Gara-gara Balon, Pesta Ultah Berubah Jadi Petaka

Reporter : Sugiono
Jumat, 27 April 2018 09:01
Gara-gara Balon, Pesta Ultah Berubah Jadi Petaka
Mimpi buruk itu dimulai ketika dia menyalakan lilin di kue ulang tahun.

Dream - Sebuah pesta ulang tahun berubah menjadi mimpi buruk ketika balon hidrogen meledak dan menyebabkan tubuh seorang gadis terbakar.

Dalam sebuah rekaman video yang viral di Facebook terlihat ledakan terjadi saat gadis itu menyalakan lilin di kue ulang tahun.

Api besar dari ledakan tersebut langsung menyelimuti tubuh si gadis yang sedang berulang tahun dan beberapa temannya yang berdiri dekat meja kue ulang tahun.

Insiden di India ini terjadi pada hari Sabtu lalu dan menjadi viral setelah dimuat oleh teman gadis itu di Facebook.

Dalam video terlihat orang yang merekam kejadian tersebut sempat panik saat terjadi ledakan besar. Dia kehilangan kendali atas kameranya beberapa saat sebelum meneruskan merekam kejadian nahas itu.

Saat itu terlihat si gadis malang lari ke arah kamera sambil terus berteriak-teriak. Si gadis dilaporkan menderita luka bakar parah di area lengan dan tangannya.

Pemakaian balon hidrogen untuk acara pesta atau acara tertenti sebetulnya sudah banyak dilarang sejumlah negara sejak tahun 1914.

Hidrogen diketahui termasuk salah satu gas ringan yang mudah terbakar. Saat ini kita mengenal balon di pasaran biasanya berisi helium atau hidrogen.

Sifat helium lebih ringan dari udara dan kurang padat. Karena itulah gas helium tidak mudah terbakar. Meski bisa meledak, balon helium tak sampai meledak dan terbakar.

Sedangkan balon hidrogen diketahui lebih ringan dari gas helium. Jika tingkat keringanannya dibandingkan, hidrogen lebih tinggi. Hidrogen mudah terbakar dan meledak jika ada sumber api di dekatnya.

Penggunaan hidrogen selama ini masih banyak digunakan karena harganya dianggap lebih murah. Tapi karena alasan itu juga bayak orang yang tak mempedulikan keselamatannya. 

Untuk para orang tua sebaiknya mulai hati-hati saat memilih balon yang akan digunakan untuk merayakan ulang tahun anak-anak. Hindari menggunakan balon hidrogen karena sifatnya yang mudah terbakar dan meledak.

(Sah)

 

(Sumber: Siakapkeli.my)

1 dari 1 halaman

Lihat Videonya...

Beri Komentar