Malaysia Heboh Gara-gara Model Pakaian Atlet Senam Muslim

Reporter : Syahid Latif
Sabtu, 20 Juni 2015 08:00
Malaysia Heboh Gara-gara Model Pakaian Atlet Senam Muslim
Sang atlet sebetulnya sudah menyumbangkan dua medali emas dalam ajang SEA Games 2015 lalu.

Dream - Ajang SEA Games 2015 di Singapura meninggalkan cerita berbeda. Seorang pesenam Malaysia, Farah Ann Abdul Hadi, sukses meraih dua medali emas senam artistik di even olahraga Bangsa Melayu tersebut. Namun siapa sangka, gaya berpakaian dia justru yang menjadi sorotan.

Pemerintah Malaysia, melalui Menteri Urusan Islam, Jamil Khir Baharom, menilai pakaian yang dipakai Farah adalah masalah dan tanggung jawab umat Islam, tanpa memandang jenis kelamin. Pemerintah menganggap atlet juga wajib menutupi bagian tubuh yang tidak boleh dilihat publik.

" Kami mencatat ini agar dibuat panduan. Di lapangan olahraga apa pun, kita harus melihat lebih mendalam soal pakaian yang dapat mencemari Islam, termasuk perempuan Muslim," katanya, menurut Malay Mail seperti dikutip Dream, Sabtu, 20 Juni 2015..

Sebelumnya, Siti Zailah Mohd Yusoff, anggota parlemen dari Partai Islam PAS mempertanyakan langkah pemerintah mencari cara agar hukum syariah ditegakkan dalam semua segala aspek kehidupan muslim.

Dia menilai pakaian yang digunakan oleh atlet wanita muslim yang mengekspos bagian tubuh mereka yang tidak boleh ditampilkan, bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam dan " sangat memalukan" .

" Baju ketat yang dipakai pesenam kami adalah sudah sesuai dengan FIG (International Federation of Gymnastics) dan Anda harus memakainya jika ingin berkompetisi," bela Sekretaris Federasi Senam Malaysia N. Shanmugarajan, mengutip The Star

Meskipun dihujat karena baju senamnya, gadis 21 tahun itu mendapat dukungan dari warga Malaysia yang mengatakan penampilannya di SEAG harus dirayakan.

Mantan menteri Rafidah Aziz mengecam pengkritik Farah, dan menilai mereka terlalu terobsesi dengan bentuk tubuh atlet dan cara berpakaiannya bukan pada penampilannya.

" Mereka punya pilihan. Mereka tidak harus menonton olahraga itu dan melihat apa yang, menurut pendapat pribadi mereka, adalah tidak senonoh atau tidak pantas," katanya dalam kolomnya di Utusan Malaysia.

Bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin menulis di Twitter: " Di cabang senam Farah memukau para juri dan membawa pulang emas. Masalah penampilannya, itu urusan Yang Maha Kuasa. Bukan kalian. Jangan ganggu atlet kita."

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak