Jangan Pernah Lepas Alas Kaki di Dalam Pesawat, Ini Alasannya

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 27 Agustus 2019 10:00
Jangan Pernah Lepas Alas Kaki di Dalam Pesawat, Ini Alasannya
Masih ditemui orang-orang yang melepaskan sepatu mereka di dalam pesawat. Namun, itu merupakan hal yang sebenarnya dilarang. Yuk simak alasannya berikut ini,

Dream – Pesawat terbang menjadi moda pilihan utama saat harus pergi ke sebuah daerah dalam waktu singkat. Tak hanya keluar negeri, modal transportasi umum ini juga banyak jadi pilihan kala harus bepergian di dalam negeri.

Selain waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan moda transportasi lain, bepergian dengan pesawat terbang juga memberi kenyamanan pada penggunanya.

Dengan keunggulan tersebut tak heran maskapai penerbangan memberikan tarif yang lebih mahal pada penumpang pesawat dibandingkan moda transportasi umum lain.

Salah satu hal yang kamu temukan saat menumpangi burung besi ini adalah banyaknya peraturan yang harus dipatuhi penumpang. Tentu saja, aturan itu dibuat agar penerbangan selamat sampai di tujuan.

Tentu kalian pernah mendengar larangan menggunakan Ponsel atau mengaktifkannya hanya dalam ‘aiplane mode’. Aturan untuk penumpang pesawat tak hanya itu saja Sahabat Dream.

Tahukah kalian penumpang dianjurkan tidak berjalan-jalan di lorong pesawat tanpa menggunakan alas kaki baik sepatu ataupun sandal.

Yuk cari tahu anjuran dan larangan dalam pesawat yang mungkin tak pernah kalian dengar.

1 dari 4 halaman

Jangan Berjalan Tanpa Alas Kaki

Jangan Pernah Melepas Sepatu di Pesawat, Inilah Alasannya!© pixabay.com

Sebagai pramugari, mereka kerap sekali melihat para penumpang berjalan-jalan di dalam kabin pesawat tanpa menggunakan alas kaki. Tahukah kalian jika para pramugari itu akan langsung ngeri jika penumpang melakukan hal tersebut.

Yang lebih menjijikkan, penumpang tak beralas kaki itu sering kali kedapatan hendak menuju ke kamar mandi dalam pesawat.

Sebenarnya kebiasaan jorok penumpang ini jarang dikatakan pramugari kepada para penumpang. Pasalnya, penumpang malah marah atau merasa dipermalukan jika melakukan kecerobohan tersebut.

Pramugari biasanya akan memberikan nasihat kepada para penumpang tersebut untuk tetap memakai alas kaki berupa sepatu atau sandal ketika ingin berjalan terutama ke toilet.

2 dari 4 halaman

Toilet adalah Sarang Kuman

Jangan Pernah Melepas Sepatu di Pesawat, Inilah Alasannya!© pixabay.com

Sudah menjadi pengetahuan publik jika toilet di dalam alat transportasi umum, terutama pesawat terbang akan selalu tampak bersih dan wangi. Namun, tahukah kalian jika toilet di dalam pesawat merupakan tempat sarangnya para kuman dan bakteri berkumpul.

Saat tak digunakan, petigas biasanya hanya memberi semprotan desinfektan, membersihkannya dengan lap serta mengisi tisu toilet saja.

3 dari 4 halaman

FAA Tak Atur Soal Standarisasi Kebersihan?

Jangan Pernah Melepas Sepatu di Pesawat, Inilah Alasannya!© shutterstock

Federal Administration Aviation (FAA), badan yang mengawasi penerbangan sipil ternyata tidak membuat aturan mengenai standarisasi kebersihan pesawat.

Persoalan kebersihan di dalam pesawat merupakan tanggung jawab dari maskapai penerbangan itu sendiri. Hal ini tidak hanya berlaku untuk di toilet saja, hampir seluruh bagian dalam pesawat juga tidak sebersih yang terlihat.

Ketika kalian tergoda untuk melepaskan sepatu di dalam pesawat walaupun tidak untuk berjalan-jalan, haruslah kalian pikirkan secara matang-matang. Pasalnya, petugas kebersihan pesawat hanya akan membersihkan tempat yang sekiranya itu kotor sehingga jelas tidak semua bagian dalam pesawat akan dibersihkan secara menyeluruh.

4 dari 4 halaman

Kebersihan Kabin Pesawat

Jangan Pernah Melepas Sepatu di Pesawat, Inilah Alasannya!© pixabay.com

Bahkan ketika terdapat penumpang sakit, petugas kebersihan hanya akan membersihkan karpet di bawah kursi penumpang itu saja. Sementara tempat duduk, bantal hingga selimut yang kembali digunakan untuk penumpang lain jarang sekali untuk dibersihkan petugas.

Untuk itu, hindari melepaskan sepatu atau sandal kalian saat sedang berada di dalam pesawat.

Tubuh kalian yang tadinya sudah bersih, bisa terkena kuman dan bakteri hanya karena melepaskan alas kaki itu saja.

(Sumber: rd.com)

Beri Komentar