Geger Air Laut Dua Warna Tak Bisa Bercampur di Jembatan Suramadu

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 20 Maret 2019 16:20
Geger Air Laut Dua Warna Tak Bisa Bercampur di Jembatan Suramadu
Tampak garis seperti memisahkan dua arus laut.

Dream - Video mengenai dua air laut berbeda warna tak bisa bercampur membuat geger netizen. Video itu diambil dari Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Madura.

Setelah diunggah di akun Facebook milik Mohammad Fahrizal, video tersebut menjadi viral. Gambar video itu memperlihatkan secara sepintas lokasi yaitu Jembatan Suramadu, lalu diarahkan ke laut.

Terlihat air laut terbelah dalam dua warna. Satu sisi berwarna hitam, sementara sisi lainnya berwarna abu-abu. Dua sisi tampak terpisah dengan buih putih sebagai penanda.

" Mak bissa deiyeh aing ye? Mak bisa geris (Kok bisa seperti ini airnya? Kok bisa seperti menggaris)," demikian suara yang terdengar dari video tersebut, dikutip dari Warta Bromo.

1 dari 2 halaman

Bisa Terjadi Karena...

Fenomena alam semacam itu bisa terjadi disebabkan beberapa hal. Salah satunya bisa karena dua arus laut dengan kadar garam yang berbeda.

Air laut berwarna hitam diduga tercampur dengan air tawar dari daratan. Sementara yang berwarna abu-abu adalah murni air laut.

Arus bawah yang besar juga berpengaruh terhadap tidak bercampurnya dua air laut. Arus tersebut menimbulkan perbedaan suhu, kadar garam dan kerapatan air.

Sehingga, air laut yang mengandung air tawar tidak dapat bercampur dengan air laut murni. Alhasil, muncul semacam batas di air laut tersebut.

Fenomena ini juga terjadi di Selat Gibraltar yaitu menjadi titik pertemuan antara Laur Tengah dengan Samudra Atlantik. Arus air dari dua perairan tersebut tidak dapat bercampur.

Sumber: Wartabromo.com

2 dari 2 halaman

Ini Videonya

Beri Komentar
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir