJ Habibie diangkat kedua anaknya dari RSPAD Gatot Soebroto.

Ini Videonya

 

Mengenang BJ Habibie di Lagu Iwan Fals

Dream - Lagu Iwan Fals berjudul Oemar Bakri akan dikenang. Di lagu ini, Iwan menceritakan kisah gurupendidikan, dan pengabdiannya.

Tapi, Iwan menyisipkan satu nama spesial: Habibie. Ya, tentu saja Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Oemar Bakri/ Oemar Bakri// bikin otak orang seperti otak Habibie.

Sosok Habibie, memang punya citra spesial di zaman Orde Baru. Orang cerdas, profesor pembuat pesawat.

Segala pencapaian Habibie itu bukan mendadak ada. Dia mendapat dukungan dari keluarga untuk meraih pendidikan tertinggi.

Ibu dan Rudy

Putra pasangan Tuti Marini Puspowardojo dan putra daerah Gorontalo, Haji Alwi Abdul Jalil Habibie. Pernikahannya dengan Haji Alwi, yang diangkat sebagai ahli pertanian di Afdeling Pare-pare, membawa putri keraton Yogyakarta itu terbang ke Bumi Celebes.

Di sanalah, keluarga ini berkembang. Delapan anak lahir. Dua diantaranya, Habibie, atau disapa Rudy, dan adiknya, Junus Effendi, atau Fanny.

Keluarga Tuti dan Haji Alwi dikenal punya latar belakang pendidikan yang kental. Tapi, nuansa mistis tetap muncul.

Habibie kecil pernah `dibeli` secara simbolis oleh Raja Barru dengan sebilah keris. Perkaranya, wajah Rudy mirip dengan sang ayah. Kepercayaannya, jika anak punya wajah yang khas dan mirip dengan sang ayah akan menimbulkan malapetaka.

Habibie tumbuh besar dengan perjuangan. Saat kelas kelas 2 Concordante HBS, Haji Alwi meninggal dunia.

Tuti masih melihat harapan besar pada anak-anaknya sehingga ia memutuskan menyekolahkan Rudy di Bandung agar mendapat pendidikan yang lebih baik.

Permintaan ke Soeharto

Habibie menempuh pendidikan di Bandung. Hingga remaja dia berkuliah di Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) dengan bidang pesawat terbang. Tuti sempat ingin menyekolahkan Habibie ke Jerman dengan biaya sendiri.

Selama berkuliah, Habibie tak mendapat uang beasiswa. Bukan karena tak pandai, namun tekad Tuti. Akibat mengandalkan orangtua, Habibie pernah terserang tuberkolosis.

Kelar Sarjana Strata 3 di usia 28 membuat Habibie masuk radar Soeharto, Presiden ke-2 Indonesia. Pada 28 Januari 1974, Habibie dipanggil ke Cendana.

Soeharto memberi permintaan khusus ke Habibie. Sang Jenderal Penuh Senyum meminta Habibie mengembangkan industri penerbangan. Dari sinilah lahir Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN), cikal bakal PT Dirgantara Indonesia (Persero) PTDI.

Ada satu permintaan yang diberikan Habibie. Dia tak mau IPTN dibiayai dari utang luar negeri.

Cinta Bersama Ainun

Selain karirnya sebagai ilmuwan, Habibie juga merangsek sebagai politikus. Pasca menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia, Habibie menjadi wakil presiden Indonesia ke-7.

Dia mendapingi Soeharto yang menjabat Presiden. Sosok Habibie jugalah yang kemudian mendapat tampuk sebagai presiden pasca mundurnya Soeharto.

Tapi, masa jabatan yang dipegang Habibie tak lama. 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Kala itu, BJ Habibie juga memutuskan referendum untuk Timor Timur.

Tak lagi menjabat presiden, Habibie tinggal dan melanjutkan karir sebagai ilmuwan di Jerman. Dia kembali ke Tanah Air di era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono.

Dia juga mendirikan Habibie Center. Kisah cintanya dengan sang istri, Hasri Ainun Besari atau Bu Ainun juga menjadi sorotan. Rasa cinta yang mendalam terhadap Ainun terlihat ketika dia menemaninya berobat hingga tutup usia.

Kisah cinta ini juga dibuat versi film, Habibie dan Ainun. Sepeninggal Ainun, Habibie kerap berbagi kisah inspiratif. Meski kondisinya tak lagi muda.

 

 

Duka Itu...

Kondisi kerap naik dan turun. Kesehatannya selalu dibarengi berita hoaks kematian. Puncaknya, 1 September 2019. Habibie masuk RSPAD Gatot Soebroto.

Di sanalah Sang Bapak Teknologi Indonesia tiada.  " Saya harus menyampaikan ini, bahwa ayah saya, Presiden ke-3 RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

Thareq mengatakan, salah satu penyebab " Bapak Teknologi Indonesia" itu berpulang yakni karena penyakit jantung.

" Jantungnya sudah berhenti beraktivitas, seperti yang saya bilang, karena umur dan aktivitas yang banyak," ucap dia.

Presiden Joko Widodo pun kesan dengan sosok pria yang kerap disapa Eyang Habibie itu. Selain sebagai ilmuwan kelas dunia dan politikus, Habibie juga dikenal sebagai negarawan.

" Selalu setiap persoalan-persoalan di negara kita baik ekonomi kebangsaan, beliau selalu langsung menyampaikan solusinya jalan keluarnya kadang beliau ke istana, atau saya yang datang ke rumah Pak BJ Habibie, saya rasa beliau adalah negarawan yang patut dijadikan contoh suri tauladannya," kata Jokowi.

Selamat jalan Eyang Habibie. Semoga ilmu yang kau sumbangkan ke negara ini terus mengalir.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan

Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan

Balita tersebut meninggal karena kelaparan dan dehidrasi parah.

Baca Selengkapnya
Momen Haru Anak Kecil Tiba-tiba Minta Gendong Karyawati Toko Sebelum Memeluknya dengan Erat, Kisah di Baliknya Bikin Mewek

Momen Haru Anak Kecil Tiba-tiba Minta Gendong Karyawati Toko Sebelum Memeluknya dengan Erat, Kisah di Baliknya Bikin Mewek

Gadis mungil itu seolah-olah melepaskan rindu kepada ibunya, dan tak mau lepas dari gendongan Siti.

Baca Selengkapnya
Jelajahi Rumah Bangsawan Kosong dan Terbengkalai 5 Tahun, Pria Kaget Semua Barangnya Masih Utuh, Termasuk Dua Mobil Mewah dan Gudang Anggur

Jelajahi Rumah Bangsawan Kosong dan Terbengkalai 5 Tahun, Pria Kaget Semua Barangnya Masih Utuh, Termasuk Dua Mobil Mewah dan Gudang Anggur

Meski terbengkalai dalam waktu yang lama, tapi masih banyak barang yang dibiarkan masih utuh, termasuk dua mobil mewah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bocah di Jakarta Utara 'Disunat Jin' Usai Kencing di Kali, Ternyata Ini yang Terjadi

Bocah di Jakarta Utara 'Disunat Jin' Usai Kencing di Kali, Ternyata Ini yang Terjadi

Begini cerita aslinya dibalik kejadian seorang anak laki-laki berusia 6 tahun yang disunat oleh jin!

Baca Selengkapnya
Beri Kejutan Hamil ke Suami, Wanita Ini Malah Diceraikan, Cuma Diberi Rp100 ribu

Beri Kejutan Hamil ke Suami, Wanita Ini Malah Diceraikan, Cuma Diberi Rp100 ribu

Parahnya sang wanita langsung diceraikan selepas memberi kabar kehamilannya

Baca Selengkapnya