Heboh e-Bay Jual Burqa Sebagai Kostum Halloween

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 26 Oktober 2015 18:02
Heboh e-Bay Jual Burqa Sebagai Kostum Halloween
Juru bicara eBay yang tidak disebutkan namanya menyatakan pihaknya tidak bermaksud memicu sentimen anti-muslim.

Dream - Situs lelang ebay membuat heboh dunia maya lantaran menawarkan kostum Halloween berupa burqa atau pakaian wanita muslimah hingga menutup wajah. Hal ini menimbulkan reaksi dari kelompok anti-Islamophobia dan mendesak iklan tersebut dihapus.

" Banyak muslimah tidak mengenakan burqa, tetapi mengasosiasikannya dengan Halloween melanjutkan stigma terhadap wanita yang memakainya," ujar Direktur Tell MAMA Fiyaz Mughal OBE, seperti dilaporkan Daily Star.

Fiyaz juga menyebut kostum tersebut men-dehumanisasi wanita yang mengenakan hijab.

" Kami minta ebay menghapus penyebutan kostum ini dan memahami dampak yang akan terjadi pada wanita, persepsi dalam masyarakat lebih luas dan untuk melindungi para muslimah," kata dia.

Kehebohan dimulai ketika sebuah iklan muncul di ebay menawarkan kostum burqa. Iklan tersebut menggambarkan pakaian tradisional ini sebagai kostum yang cocok dengan pesta hantu.

Iklan tersebut dipajang oleh penjual dengan akun Dragons Den Fancy Dress dan masuk dalam daftar barang pajangan sebagai 'Halloween Fancy Dress Idea Sharia Burqa.'

Akun tersebut menawarkan burqa dalam beberapa warna seperti Forest Green, City Blue, dan Royal Blue. Di samping itu, burqa ditawarkan dengan pelbagai ukuran mulai kecil hingga sangat besar dengan harga sekitar 22,55 poundserling hingga 29,92 poundsterling, sekitar Rp 468.000 hingga Rp 621.000.

Menanggapi kritik yang beredar, juru bicara eBay yang tidak disebutkan namanya menyatakan pihaknya tidak bermaksud memicu sentimen anti-muslim.

" Kami tidak mengizinkan setiap item mempromosikan intoleransi agama," kata dia.

" Kami selalu menyambut baik feedback dari seluruh anggota kami dan kami mempertimbangkan hal ini untuk marketplace kami," lanjut dia.

Halloween merupakan perayaan tahunan di Barat yang didasarkan doktrin pagan suku Celtic dan secara tradisi diperingati setiap tanggal 31 Oktober. Celtic merupakan suku yang mendiami kawasan yang kini meliputi Irlandia, Inggris, dan Perancis Utara selama 2.000 tahun.

Masyarakat Barat percaya kekuatan dari dunia lain seperti jiwa kematian akan berkumpul. Mereka percaya pembatas antara dunia supernatural dengan dunia manusia telah rusak.

Sumber: onislam.net

Beri Komentar