Imam Besar Al Azhar Serukan Perubahan Besar Pendidikan Islam

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 23 Februari 2015 12:44
Imam Besar Al Azhar Serukan Perubahan Besar Pendidikan Islam
Bagi Al Tayib, tindak kejahatan mengarah teror yang dilakukan oleh kelompok ekstrimis terjadi lantaran didasari penafsiran yang buruk terhadap Alquran dan Sunnah.

Dream - Imam Besar Al Azhar, Kairo, Mesir, Syeikh Ahmed Al Tayib menyerukan adanya perubahan besar dalam pendidikan Islam. Pernyataan ini disampaikan menyusul munculnya kelompok ektrimis yang melakukan kejahatan mengatasnamakan Islam.

Bagi Al Tayib, tindak kejahatan mengarah teror yang dilakukan oleh kelompok ekstrimis terjadi lantaran didasari penafsiran yang buruk terhadap Alquran dan Sunnah. Hal itu berdampak pada semakin mudahnya orang mengeluarkan cap kafir.

" Harapan satu-satunya bagi umat Islam untuk memulihkan persatuan adalah dengan mencegah adanya kecenderungan di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi kita, yang menyebut Muslim adalah kafir," ujar Al Tayib dalam Forum Kontraterorisme di Kota Suci Mekah, seperti dikutip dari Dailystar.com.lb, Senin, 23 Februari 2015.

Meski demikian, Al Tayib tidak merujuk pada gerakan tertentu seperti ISIS. Dia mengarahkan pernyataannya kepada kelompok teroris yang buas dan barbar.

Konferensi yang berlangsung selama tiga hari ini diselenggarakan oleh Liga Muslim Dunia. Sejumlah ulama dari perwakilan organisasi Islam non-pemerintah hadir dalam konferensi ini.

Al Azhar merupakan lembaga pendidikan Islam yang cukup terkemuka. Lembaga yang berawal dari sebuah masjid dan berkembang menjadi universitas ini merupakan salah satu rujukan bagi kajian Islam secara ilmiah. (Ism)

 

Beri Komentar