Iran Tembak Jatuh Pesawat Siluman Israel

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 26 Agustus 2014 08:08
Iran Tembak Jatuh Pesawat Siluman Israel
Pesawat mata-mata itu diduga tengah mengintai kegiatan di situs pengayaan nuklir Natanz milik Iran pada hari Minggu kemarin.

Dream - Iran mengklaim telah menembak jatuh drone atau pesawat tanpa awak milik Israel. Pesawat mata-mata itu diduga tengah mengintai kegiatan di situs pengayaan nuklir Natanz milik Iran pada hari Minggu kemarin.

" Pesawat mata-mata tanpa awak milik rezim Zionis telah dijatuhkan dengan sebuah rudal. Pesawat mata-mata ini mencoba mendekati zona nuklir Natanz," demikian pernyataan garda Revolusi dilansir Al Arabiya, Senin 25 Agustus 2014.

Israel dan negara-negara Barat memang mencurigai Negeri Para Mullah itu tengah memperkaya uranium untuk senjata nuklir. Namun demikian, berita tertembaknya pesawat siluman tersebut tak mendapat tanggapan dari militer Israel.

Sejauh ini, negara-negara Barat memilih menggunakan jalur dialog untuk menghentikan program nuklir Iran yang mereka curigai untuk membuat bom nuklir itu. Namun, Israel menolak pendekatan damai ini.

Pada Jumat pekan lalu, Perdana Menteri Israel, benjamin Netanyahu, bahkan mengatakan opsi militer merupakan satu-satunya cara yang tepat untuk membatasi program nuklir Iran. Atau bahkan, jika mungkin, menghentikan program yang dinilai membahayakan tersebut.

Dengan kondisi seperti itu, para analis menduga Israel ingin menggagalkan perundingan nuklir di Jenewa itu dengan mengirim pesawat mata-mata tanpa awak ini. " Ini akan snagat menyulitkan pembicaraan apapun di Jenewa," kata George Joffe, seorang peneliti pada Pusat Studi Internasional Universitas Cambridge.

" Alasannya adalah: Israel bukanlah pihak yang tidak terlibat langsung dari negosiasi itu dan oleh karena itu, keputusan untuk mengirim pesawat tanpa awak ke Natanz akan dipandang sebagai provokasi langsung yang dirancang untuk membuat pembicaraan gagal," tambah Joffe. (Ism)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair