MUI: BJ Habibie Pelopor Modernisasi Islam Indonesia

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 12 September 2019 11:00
MUI: BJ Habibie Pelopor Modernisasi Islam Indonesia
Habibie dikenal sebagai penggerak modernisasi Islam.

Dream - Ucapan bela sungkawa terus mengalir dari berbagai pihak atas meninggalnya Presiden ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa'adi, mengatakan, lembaganya merasa kehilangan dengan wafatnya Bapak Dirgantara Indonesia itu.

" Majelis Ulama Indonesia menyampaikan duka yang sangat mendalam atas wafatnya Bapak Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng Presiden Republik Indonesia yang ke tiga," ujar Zainut dalam keterangan tertulisnya, Kamis 12 September 2019.

Menurut MUI, Habibie merupakan sosok intelektual Muslim yang sudah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Habibie merupakan pendiri dan mantan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), yang menghimpun para intelektual Muslim.

" Profesor BJ Habibie adalah sosok intektual Muslim yang menjadi penggerak bangkitnya gerakan modernisasi Islam di Indonesia," ucap dia.

Selain itu, Habibie juga dikenal sebagai negarawan yang mencintai rakyatnya. Habibie, kata dia, rela kembali ke Indonesia untuk mengembangkan teknologi kedirgantaraan dengan mendirikan PT Dirgantara Indonesia.

Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun. Dia wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pukul 18.05 WIB karena menderita sakit jantung.

Rencananya, Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, samping makam mendiang istrinya, Ainun Habibie.

1 dari 7 halaman

Jenazah BJ Habibie Dimakamkan Pukul 13.30 WIB

Dream - Jenazah almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dijadwalkan akan diberangkatkan dari rumah duka di kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan pukul 13.30 WIB setelah dilakukan proses serah terima dari keluarga ke negara.

Setelah itu, jenazah akan dibawa dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, tepat di samping makam istri, Ainun Habibie.

Saat membawa jenazah almarhum Habibie, akan ada Iring-iringan kendaraan. Polisi nantinya akan menutup sementara jalan yang akan dilalui rombongan pengantar jenazah BJ Habibie.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir mengatakan, ada dua opsi rute yang disiapkan.

Rute perjalanan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi pertama,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan Utara
- Jalan Rasuna Said
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP Kalibata

Rute alternatif di sepanjang jalan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi kedua,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan VII
- Jalan Dukuh Patra
- Jalan Mandala Raya
- Jalan Rasamala Raya
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP kalibata

2 dari 7 halaman

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Makam Ibu Ainun

Dream - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menyatakan pemerintah menyiapkan segala kebutuhan pemakaman Presiden Ketiga, Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie.

BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tepat di samping pusara sang istri tercinta, Ainun Habibie.

" Kami koordinasi dengan Garnisun, sudah disiapkan slot di sebelah almarhumah Ibu Ainun Habibie dan seingat saya di 120 dan 121," ujar Pratikno, dikutip dari Liputan6.com.

Pratikno mengatakan persiapan upacara pemakaman terus disiapkan. Nantinya, upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

" Tolong mohon doanya supaya persiapan bagus, dan juga berdoa untuk almarhum, semoga husnul khotimah," kata Pratikno.

Habibie meninggal dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Subroto pukul 18.05 WIB. Habibie mengalami gagal jantung disebabkan fisik yang sudah menua.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

3 dari 7 halaman

Sebelum Wafat, BJ Habibie Pesan Lahan di Samping Makam Ainun

Dream – Presiden ke-3 Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Kuningan, Jakarta.

Lalu, di manakah Habibie akan dimakamkan?

Ada kemungkinan Habibie akan dimakamkan di samping pusara sang istri, Hasri Ainun Habibie. Mendiang istri dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata.

 Ada lahan kosong di samping makan Hasri Ainun Habibie (yang ada vas bunga)

Di antara makam Ainun dan Widjojo, ada lahan makan yang telah dipesan khusus. Siapakah gerangan yang nantinya akan dimakamkan di sana?

Ternyata, pemesannya adalah Habibie.

“ Pak Habibie ingin dekat dengan makam istrinya,” kata pengurus lahan TMP Kalibata, Lani, kepada Dream, pada 4 Juni 2015.

4 dari 7 halaman

Dipesan Sendiri

Wakil Kepala Bagian Kantor TMP Kalibata ini mengatakan lahan kosong tersebut dipesan sendiri oleh Habibie. Sebagai mantan presiden, Habibie memang berhak menentukan sendiri di mana dia akan dimakamkan.

Lani merupakan salah satu PNS yang bertugas mengurusi lahan pemakaman khusus milik negara itu, Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Lahan kosong tersebut sengaja dipilihnya, sebagai perwujudan cinta sejatinya kepada wanita pujaannya. Rasa cinta Habibie itu juga tertuang dalam sajak untuk mengenang sang pujaan hati.

Sekadar informasi, lokasi makam Ainun terletak di beberapa pusara tokoh besar nasional. Makam Jenderal Besar Abdul Haris Nasution berada di sisi utara Ainun. Sisi barat, ada makam diplomat ulung mantan Menteri Luar Negeri era orde baru, Ali Alatas.

5 dari 7 halaman

BJ Habibie Meninggal Dunia

Dream - Indonesia kembali berduka. Presiden Ketiga Indonesia, Baharudin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia.

" Hari ini pada Rabu, 11 september 2019 pukul 18.05 WIB Presiden Ketiga BJ Habibie meninggal dunia," ujar putra kedua Habibie, Thareq Habibie, dalam konferensi pers di RSPAD Gatot Subroto.

Thareq menjelaskan tim dokter sudah melakukan upaya yang maksimal. Namun kondisi tidak bisa diprediksi.

" Kita sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Mohon doanya saja," kata Thareq.

Habibie meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Sebelumnya, Habibie dirawat di ruang ICU.

6 dari 7 halaman

BJ Habibie Wafat, Putra Bungsu: `Jantungnya Berhenti Beraktivitas`

Dream - Kabar duka menyelimuti bangsa Indoensia, Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia hari ini, Rabu, 11 September 2019, sekitar pukul 18.03 WIB.

" Saya harus menyampaikan ini, bahwa ayah saya, Presiden ke-3 RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

Thareq menjelaskan, salah satu penyebab " Bapak Teknologi Indonesia" itu berpulang yakni karena penyakit jantung yang diidapnya.

" Jantungnya sudah berhenti beraktivitas," ungkapnya. 

Menurut Thraeq, kondisi sang ayah memang terus menurun karena usianya yang sudah sepuh. Namun, Habibie masih tetap menjalani aktivitas yang sangat banyak.

" Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan," ujarnya

Thareq yang mendampingi sang ayah jelang akhir hidupnya menceritakan jika organ-organ dalam tubuh Sang Presiden melemah dan menjadi tidak kuat lagi.

" Pukul 18.05 jantungnya dengan sendirinya menyerah sampai titik akhir," kata dia.(Sah)

7 dari 7 halaman

Sampaikan Bela Sungkawa, Jokowi: Habibie Ilmuwan Dunia

Dream - Presiden Joko Widodo menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Presiden Ketiga Indonesia, Baharudin Jusuf Habibie. Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB usai menjalani perawatan intensif di ruang ICU RSPAD Gatot Subroto.

" Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan Pemerintah menyampaikan duka mendalam, menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Prof BJ Habibie tadi jam 18.05 di RSPAD Gatot Subroto," ujar Jokowi di RSPAD, Rabu 11 September 2019.

Jokowi mengatakan Habibie dikenal sebagai sosok ilmuwan dunia. Juga merupakan bapak teknologi Indonesia, serta presiden ketiga Republik Indonesia.

" Beliau berpulang ke rahmatullah dalam usia 83 tahun dan nantinya dari Rumah Sakit Gatot Subroto akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyematkan harapan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

" Dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan Bapak Profesor BJ Habibie semasa hidupnya," kata Jokowi.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya