Geger Bocah Keluarkan Semut dan Kertas dari Telinga

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 10 Maret 2019 09:34
Geger Bocah Keluarkan Semut dan Kertas dari Telinga
Arif didiagnosis menderita penyakit langka.

Dream - Arif Azka, 12 tahun, membuat geger masyarakat Kabupaten Majalengka. Bocah asal Desa Majasuka, Kecamatan Palasah ini mengeluarkan semut dan potongan kertas dari telinganya.

Hal ini merupakan keanehan namun tidak ada kaitannya dengan hal gaib. Bocah ini didiagnosis menderita penyakit aneh dan belum diketahui penyebab maupun obatnya.

" Penyakit aneh yang dialami keponakan saya belum diketahui asal muasalnya. Baru terjadi sekitar dua minggu ini," ujat bibi Arif, Yuliani, dikutip dari Liputan6.com.

Yuliani mengatakan orangtua Arif sudah berusaha membawa bocah itu ke sejumlah klinik pengobatan. Sayangnya, upaya itu tidak juga membuahkan hasil.

Semut yang jumlahnya mencapai ratusan tetap keluar dari telinga Arif. Bocah itu serip menangis setiap kali penyakitnya kambuh.

" Orangtuanya membantu keluarkan semut dengan pinset kalau sedang kesakitan," kata Yuliani.

 

 

 

1 dari 5 halaman

Jadi Perhatian Serius Pemerintah Daerah

Menurut dia, Arif pernah dibawa berobat di Poli THT RSUD Cideres Kadipaten. Dokter menyatakan di telinga Arif masih ada banyak sekali semut dan potongan kertas.

" Katanya menjalar mendekati otak. Kasihan keponakan saya," kata Yuliani.

Kasus Arif mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Alimudin, mengatakan pihaknya bersama rumah sakit terus memantau kondisi Arif.

" Saya juga akan mendalami informasi ini ke dokter THT, barangkali pernah mengobati pasien bernama Arif. Betul tidak penyakit ini, sebab secara nalar tidak masuk akal," kata Ali.

Ali mengaku begitu mendapat kabar mengenai penyakit Arif, dia langsung berkoordinasi dengan RSUD Cideres dan Puskesmas. Meski begitu, dia belum bisa memberikan komentar banyak.

" Belum bisa menanggapi banyak dulu ya sebelum saya tahu kronologis detailnya," kata dia.

 

2 dari 5 halaman

Ada Kejanggalan

Sementara, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erli Harleni, menilai ada beberapa kejanggalan terkait penyakit Arif. Menurut dia, telinga manusia terbagi menjadi dua yaitu luar dan dalam.

" Yang bisa kita lihat secara langsung telinga bagian luar yang ukurannya sekitar 2 cm dari tragus sampai membran timpany," kata dia.

Erli mengatakan kecil kemungkinan semut bisa hidup dan berkembang biak di telinga manusia. Apalagi jumlahnya sampai ribuan dan ada gulungan kertas.

" Telinga tidak memproduksi kertas, paling serumen atau kotoran telinga," kata Erli.

Lebih lanjut, Erli menyatakan penyakit Arif terus dalam pemantauan. Dia juga masih memeriksa data rekam medis Arif.

Sumber: Liputan6.com/Panji Prayitno

3 dari 5 halaman

Meringis Kesakitan, Telinga Bocah Ini Dipenuhi Semut dan Potongan Kertas

Dream - Kejadian tak terduga pada anak bisa terjadi kapan saja. Meski selalu berada dalam pengawasan bukan berarti mereka aman sepenuhnya. Saat kadung terjadi, orang tua hanya bisa panik dan cemas.

Hal tak terduga inilah yang dialami seorang bocah asal Dusun Majasuka, Kecamatan Palasah, Majalengka bernama Arif Adzka.

Kemalangan dialami Arif seperti terlihat dari video yang diunggah akun instagram @ndorobeii. Arief terus menangis karena menahan rasa sakit di telinga.

Dalam postingan diungkapkan jika telinga Arif diduga kemasukan ribuan semut sehingga Ia tak kuasa menahan sakit.

4 dari 5 halaman

Sempat Dibawa ke Dokter

Melihat kondisi anaknya, keluarga berinisiatif membawa Arief berobat ke dokter THT sesaat setelah semut memasuki telinganya.

Namun tim dokter angkat tangan lantaran bingung dan merasa aneh dengan kejadian mustahil tersebut. 

Kebingungan mereka bertambah karena di dalam telinga Arief tak hanya ditemukan semut. Ada juga kertas masuk ke lubang telinganya.

Pada video selanjutnya terlihat Arif mengeluarkan sendiri kertas dan semut yang ada di lubang telinganya menggunakan catut uban rambut.

Terlihat pula sobekan kertas dalam wadah plastika yang berhasil dikeluarkan sebelumnya.

Akhir postingan dalam unggahan @ndorobeii ini meminta doa dan saran bagi kesembuhan Arif.

Berikut Videonya:

Beri Komentar