PN Jakarta Utara Periksa Kelengkapan Berkas Permohonan PK Ahok

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 26 Februari 2018 12:21
PN Jakarta Utara Periksa Kelengkapan Berkas Permohonan PK Ahok
Saat dinyatakan lengkap, berkas PK Ahok dikirim ke MA dalam waktu sepekan ke depan.

Dream - Pengadilan Negeri Jakarta Utara hari ini menggelar sidang pemeriksaan permohonan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Berkas permohonan PK tersebut diperiksa oleh pengadilan sebelum diserahkan kepada Mahkamah Agung.

" Ini saya kaji, kalau tidak ada yang kurang dan bukti formil memenuhi syarat, rencana saya, ini selesai kurang dari satu minggu dan berkas akan dikirim ke MA," kata Hakim Mulyadi yang memimpin sidang pemeriksaan berkas PK Ahok di Ruang Sidang Kusumah Atmadja PN Jakarta Utara, Senin, 26 Februari 2018.

Mulyadi mengatakan hakim tingkat PN hanya berhak memeriksa bukti formal dari permohonan PK. Sedangkan untuk penanganan hingga vonis, kata Mulyadi, hal itu menjadi wewenang MA.

" PK dikabulkan atau tidak hanya ditangan MA," ucap dia.

Saat ini, sidang PK dengan agenda pembacaan memori telah selesai. Dalam sidang ini, Ahok selaku pemohon tidak hadir dalam persidangan, namun diwakili oleh tim kuasa hukumnya.

Sekedar informasi, dalam sidang hari ini, massa pro dan kontra Ahok kembali menggelar unjuk rasa di depan pengadilan. Massa kontra Ahok, tampak mengenakan pakaian serba putih. 

Massa penolak Ahok© Dream/M Ilman Nafi`an

Terlihat, laskar Front Pembela Islam yang turut mengamankan jalannya aksi. Mereka melakukan orasi mendukung Majelis Hakim untuk menolak PK Ahok.

Di kubu seberang, massa pendukung Ahok terlihat menggunakan atribut kotak-kotak serta pakaian serba merah. Puisi dibacakan sebagai bentuk dukungan terhadap PK yang diajukan Ahok.

Pendukung Ahok© Dream/M Ilman Nafi`an

Dari kedua massa berbeda itu, masing-masing jumlahnya sekitar ratusan saja. Tidak sampai ribuan.

Beri Komentar