Kronologi Penangkapan Ferdian Paleka, Youtuber Prank Sembako Sampah

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 8 Mei 2020 11:02
Kronologi Penangkapan Ferdian Paleka, Youtuber Prank Sembako Sampah
Ferdian Paleka ditangkap saat dalam pengejaran di Tol Tangerang-Merak.

Dream - Ferdian Paleka, YouTuber pemberi sembako sampah sempat buron dan akhirnya tertangkap pada Kamis malam, 7 Mei 2020. Pria itu menjadi orang yang paling dicari Polrestabes Bandung selama beberapa hari terakhir.

Hampir sepekan dia bersembunyi setelah mengunggah video prank yang membagikan sembako berisi sampah dan batu, kepada transpuan di Kota Bandung.

Sejak aksi tak terpujinya itu, Ferdian kerap menjadi bahan cibiran warganet. Aksi itu juga membuatnya berurusan dengan hukum,

Kepolisian sempat mendatangi kediamannya di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sayangnya, polisi tidak berhasil menemui Ferdian.

Kini, kisah pelariannya berakhir. Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto mengungkapkan penangkapan Ferdian sempat tidak berjalan mulus.

Berikut beberapa fakta yang dirangkum Liputan6.com, Jumat 8 Mei 2020:

 

1 dari 7 halaman

1. Masuk Dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)

Sebelum diciduk, Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung memasukkan nama Ferdian Paleka dalam daftar pencarian orang (DPO). Polisi mulai memburu Ferdian dengan cara menyebarkan foto pelaku.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri, mengatakan selain Ferdian, polisi juga menyebar foto pelaku lain yang berinisial A.

" Kami sudah sebar (identitas pelaku) keduanya ya," kata Galih di Bandung, seperti dilansir Antara.

Memasuki hari keempat, Indragiri mengimbau agar Ferdian dan A menyerahkan diri kepada polisi.

Karena polisi pasti akan melakukan tindakan tegas apabila mereka tidak kooperatif dalam kasus ini. " Kami imbau pelaku lebih baik menyerahkan diri saja," tuturnya

 

2 dari 7 halaman

2. Dilacak Polisi

Kapolrestabes Bandung, Kombes Ulung Sampurna Jaya, menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan pengejaran terhadap pelaku. Sebelum tertangkap, dikabarkan Ferdian Paleka terlacak keberadaannya di Bogor.

" Kemarin dia (Ferdian Paleka) itu ada di Bogor. Dia ada di luar kota, kita cek ada di Bogor, kita lagi kejar ke Bogor," kata Ulung.

 

3 dari 7 halaman

3. Tertangkap di Jalan Tol Tangerang-Merak

Pelarian YouTuber Ferdian Paleka berakhir. Pria asal Bandung ini akhirnya ditangkap polisi pada Jumat, 8 Mei 2020 dini hari.

Menilik unggahan Muhammad Gariz Luis Ma’luf yang merupakan anggota kepolisian, Ferdian Paleka tertangkap oleh tim Polrestabes Bandung di Jalan Tol Tangerang-Merak, di KM 19.

 

4 dari 7 halaman

4. Penangkapan Tak Berjalan Mulus

Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto menuturkan detik-detik penangkapan Ferdian. Kata dia, penagkapan Ferdian di tol tidak berjalan mulus. Mobil yang dikendarai Ferdian di Tol Tangerang-Merak, arah Banten menuju Jakarta sempat tidak mau dihentikan petugas kepolisian.

" Sempat kejar-kejaran, dari sekitar KM 21 atau 22 gitu. Baru dia mau diberhentikan," ungkap Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto saat dihubungi Liputan6.com, Jumat 8 Mei 2020.

Setelah berhasil diberhentikan, Ferdian langsung dibawa dan diamankan ke Mapolda Jabar, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

5 dari 7 halaman

5. Diamankan Bersama 2 Orang Lainnya

Ferdian Paleka ditangkap pihak kepolisian setelah melarikan diri dari Banten. Kasat Reskrim Polres Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan, ia diamankan beserta dua orang lainnya. Di mana salah satunya adalah pakde dari Ferdian.

" Tim Jatanras Polda Jabar berhasil mengamankan 3 orang yaitu Ferdiansyah alias F, Aidil alias A dan Jamaludin Alias J (Pakdenya Si F)," katanya kepada merdeka.com, Jumat 8 Mei 2020.

Galih menambahkan, Ferdian Paleka dan dua lainnya ditangkap usai keluar dari Pelabuhan Merak sekitar pukul 01.00 WIB.

" Target diamankan di Tol Jakarta-merak daerah Tangerang, setelah keluar Pelabuhan Merak sekira pukul 01.00 WIB, kini para tersangka sementara di bawa ke Ditreskrimum Polda Jabar," katanya.

 

6 dari 7 halaman

6. Semua Pelaku Telah Tertangkap

Dari kasus ini, polisi telah berhasil amankan empat orang pelaku. Di mana seorang pelaku lainnya lebih dulu menyerahkan diri ke kantor polisi.

" Kasus prank sudah diamankan semua, selain inisial T yang sudah dulu diamankan tim Sat Reskrim Polrestabes Bandung," pungkasnya.

 

7 dari 7 halaman

7. Penampilan Berbeda

Saat membuat konten Ferdian masih berambut pirang dan berkumis tipis. Namun saat ditangkap dia jauh lebih klimis dengan rambut hitam. Tak ceria saat seperti membagikan makanan berisi sampah kepada transpuan, ekspresi Ferdian Paleka kali ini sangat berbeda.

Dalam penangkapan itu, terlihat jika polisi mengamankan Ferdian Paleka dengan memborgol tangannya. Ia juga hanya bisa tertunduk lesu menghadapi kenyataan berurusan dengan hukum lantaran membuat video membagikan makanan berisi sampah kepada transpuan. Tatapan matanya juga terlihat kosong.

Sumber: Liputan6.com/Dyah Mulyaningtyas

Beri Komentar