Gempa Bumi Hari Ini, 12 Agustus 2019

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 12 Agustus 2019 13:01
Gempa Bumi Hari Ini, 12 Agustus 2019
Berikut data gempa bumi yang terjadi pada 12 Agustus 2019 berdasarkan laporan dari BMKG (Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika) Indonesia..

Dream – Hari ini tepatnya tanggal 12 Agustus 2019, Indonesia mengalami beberapa gempa bumi di sejumlah wilayahnya. Tidak hanya hari ini saja, Indonesia memang kerap mengalami gempa bumi di beberapa wilayahnya.

Gempa bumi itu juga memiliki kekuatan yang berbeda-beda disetiap kali terjadinya. Indonesia memang termasuk ke dalam salah satu negara yang rawan terjadi gempa bumi.

Terdapat beberapa macam jenis gempa bumi yang ada hingga saat ini mulai dari gempa bumi tektonik hingga gempa bumi vulkanik.

Namun, perlu untuk diketahui jika tidak hanya dua jenis gempa bumi yang dikatakan sebelumnya.

Gempa bumi sendiri merupakan getaran yang terjadi di atas permukaan bumi disebabkan oleh adanya pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba sehingga menyebabkan gelombang seismik.

Pelepasan energi ini jika begitu besar mampu untuk menimbulkan adanya gelombang air yang sangat tinggi dan bisa menerjang daratan.

Kondisi itu juga telah beberapa kali terjadi di Indonesia seperti yang terkenang dalam sejarah Indonesia yaitu gempa bumi dan tsunami di Aceh.

Setelah perayaan Hari Idul Adha, Indonesia kembali diterjang getaran yang berasal dari dalam bumi. Bahkan, Senin pagi (12/08/19) BMKG telah mencatat setidaknya terdapat beberapa kali terjadi gempa bumi yang melanda beberapa bagian.

Berikut adalah laporan resmi dari BMKG yang dilansir dari akun resminya:

1 dari 3 halaman

Gempa Bumi Bali

Pada pukul 05.08 pagi, Bali dan sekitarnya merasakan gmpa bumi yang berkekuatan 4.9 SR. Menurut laporan dari BMKG, pusat gempa bumi ini terjadi di laut 59 km Barat Daya Jembrana dengan kedalaman 82 km.

Beberapa wilayah yang ikut merasakan getaran dari gempa bumi ini adalah Kuta, Banyuwangi, Jembrana, Jimbaran, Nusa Dua hingga Denpasar. Gempa bumi ini tidak menimbulkan adanya gelombang tsunami dan kerusakan lainnya.

 

2 dari 3 halaman

Gempa Bumi Bali

Setelah dirasakannya gempa bumi pada pukul 05.08 pagi, Bali mengalami gempa bumi susulan yang terjadi pada pukul 05.51 pagi dengan kekuatan 5.0 SR. Menurut laporan dari BMKG, gempa kali ini berpusat di 181 km Barat Daya Jembrana, Bali dengan kedalaman 10 km.

Beberapa wilayah yang merasakan getaran dari gempa bumi ini meliputi Kuta, Denpasar, Banyuwangi serta Jember. Menurut BMKG juga, mereka mengatakan gempa susulan ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

3 dari 3 halaman

Gempa Bumi Yogyakarta

Selang beberapa jam dari gempa bumi Bali, Yogyakarta mengalami gempa bumi dengan kekuatan 3.0 SR. Menurut dari laporan BMKG yang dirilisnya, gempa bumi di jogja ini berpusat di darat 12 km Barat Laut Gunung Kidul dengan kedalaman 10 km.

Salah satu wilayah di Yogyakarta yang merasakan getaran dari gempa bumi ini adalah Bantul. Gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami dan tidak menimbulkan kerusakan.

 

 

 

 

(ism, Sumber: Twitter BMKG)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri