Anak dan Menantu Jokowi Resmi Dilantik Jadi Walikota

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 26 Februari 2021 11:15
Anak dan Menantu Jokowi Resmi Dilantik Jadi Walikota
Gibran menjai Wali Kota Surakarta, sementara Bobby Nasution memimpin Kota Medan.

Dream - Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Putra pertama Presiden Joko Widodo itu menjalani pelantikan di Gedung DPRD Surakarta, Jumat 26 Februari 2021.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melantik Gibran dan Teguh Prakosa sebagai pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Surakarta 2021-2026 secara virtual. Pelantikan dijalankan bersamaan untuk sejumlah kepala daerah lain di Jawa Tengah.

" Hari ini saya lantik saudara-saudari sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang nama-namanya tercantum dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.33/280 Tahun 2021 tanggal 22 Februari 2021," ucap Ganjar mengawali pelantikan.

Bersama Gibran dan Teguh, dilantik pula lima pasang kepala daerah di Solo Raya. Kelima pasangan tersebut menjabat sebagai Bupati-Wakil Bupati di Wonogori, Klaten, Boyolali, Sukoharjo, dan Sragen.

1 dari 2 halaman

Usai Kepala dan Wakil Kepala Daerah, pelantikan dilanjutkan untuk Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda seluruh Jawa Tengah. Untuk Kota Surakarta, jabatan tersebut diamanahkan kepada Selvi Ananda.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Surakarta, Wahyu Kristina, sebelumnya menyampaikan pelantikan Wali Kota-Wakil Wali Kota Surakarta sedianya dijalankan di Balai Kota. Tetapi, lokasi pelantikan dipindah.

" Perubahan lokasi pelantikan ke Gedung DPRD kita lakukan sesuai arahan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Nanti sekaligus akan dilakukan serah terima jabatan dan pidato pertama Wali Kota," kata Wahyu.

Sumber: Merdeka.com/Arie Sunaryo

2 dari 2 halaman

Bobby Wali Kota Medan

Sementara, menantu Jokowi, M Bobby Afif Nasution, juga dilantik sebagai Wali Kota Medan. Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, di Aula T Rizal Nurdin, kompleks dinas gubernur, Jalan Sudirman, Medan.

Bobby dilantik bersama wakilnya, Aulia Rachman. Keduanya kompak datang ke kompleks rumah dinas Gubernur Sumut menggunakan satu mobil. Aulia yang menjadi sopirnya.

Istri Bobby, Kahiyang Ayu, turut mendampingi suaminya. Putri Jokowi tampil anggun dengan kebaya merah dipadu selendang songket. Sementara istri Aulia Rachman, Shaula Arindianty, tampil dengan busana warna merah muda juga dipadupadankan dengan selendang songket yang sama dengan Kahiyang.

Selain Bobby dan Aulia, Edy Rahmayadi juga melantik 5 kepala daerah lainnya. Kelimanya yakni: Amir Hamzah sebagai Wakil Wali Kota Binjai, HM Syahrial dan H Waris sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjung Balai, H Surya dan Taufik Zainal Abidin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan, Darma Wijaya dan Adlin Umar Tambunan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai, serta Dosmar Banjarnahor dan Oloan Nababan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan.

Edy mengambil sumpah jabatan keenam kepala daerah ini. Mereka kemudian menandatangani pakta integritas dan SK pelantikan.

Beri Komentar