Facebook dan WhatsApp Tumbang, Jangan Lapor Polisi!

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 14 Maret 2019 14:00
Facebook dan WhatsApp Tumbang, Jangan Lapor Polisi!
Polisi di Selandia Baru pernah punya pengalaman dapat laporan soal media sosial yang bermasalah.

Dream - Tiga platform media sosial yang banyak dipakai, Facebook, WhatsApp, dan Instagram, tidak bisa diakses di sejumlah negara. Hal ini menimbulkan kepanikan di kalangan pengguna tiga platform milik grup Facebook itu.

Terkait situasi ini, Kepolisian Selandia Baru mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk tidak menelepon nomor gawat darurat 111. Langkah ini untuk mengantisipasi adanya telepon dari masyarakat berisi pengaduan mereka atas tumbangnya Facebook, seperti dilansir stuff.co.nz.

" Kami tahu. @facebook dan @instagram kita tidak bisa bekerja. Sayangnya kami tidak bisa berbuat apa-apa karena, Anda tahu, mereka berbasis di Amerika dan kami adalah polisi. Jadi tolong jangan menelepon kami untuk melaporkan ini. Mohon dengan sangat," demikian peringatan Kepolisian Selandia baru lewat akun Twitternya, @NZPCanterbury.

Kepolisian Selandia Baru sejauh ini belum menerima telepon berisi keluhan warga. Tetapi, di tahun-tahun sebelumnya, polisi kerap mendapat telepon dari warga yang melaporkan tumbangnya media sosial.

Facebook mengeluarkan pernyataan resmi terkait kondisi ini. Pernyataan tersebut disampaikan lewat akun resmi Facebook di Twitter. Facebook menyatakan kondisi ini terjadi lantaran ada serangan siber dan tengah dalam penanganan.

" Kami menyadari beberapa orang mengalami masalah dalam mengakses aplikasi keluarga Facebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini secepatnya," tulis Facebook.

Isu tumbangnya grup Facebook dilaporkan pertama kali oleh laman DownDetector. Laman tersebut menunjukkan platform media sosial terbesar di dunia itu tumbang di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Manila, Australia, dan Selandia Baru, pada Selasa.

Sehari kemudian, Gmail dan Google Drive juga tumbang. Sejumlah orang dilaporkan mengalami masalah saat proses loading ke situs serta mengirim email.

1 dari 3 halaman

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tumbang di Beberapa Negara

Dream - Akses Facebook dan Instagram di beberapa negara di dunia tengah bermasalah. Kondisi kesulitan mengakses dua sosial media terbesar itu juga terjadi pada aplikasi perpesanan Whatsapp yang masih berada di bawah Facebook.

Meski masih bisa masuk ke halaman utama, beberapa pengguna platform sosial media mengaku kesulitan mengirimkan pesan lewat fitur Messenger Facebook. Mereka juga sulit mengunggah feed dan beberapa fitur lain dari Facebook.

Masalah serupa terjadi pada Instagram dan WhatsApp. Bahkan fasilitas VR milik Facebook dilaporkan mengalami gangguan serupa.

Gangguan ini mungkin tak terasa pada sebagian pengguna. Namun dilaporkan TheVerge, pengguna di Paraguay, India, Bangladesh, Argentina, dan banyak negara lain mengalami gangguan mengirim pesan sejak siang kemarin.

Laman Downdetector melaporkan kerusakan parah terjadi pada pengguna platform sosial media di Brasil.

Kesulitan juga dialami Dream saat mencoba menggunakan fitur instastory Instagram. Unggahan Dream memang berhasil termuat namun sempat dua kali mengalami kegagalan.

Masalah serupa juga terjadi ketika Dream mencoba membuat postingan di laman Facebook. Beberapa kali unggahan Dream tak terpasang di wall akun Facebook.

Sementara untuk WhatsApp, Dream relatif tidak mengalami masalah. Beberapa percakapan pribadi maupun grup masih bisa terkirim.

Dari laporan DownDetector, masalah kesulitan akses platform ini terjadi pada pengguna di beberapa kota di Amerika Serikat, sebagian di Amerika Latin termasuk Peru, India, dan Filipina.

2 dari 3 halaman

Bukan Diserang DDoS

Facebook dalam pernyataan resminya yang dicuitkan lewat akun Twitter @facebook, mengakui kalau layanannya bermasalah. Mereka pun meminta maaf dan berjanji akan mengatasi masalah ini secepatnya.

Tak cuma itu, raksasa media sosial milik Mark Zuckerberg ini juga meluruskan penyebab tumbangnya layanan mereka bukan dikarenakan serangan siber.

“ Kami sadar kalau sejumlah pengguna bermasalah masuk ke Facebook lewat aplikasi. Kami berusaha untuk memperbaikinya secepat mungkin,” ujar Facebook.

“ Kami kini fokus bekerja memperbaiki isu ini sesegera mungkin. Namun, kami juga ingin memberikan konfirmasi kalau isu ini tidak berhubungan dengan serangan DDoS,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Instagram dan Facebook Down Jadi Trending Topic di Twitter

Dream – Akses jejaring sosial yang termasuk dalam Facebook Group sedang bermasalah di beberapa belahan dunia. Facebook, Instagram, dan aplikasi perpesanan singkat, WhatsApp, juga mengalami kendala.

Masalah ini menjadi perbincangan hangat bagi warganet dan menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Pagi ini, tagar #instagramdown menduduki peringkat teratas trending topic di Twitter, diikuti oleh #FacebookDown, dan #WhatsApp.

Di Twitter, warganet berkeluh kesah tentang tiga aplikasi yang bermasalah itu. Ada yang hijrah ke Twitter ketika Instagram dan Facebook bermasalah.

Baru saja kemarin re-install IG, eh, hari ini malah #InstagramDown,” cuit @pdarini18.

Selamat datang di kehidupan aslimu, wahai rakyatku #InstagramDown,” cuit @bukanpatrik.

Ngungsi di twitter #instagramdown #FBdown #WAdown,” cuit @SalamahFatimah.

Ada juga yang cuek bebek dengan down-nya dua aplikasi media sosial itu.

Semua orang terlihat kembali ke Twitter sekarang #whatsapp #instagram #facebook are down,” cuit @junnitaditya dalam bahasa Inggris.

Mau #FacebookDown atau #InstagramDown bahkan #WhatsApp, aku tetap biasa saja. Kita yang suka curhat di Twitter mah nyantai,” cuit @ElizaBahora.

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan