Facebook dan WhatsApp Tumbang, Jangan Lapor Polisi!

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 14 Maret 2019 14:00
Facebook dan WhatsApp Tumbang, Jangan Lapor Polisi!
Polisi di Selandia Baru pernah punya pengalaman dapat laporan soal media sosial yang bermasalah.

Dream - Tiga platform media sosial yang banyak dipakai, Facebook, WhatsApp, dan Instagram, tidak bisa diakses di sejumlah negara. Hal ini menimbulkan kepanikan di kalangan pengguna tiga platform milik grup Facebook itu.

Terkait situasi ini, Kepolisian Selandia Baru mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk tidak menelepon nomor gawat darurat 111. Langkah ini untuk mengantisipasi adanya telepon dari masyarakat berisi pengaduan mereka atas tumbangnya Facebook, seperti dilansir stuff.co.nz.

" Kami tahu. @facebook dan @instagram kita tidak bisa bekerja. Sayangnya kami tidak bisa berbuat apa-apa karena, Anda tahu, mereka berbasis di Amerika dan kami adalah polisi. Jadi tolong jangan menelepon kami untuk melaporkan ini. Mohon dengan sangat," demikian peringatan Kepolisian Selandia baru lewat akun Twitternya, @NZPCanterbury.

Kepolisian Selandia Baru sejauh ini belum menerima telepon berisi keluhan warga. Tetapi, di tahun-tahun sebelumnya, polisi kerap mendapat telepon dari warga yang melaporkan tumbangnya media sosial.

Facebook mengeluarkan pernyataan resmi terkait kondisi ini. Pernyataan tersebut disampaikan lewat akun resmi Facebook di Twitter. Facebook menyatakan kondisi ini terjadi lantaran ada serangan siber dan tengah dalam penanganan.

" Kami menyadari beberapa orang mengalami masalah dalam mengakses aplikasi keluarga Facebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini secepatnya," tulis Facebook.

Isu tumbangnya grup Facebook dilaporkan pertama kali oleh laman DownDetector. Laman tersebut menunjukkan platform media sosial terbesar di dunia itu tumbang di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Manila, Australia, dan Selandia Baru, pada Selasa.

Sehari kemudian, Gmail dan Google Drive juga tumbang. Sejumlah orang dilaporkan mengalami masalah saat proses loading ke situs serta mengirim email.

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Cantik Saat Bukber dalam 1 Menit? Ini Tutorialnya | #OneMinuteWithDream