Diguncang Gempa Magnitudo 7,5, Pantai Selatan Alaska Berpotensi Tsunami

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 20 Oktober 2020 09:30
Diguncang Gempa Magnitudo 7,5, Pantai Selatan Alaska Berpotensi Tsunami
Gempa besar ini diikuti setidaknya empat gempa bumi susulan

Dream - Gempa bumi dengan magnitudo 7,5 mengguncang Sand Point, Alaska, Amerika Serikat, Senin 19 Oktober 2020, pukul 01.31 waktu setempat.

Menurut laporan National Oceanic and Atmospheric Administration, peringatan tsunami mencakup sebagian besar pantai selatan di negara bagian tersebut, termasuk Semenanjung Alaska.

Zona rawan saat ini, membentang ratusan kilometer arah timur laut ke Cook Inlet, sampai dekat Anchorage, kota terbesar yang berada di ujung teluk.

" Tingkat bahaya tsunami sedang dievaluasi," jelas National Oceanic and Atmospheric Administration memperingatkan.

1 dari 6 halaman

Diketahui menurut laporan Survei Geologi AS (USGS), pusat gempa bumi berada sekitar 92 km dari Sand Point dengan kedalaman 40 km.

Gempa besar ini diikuti setidaknya empat gempa bumi susulan dengan 5.0 magnitudo atau lebih tinggi.

Rekaman video di sosial media menangkap momen di mana sirine tsunami di dekat Sand Point, Alaska, berbunci. Salah satunya, diunggahan oleh akun Instagram @daryonobmkg.

      View this post on Instagram    

Sirine perintah evakuasi berbunyi, pasca gempa M7,5 di Alaska tadi pagi pukul 3.54 WIB

A post shared by DARYONO BMKG (@daryonobmkg) on

 

2 dari 6 halaman

Gempa bumi besar dapat menyebabkan tsunami atau gelombang laut tinggi yang panjang ketika lempengan batu di dasar laut secara tiba-tiba bergerak melewati satu sama lain, secara vertikal menggeser air di atasnya.

Menurut USGS, gempa bumi dengan magnitudo antara 6,5 hingga 7,5 biasanya tidak menyebabkan " tsunami yang merusak" .

" Namun, perubahan kecil permukaan laut dapat diamati di sekitar episentrum. Tsunami yang mampu menimbulkan kerusakan atau korban jiwa jarang terjadi dalam kisaran magnitudo ini tetapi telah terjadi karena efek sekunder seperti tanah longsor atau longsoran bawah laut," kata USGS dalam laporannya.

3 dari 6 halaman

Warga Amerika Serikat Rasakan Gempa Paling Aneh

Dream- Gempa berkekuatan magnitudo 5,1 skala menghantam Carolina Utara, Amerika Serikat. Gempa tersebut berpusat di dekat Sparta, North Carolina dan dapat dirasakan di seluruh bagian lain negara bagian itu.

Menurut USGS, gempa tersebut dirasakan di Sparta, Gunung Airy, Boone dan Lewisville di Carolina Utara, serta di Charleston, Virginia Barat.

Gempa yang terjadi pada Senin, 10 Agustus 2020 dini hari waktu Indonesia Bagian Barat, merupakan gempa langka dan dan diyakini sebagai gempa terbesar di daerah itu dalam 104 tahun terakhir, tepatnya pada tahun 1916.

Pada tahun itu gempa berkekuatan 5,1 skala Richter menggegerkan wilayah Skyland di Buncombe County dan sekitarnya.

4 dari 6 halaman

Terima 6000 Laporan

Melalui laman Mirror.co.uk, Ahli geofisika dari Pusat Informasi Gempa Nasional di Colorado, Randy Baldwin menjelaskan gempa terjadi pada pukul 08.07 waktu AS. Pusat gempat berada di perbatasan Carolina Utara dan Virginia dekat Kota Sparta. Namun, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan atau cedera dari masyarakat setempat.

Gempa ini berkekuatan 5,1 pada skala 10 poin. Pusat informasi menerima lebih dari 6.000 laporan gempa dalam radius 200 mil yang menyentuh tujuh negara bagian. Kemungkinan gempa susulan dengan magnitudo 3 atau lebih tinggi menurut berpotensi terjadi,” papar Baldwin yang dilansir Mirror dari The News & Observer Sunday.

5 dari 6 halaman

Lebih Aneh dari Cerita Fiksi

Menurut laporan penduduk, gempa tersebut dirasakan hingga Raleigh, yang jaraknya hampir 150 mil dari pusat gempa itu terjadi. Itu merupakan gempa kedua di daerah itu sebelumnya terjadi pada hari Minggu, dengan kekuatan 2,6 SR. Gempa itu melanda sekitar 2 mil selatan Sparta tepat sebelum jam 2 pagi.

Penduduk Caroline Utara pun mengunggah peristiwa gempa langka itu di sosial media twitter.

"  Bangun sebelum alarm saya karena saya merasakan gempa bumi Carolina Utara pertama saya di Tahun Tuhan kita yang lebih aneh dari fiksi ini, 2020,” cuit salah seorang dari mereka.

"  Tidak pernah mengira saya akan merasakan #earthquake di North Carolina! Mendorong saya keluar dari kabut kantuk di hari Minggu pagi,” cuit yang lainnya.

 

6 dari 6 halaman

Seorang warga di Greeneville, Tennessee memastikan mereka merasakan gempa pagi ini.

"  Oke. Sudah pasti tahun 2020. NC baru saja merasakan gempa 5,1 di sini di Greeneville TN. Apa selanjutnya?,” tulis warga Greeneville.

Gempa bumi di daerah tersebut sangat jarang terjadi. Hal itu pun disadari masyarakat hingga menjadi bahan pembicaraan di media sosial.

"  Tepat ketika saya mengira tahun 2020 tidak akan terjadi hal yang lebih aneh lagi, tapi malah baru saja mengalami gempa bumi di sini di Carolina Utara,” cuit salah seorang dari mereka.

"  Carolina Utara baru saja menampilkan Gempa terkuatnya dalam 104 TAHUN ... Sialan Anda 2020, teruskan saja,” ujar yang lainnya.

Sumber : Mirror.co.uk

Beri Komentar