Pakai Penutup, Thareq Habibie Usai Operasi Mata?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 13 September 2019 15:42
Pakai Penutup, Thareq Habibie Usai Operasi Mata?
Warganet bertanya alasan Thareq memakai penutup mata satu dan yang lainnya menjawab.

Dream – Sosok Thareq Kemal Habibie menyedot perhatian banyak orang. Setelah mengumumkan kabar meninggalnya Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie, Thareq menjadi sorotan.

Mengapa?

Selain jarang terekspose, anak bungsu BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie ini memakai penutup mata satu. Padahal saat melayat ibu Ani Yudhoyono, mata Thareq masih terlihat normal. 

Tak ada penjelasan resmi mengapa Thareq menutup matanya.

Namun, jika diperhatikan dari foto-fotonya saat menghadiri upacara pemakaman sang ayah, terlihat ada kasa putih yang nyempil di antara mata dan penutup berwarna hitam.

1 dari 6 halaman

Warganet Masih Penasaran

Dalam unggahan Dream di akun Instagram @dreamcoid, terlihat Thareq menghadiri pemakaman Habibie bersama keluarganya. Di unggahan ini, ada warganet yang bertanya tentang anak bungsu Habibie-Ainun.

Iya, nih, salah fokus sama matanya Pak Thareq. Ada apa?” tulis @hertikayantie.

Kenapa pakai penutup mata like bajak laut? Masih penasaran,” tulis @laksmipaopao.

 Thareq Kemal Habibie tampil dengan penutup mata.© Akun Instagram @dream.co.id

2 dari 6 halaman

Baru Saja Operasi?

Warganet pun menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Dikatakan, Thareq baru saja menjalani operasi mata. Namun, ada juga yang menyebut matanya rusak sejak belasan tahun yang lalu.

Dikatakan pula Thareq akan mendapatkan donor mata dari sang ayah, Habibie.

“ Maaf, Mbak. Itu mata Pak Thareq pasca operasi,” tulis @rezaadinu.

“ @laksmipaopo itu matanya habis operasi. Jadi, masih dalam proses pemulihan,” tulis @ajimuhammadadi.

“ @rezaadinu katanya matanya rusak 12 tahun yang lalu. Mau didonor dari Bu Ainun, tapi karena riwayat sakit kanker. Dan Pak Habibie sebelum meninggal sudah mendaftarkan diri donor mata untuk mata anaknya. Sebelum dikebumikan Pak Habibie sudah diambil untuk selanjutnya didonorkan pada anaknya,” tulis @ummakhtar.

 Baru saja operasi mata?© Akun Instagram @dream.co.id

Sampai berita ini diturunkan, Dream masih mencari informasi valid tentang alasan Thareq memakai penutup mata satu. 

3 dari 6 halaman

Sosok Thareq Habibie, Putra Habibie yang Pakai Satu Penutup Mata

Dream – Ada sosok yang menarik perhatian publik ketika Presiden ke-3 Indonesia, B. J. Habibie, meninggal dunia. Sosok putra bungsu BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie mendadak jadi sorotan karena penampilannya. 

Tampil memberikan pernyataan resmi usai sang ayah meninggal, penampilan Thareq Habibie memicu tanda tanya masyarakat. Adik Ilham Habibie ini tampil dengan mengenakan satu penutup mata sebelah kanan.

Dikutip dari berbagai sumber, Thareq Habibie adalah putra kedua dari B. J. Habibie dan Hasri Ainun Habibie. Pria ini menikah dengan wanita bernama Widya Leksamanawati pada 1997.

Pernikahannya Thareq Habibie dan Widya dikaruniai tiga orang anak, yaitu Farhah Sultan Habibie, Felicia Rasyida Habibie, dan Farrah Azizah Habibie.

 Thareq Kemal Habibie tampil dengan penutup mata.© Vidio.com/Liputan6.com

Sayangnya, tak banyak informasi tentang putra bungsu Habibie. Informasi tentang Thareeq Habibie hanya didapat saat saat dia hadir dalam acara yang digelar PT Pos Indonesia.

Mengutip laman Merdeka.com, Thareq saat itu datang untuk menyaksikan penandatangan kerja sama penerbitan peangko khusus Habibie-Ainun pada tahun 2017. Sata itu Thareq datang mewakili PT Thareq Habibie Carbon.

4 dari 6 halaman

Kok Pakai Penutup Mata?

Sementara mengutip laman Kapanlagi.com, penampilan Thareq dengan penutup mata bukan yang pertama kali terlihat. 

Thareq pernah terlihat memakai penutup mata ketika menjenguk Ani Susilo Bambang Yudhoyono saat dirawat di Singapura. Penampilan yang sama terlihat saat Thareq menghadiri pemakaman istri dari presiden SBY tersebut. 

Mengenakan kopiah berwarna hitam, Thareq duduk tepat dibelakang SBY yang 

 Thareq Kemal di belakang SBY© Foto: Kapanlagi.com

Saat memberikan kabar duka meninggalnya Habibie, dia pun juga memakai tutup mata.

Sampai saat ini, tidak diketahui jelas mengapa Thareq Kemal selalu memakai penutup mata. 

5 dari 6 halaman

Impian BJ Habibie Tentang Indonesia Maju dan Unggul

Dream – Kepergian Presiden ke-3 Indonesia, B. J. Habibie, menyisakan duka mendalam bagi maayarakat Indonesia dan dunia. Tak sedikit kenangan dan pesan yang diberikan dari sosok yang tengah merancang pesawat karya anak bangsa, R-80.

Salah satu pesan yang diberikan adalah memprioritaskan industri, seperti yang diutarakan oleh Menteri Badan Perencanan Pembangunan Nasional, Bambang P. S. Brodjonegoro. Habibie berpesan agar industri dalam negeri bisa maju.

Dia juga berpesan agar konektivitas di sektor perhubungan udara ditingkatkan.

 

 © Dream

 

" Beliau berpesan agar Indonesia selalu prioritaskan industri bernilai tambah tinggi dan berbasis teknologi, serta membangun konektivitas antar pulau via udara,” kata mantan menteri keuangan Liputan6.com, dikutip Kamis 12 September 2019.

Bambang menilai Habibie sebagai sosok negarawan yang demokratis.

6 dari 6 halaman

Role Model

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, turut berbela sungkawa atas meninggalnya Habibie. Budi Karya menyebut suami Alm. Hasri Ainun Habibie ini patut jadi role model.

“ Duka mendalam atas wafatnya putra terbaik bangsa Bapak BJ Habibie. Atas karya dan legacy Beliau sangat patut sebagai role model,” kata dia.

Budi Karya menilai sosok ini wajib dikagumi generasi milenial. Alasannya, kejeniusannya dalam menciptakan karya membuatnya dikenal sampai luar negeri. Habibie pun juga berperan banyak dalam kemajuan industri strategis di Indonesia.

" Banyak jasa almarhum di beberapa perusahaan industri strategis, seperti INKA, PAL, INTI. Beliau banyak memberi sumbangan pada industri transportasi," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Bawono Yadika)

Beri Komentar