Gara-gara BJ Habibie Kita Bisa Pakai Handphone

Reporter : Sugiono
Sabtu, 14 September 2019 17:26
Gara-gara BJ Habibie Kita Bisa Pakai Handphone
Berkat kebijakan BJ Habibie, kita sekarang bisa pakai ponsel, bermain PUBG atau menonton video di YouTube.

Dream - Rakyat Indonesia merasa sangat kehilangan dengan wafatnya Presiden RI ke-3, BJ Habibie. Makamnya seolah tidak pernah sepi dari para warga yang ingin berziarah mendoakan pria berjuluk Mr. Crack itu.

Tapi bukan hanya warga biasa yang merasa kehilangan. Perusahaan besar sekelas PT Telkomsel juga merasakan hal yang sama.

Rasa kehilangan perusahaan tersebut bahkan mungkin lebih besar karena peranan dan kontribusi BJ Habibie.

Sejarah hadirnya teknologi GSM di Indonesia memang tidak dapat dipisahkan dari peran penting BJ Habibie yang wafat di usia 83 tahun.

Tanggal 14 Juli 1993, Habibie menulis tentang persetujuan dan penerapan teknologi GSM sebagai standar teknologi seluler Indonesia.

Saat itu Habibie menjabat Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Republik Indonesia.

Tulisan itu menjadi rujukan untuk melakukan migrasi teknologi dan pengembangan industri seluler analog ke digital di Indonesia.

Tanggal 2 September 1994, Habibie meresmikan pengoperasian Telkomsel untuk pertama kalinya di Pulau Batam. Saat itu Telkomsel masih menjadi nama produk dari PT Telkom.

Habibie kemudian mencoba teknologi GSM untuk pertama kalinya di Indonesia dengan melakukan hubungan telepon dari Batam ke Jakarta dan London.

Telkomsel kemudian dikembangkan dan dipersiapkan sebagai sebuah operator seluler. Sehingga lahirlah PT Telkomsel pada 26 Mei 1995.

Bisa dibilang, Habibie adalah pelanggan pertama Telkomsel. Namun, sebagai penghormatan terdalam atas peran dan kontribusinya, Habibie diberi penghargaan sebagai pelanggan Telkomsel ke-100 juta pada tahun 2011.

Jadi, gara-gara BJ Habibie, kita sekarang bisa pakai ponsel, bermain PUBG atau menonton video di YouTube.

Sumber: Merdeka.com

1 dari 3 halaman

Video Menyentuh Xanana Gusmao Saat Jenguk BJ Habibie

Dream - Video mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, dan Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, viral di media sosial.

Video yang mengharukan tersebut memperlihatkan pelukan Xanana ke Habibie. Bahkan, Habibie tak segan menunjukkan kedekatannya dengan presiden yang berkuasa di Timor Leste pada 2002 hingga 2007 itu dengan mencium kening dan mengelus kepalanya.

Video itu menjadi perbincangan di dunia maya. Tetapi, video itu bukan dibuat saat Habibie menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto September 2019.

Menurut Duta Besar Timor Leste untuk Republik Indonesia, Alberto XP Carlos, video di Facebooknya itu direkam pada Juli 2019. Lokasinya, meski tak dia sebut, tampak di RSPAD Gatot Soebroto.

Saat Habibie meninggal, Xanana yang merupakan mantan gerilyawan itu tampak mengirim pesan yang mendalam di karangan bunga. " Dengan duka simpati atas meninggalnya sahabat Presiden BJ Habibie. Warga Timor Timur akan mengingatmu selamanya. Damai selalu," Xanana.

2 dari 3 halaman

Warga Antre Foto dan Berdoa di Makam BJ Habibie

Dream - Jenazah Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 12 September 2019.

Sepeninggal keluarga dan tamu undangan, warga memadati pusara Habibie. Dilaporkan Liputan6.com, warga masih berdatangan ke makam Habibie sekitar pukul 16.00 WIB. Warga antre memanjatkan doa di makam Habibie.

Selain berdoa, masyarakat juga tampak berfoto sembari memegangi pesawat kertas. Karena berdesakan, petugas pun meminta warga tertib, tak memasuki batas garis yang telah ditetapkan.

Meski demikian, warga tak menuruti larangan hingga melewati garis merah untuk berfoto. " Jangan sampai masuk ya bu," kata petugas TMP Kalibata.

Makam Habibie menempati kavling 120. Lokasinya, di samping istri yang lebih dulu wafat. Ainun dimakamkan di kavling 121. Sementara, Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

BJ Habibie meninggal dunia Rabu malam, 11 September 2019. Dia mengembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 18.05 WIB usai menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

3 dari 3 halaman

Maleo, Mimpi Mobil Nasional Murah BJ Habibie yang Tergusur

Dream – Selain dunia dirgantara, mendiang Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie Habibie juga mencintai otomotif. Selain mengoleksi mobil-mobil klasik dan motor gede, BJ Habibie juga pernah menginisiasi pembuatan mobil nasional, Maleo.

Mengutip laman WikipediaKamis 12 September 2019, mobil nasional ini dibidani oleh Habibie pada 1996. Kala itu, Habibie ingin menjual mobil itu dengan harga sangat murah. kurang lebih Rp30 juta. 

Maleo dirancang dengan mesin tiga silinder berkapasitas 1.200 cc yang bisa menyemburkan tenaga 80 PS. Mobil ini mengusung teknologi baru hasil kerja sama dengan Orbital, produsen otomotif asal Australia. 

Mobil sedan itu menggunakan mesin 2 tak sehingga mekanisme mesinnya menjadi lebih sederhana daripada yang 4 tak. 

Kala itu, BJ Habibie menargetkan komponen lokal Maleo mencapai 80 persen. Namun impian Habibie melahirkan Mobnas tak bisa terwujud.

Maleo tergusur oleh hadirnya mobil baru yang kala itu digadang akan menjadi Mobnas. Seluruh dana proyek Mobnas akhirnya tersedot ke proyek Mobnas tersebut.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie