Ingin Mendaftarkan Si Kecil Masuk ke PAUD saat Pandemi? Begini Caranya

Reporter : Iwan Tantomi
Kamis, 24 September 2020 09:00
Ingin Mendaftarkan Si Kecil Masuk ke PAUD saat Pandemi? Begini Caranya
Begini cara mendaftarkan si kecil masuk ke PAUD saat pandemi.

Hampir tujuh bulan berlalu, sejak pemerintah menerapkan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Demi keamanan bersama akibat pandemi yang belum tuntas sepenuhnya, anak-anak yang sebelumnya menjalani proses belajar dengan tatap muka, sampai saat ini masih melakukannya dengan cara daring atau online. Hal ini turut menyita perhatian banyak orang tua, terlebih selama belajar dari rumah, anak-anak juga perlu pendampingan.

Di sisi lain, ketiadaan aktivitas di sekolah dan imbauan untuk tak perlu sering-sering keluar rumah jika tak terlalu mendesak, membuat anak-anak lebih sering menghabiskan waktu dengan bermain gawai. Kebiasaan ini pun ternyata turut memengaruhi anak-anak usia pra-sekolah. Tak sedikit orang tua yang resah, karena anak-anak jadi lebih sering main game, hingga susah untuk dinasihati.

Nah, supaya buah hati tak terus-terusan bermain gawai, ada baiknya orang tua mulai mendaftarkan anaknya ke tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Begini cara mendaftarkan si kecil masuk ke PAUD saat pandemi.

1 dari 3 halaman

Hampir tujuh bulan berlalu, sejak pemerintah menerapkan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Demi keamanan bersama akibat pandemi yang belum tuntas sepenuhnya, anak-anak yang sebelumnya menjalani proses belajar dengan tatap muka, sampai saat ini masih me

Kemendikbud© Kemendikbud

Sesuai informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lewat tayangan video interaktif berjudul " Pentingnya Daftarkan Anak ke PAUD" di channel YouTube Kemendikbud RI, selama masa pandemi PAUD tetap buka, tetapi pembelajarannya belum menerapkan tatap muka di kelas. Bahkan, kegiatan PAUD tetap mulai dari awal tahun pelajaran para bulan Juli 2020. Akan tetapi, untuk kesehatan dan keselamatan anak, pembelajaran tatap muka di PAUD akan dimulai tergantung dari kondisi dan kesiapan daerah, maupun sekolah.

2 dari 3 halaman

Pentingnya PAUD Bagi Si Kecil

Kemendikbud© Kemendikbud

Secara umum kesiapan anak-anak masuk PAUD dapat diketahui dari kematangan mereka baik secara fisik, kognitif, sosial dan emosional. Selain itu, kesiapan buat hati berinteraksi dengan anak-anak lain juga patut dijadikan pertimbangan. Namun secara usia, anak-anak usia 3-6 tahun yang notebene masuk kelompok bermain biasanya sudah siap masuk PAUD. Bahkan tak sedikit sekolah yang mau menerima anak masuk PAUD sejak usia 2 tahun.

Hal ini pun selaras dengan penjelasan dalam video interaktif dari Kemendikbud jika pada usia PAUD, perkembangan otak, sosial dan emosional anak berada di tahap paling pesat. Dengan memasukkan anak ke PAUD, buah hati pun bisa mulai mempelajari banyak hal yang penting dari arahan pendidik yang tepat, untuk bekal wawasan dan pengalamannya sebelum masuk ke tahap sekolah dasar.

3 dari 3 halaman

Materi Belajar Bisa Diunduh Secara Online

Kemendikbud© Kemendikbud

Menariknya, selama pandemi orang tua juga tak perlu repot bolak-balik mengambil materi ke sekolah untuk bahan belajar anak-anak di rumah. Sebab, Kemendikbud menyediakan sumber dan paket belajar bagi guru, bahkan orang tua untuk mendampingi tumbuh kembang anak. Selain itu, Kemendikbud juga sudah menyiapkan situs khusus untuk mengunduh informasi yang bisa diakses di laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id.

Gimana, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara yang tepat untuk mendaftarkan anak masuk PAUD selama pandemi? Tonton video interaktif dari Kemendikbud berikut ini untuk informasi selengkapnya, ya.

Beri Komentar