CONNECT WITH US!

Mau Komputer Terhindar Malware? Begini Caranya

Reporter : Maulana Kautsar | Sabtu, 20 Mei 2017 07:30
Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)
Membiasakan back-up data menjadi sangat penting.

Dream - Serangan malware WannaCry beberapa waktu lalu meresahkan para pengguna Windows. Meski celah masuknya malware telah dibuat Window, tidak ada jaminan serangan malware tak terulang.

Menurut ahli keamanan IT dari Universitas Gunadarma, Ruby Alamsyah, salah satu cara menghindari serangan malware ialah menjauhkan penggunaan ke laman-laman negatif.

" Sebaiknya hindari laman berkonten video atau konten pornografi. Sebab, di situs-situs semacam itu biasanya malware muncul," kata Ruby saat dihubungi Dream melalui telepon, Rabu, 17 Mei 2017.

Selain itu, Ruby menyarankan pengguna untuk menggunakan sistem operasi Windows yang resmi. Sebab, dengan menggunakan sistem operasi Windows resmi, pengguna tidak perlu khawatir mencari patch terbaru yang dibuat Microsoft.

Dalam kasus serangan WannaCry, kata Ruby, Windows sebetulnya telah mengunggah file perbaikan yang secara otomatis terinstal oleh pengguna Windows berlisensi.

Pengguna yang menginstal ulang komputernya pun tidak akan menjamin dapat perlindungan.

" Penangkalnya security patch dari Windows yang berupa tambalan keamanan dari Microsoft namanya MS17-010," ucap dia.

Untuk menanggulangi hilangnya data seperti yang terjadi pada kasus WannaCry, Ruby menyarankan pengguna komputer untuk mem-back-up file milik mereka. Back-up file dapat membantu pengguna menelusuri data yang hilang atau rusak karena serangan virus.

" Back up data itu harus dibiasakan. Sebab kita nggak tahu apa yang akan terjadi. Di Windows, fitur itu ada," kata dia.(Sah)

Rina Nose Lepas Hijab - Isu Umi Pipik dan Sunu Matta